Blog

obat alami sakit gigi

Beragam Obat Alami Sakit Gigi

Meski dianggap bukan penyakit serius, namun rasa nyeri dari sakit gigi bisa membuat penderitanya tidak nyaman dan mengganggu tidur. Salah satu cara untuk mengurangi rasa nyeri tersebut adalah menggunakan obat alami sakit gigi.

Sakit gigi disebabkan oleh beragam faktor, antara lain penyakit gusi, infeksi, dan gigi berlubang. Jika dibiarkan, sakit gigi dapat mengganggu aktivitas penderitanya. Untuk mengatasinya, berikut beberapa obat alami sakit gigi yang bisa Anda terapkan.

Ada beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan sebagai obat sakit gigi, yaitu:

1. Garam

Berkumur dengan air garam bermanfaat untuk menyeimbangkan pH dalam mulut, sehingga dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Selain itu, cara ini juga efektif mempercepat pemulihan luka dan mengurangi nyeri. Caranya, masukkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat, kemudian gunakan untuk berkumur dua kali sehari, hingga sakit gigi sembuh.

2. Cengkeh

Cengkeh mengandung eugenol, yaitu senyawa alami yang berfungsi untuk meredakan nyeri pada gigi atau gusi. Untuk mengobati sakit gigi dengan cengkeh, Anda bisa mengunyah batang cengkeh dengan menggunakan gigi yang sakit atau mencelupkan bola kapas ke minyak cengkeh untuk ditempel pada gigi yang sakit.

Namun, Anda perlu berhati-hati dałam menggunakan cengkeh, karena bisa menimbulkan efek samping, seperti perdarahan, sesak napas, atau berisiko merusak jaringan saraf pada lidah atau gusi sensitif. Selain itu, minyak cengkeh tidak dianjurkan untuk anak-anak, orang dengan kondisi kesehatan tertentu, serta ibu hamil dan menyusui.

3. Daun jambu biji

Sifat antimikroba, analgesik, dan antiradang dalam daun jambu biji dapat meredakan nyeri pada sakit gigi. Caranya, konsumsi 1-2 lembar daun jambu biji hingga mengeluarkan air, lalu oleskan sari-sari daun dengan menggunakan lidah Anda pada gigi yang sakit. Selain itu, Anda bisa merebus 4-5 lembar daun jambu biji, saring dan tambahkan sedikit garam, lalu gunakan sebagai obat kumur.

4. Bawang putih

Bawang putih berkhasiat untuk meredakan rasa nyeri pada sakit gigi dan membunuh bakteri yang menyebabkan infeksi gigi. Ada tiga cara menggunakan bawang putih sebagai obat alami sakit gigi, yaitu:

  • Hancurkan bawang putih hingga halus, lalu aplikasikan pada gigi yang sakit.
  • Kunyah bawang putih selama beberapa menit pada gigi yang sakit.
  • Potong bawang putih tipis-tipis, lalu tempelkan pada gigi yang sakit.

Hindari penggunaan bawang putih terlalu lama, karena bisa berisiko terjadinya luka bakar pada jaringan lunak di dalam mulut dan gusi.

5. Es batu

Obat alami sakit gigi lainnya adalah es batu. Es batu memiliki beberapa manfaat, antara lain menghilangkan rasa nyeri pada sakit gigi, merangsang penyempitan pembuluh darah di wajah, dan menghambat aliran darah menuju area yang terasa nyeri, sehingga bisa meredakan peradangan, nyeri, dan bengkak. Caranya, tempatkan es batu ke dalam plastik yang dilapisi waslap, lalu tempel ke bagian pipi yang terasa sakit selama 15 menit. Anda juga bisa menggigit es batu secara langsung dengan menggunakan gigi yang sakit.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout