Blog

Manfaat minum air kelapa dan cara tepat mengonsumsinya

Manfaat Minum Air Kelapa dan Cara Tepat Mengonsumsinya

Air kelapa dikenal sebagai minuman penghilang rasa haus saat cuaca panas. Namun, manfaat air kelapa tidak hanya untuk mencegah dehidrasi ringan. Ada beragam manfaat air kelapa untuk kesehatan yang tidak boleh dilewatkan.

Air kelapa muda yang berlimpah umumnya ditemukan pada kelapa muda yang berwarna hijau. Meski demikian, air kelapa tua tetap memiliki manfaat untuk kesehatan. Lalu, apa saja manfaat minum air kepala dan bagaimana cara tepat mengonsumsinya? Berikut informasi selengkapnya.

Kandungan Nutrisi Air Kelapa

Kandungan utama air kelapa terdiri dari vitamin, mineral, dan elektrolit. Air kelapa juga menyediakan asupan gula, namun kandungannya tidak setinggi minuman kemasan, minuman bersoda, atau jus buah. Selain itu, kandungan karbohidrat, protein dan lemak dalam air kelapa baik untuk kesehatan Anda. Dikutip dari Data Komposisi Pangan Indonesia, berikut kandungan nutrisi dalam setiap 100 gram air kelapa:

  • Karbohidrat: 3.8 gram
  • Protein: 0.2 gram
  • Lemak: 0.1 gram
  • Energi: 17 Kalori
  • Kalsium: 15 miligram
  • Zat besi: 0.2 miligram
  • Kalium: 149 miligram
  • Natrium: 1 miligram
  • Fosfor: 8 miligram

Berdasarkan informasi nutrisi di atas, diketahui bahwa kandungan kalium dalam air kelapa lebih tinggi dibandingkan pisang, sehingga kerap disebut sebagai minuman olahraga. Selain itu, kandungan mineral dalam air kelapa, seperti zat besi, kalsium, magnesium, seng, dan mangan, diketahui lebih tinggi dibandingkan kandungan mineral dalam jeruk. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam air kepala juga menjadikannya minuman yang baik untuk kesehatan.

Beragam Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan

Tahukah Anda, ada sekitar 60 kalori dan beragam nutrisi, misalnya kalium, kalsium, fosfor, karbohidrat, dan magnesium, dalam 1 cangkir air kelapa murni. Kandungan antioksidan dalam air kelapa murni juga penting untuk kesehatan. Berikut beragam manfaat minum air kelapa yang perlu diketahui:

  1. Mencukupi kebutuhan elektrolit

Kandungan elektrolit dalam air kelapa memberikan manfaat yang penting untuk tubuh, misalnya kalium, natrium, magnesium, dan kalsium. Elektrolit adalah jenis mineral yang berperan untuk meningkatkan aktivitas sel dan jaringan tubuh dan menyeimbangkan kadar cairan di tubuh.

2. Mencegah dehidrasi

Mengonsumsi air kelapa juga dapat mencukupi kebutuhan cairan tubuh dan mencegah dehidrasi, terutama air kelapa muda. Selain itu, air kelapa bermanfaat untuk menggantikan cairan yang hilang karena dehidrasi akibat diare atau muntah berlebihan.

3. Meningkatkan stamina tubuh

Anda kekurangan energi? Minum air kelapa bisa menjadi pilihan yang tepat. Kandungan karbohidrat dalam air kelapa yang mudah dicerna oleh tubuh bermanfaat untuk meningkatkan energi ketika beraktivitas. Tidak heran jika air kelapa kerap dikonsumsi oleh para atlet untuk meningkatkan stamina saat bertanding.

4. Mengatasi sembelit

Seperti disebutkan sebelumnya, air kelapa bermanfaat untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Dengan cairan tubuh yang tercukupi, kotoran akan cepat lunak dan mudah dikeluarkan dari tubuh, sehingga bisa mencegah sembelit. Selain itu, air kelapa berperan sebagai pencahar alami yang efektif melancarkan BAB. Meski demikian, Anda dianjurkan untuk tidak mengonsumsi air kelapa secara berlebihan, karena bisa menyebabkan diare.

5. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan antioksidan dan vitamin C dalam air kepala juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Penelitian juga menemukan bahwa kandungan antioksidan dalam air kelapa dapat melindungi tubuh dari paparan radikal bebas yang menyebabkan beragam penyakit. Namun, agar daya tahan tubuh terjaga, Anda juga perlu menerapkan pola hidup sehat, misalnya mengonsumsi makanan bergizi seimbang, rutin berolahraga, tidur yang cukup, dan mengelola stres dengan baik.

6. Menurunkan tekanan darah

Menurunkan tekanan darah tinggi adalah manfaat minum air kelapa yang tidak boleh dilewatkan. Kandungan kalium yang tinggi dalam air kelapa bermanfaat untuk menstabilkan tekanan darah, terutama pada penderita tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, konsumsi air kelapa secara rutin agar tekanan darah terkontrol.

7. Mencegah penyakit batu ginjal

Penyakit batu ginjal adalah kristal yang terbentuk di dalam ginjal akibat pengerasan atau endapan zat kimia di dalam urin. Kondisi ini bisa menimbulkan nyeri yang tidak tertahankan ketika dikeluarkan melalui saluran kemih. Penelitian menemukan bahwa air kelapa bermanfaat untuk mencegah pembentukan kristal di ginjal dan bagian lain di saluran kemih, sehingga dapat mencegah batu ginjal.

8. Menurunkan risiko penyakit jantung

Air kelapa juga diketahui dapat menurunkan kolesterol jahat di dalam darah. Dengan begitu, penumpukan lemak yang menyebabkan penyakit jantung dan serangan jantung bisa dicegah.

Cara Mengonsumsi Air Kelapa Agar Manfaatnya Optimal

Cara mengonsumsi air kelapa yang tepat penting dilakukan agar manfaatnya bisa didapatkan secara optimal. Anda bisa mengonsumsi air kelapa murni yang berasal dari kelapa tanpa tambahan gula atau pemanis buatan. Selain itu, air kelapa bisa dikonsumsi dalam bentuk kemasan. Namun, sebelum mengonsumsi air kelapa kemasan, pastikan kemasan tidak rusak dan cek informasi terkait kandungan nutrisi di dalamnya. Hal ini dikarenakan air kelapa kemasan umumnya sudah ditambahkan gula tambahan atau pemanis buatan, sehingga berisiko untuk kesehatan jika dikonsumsi berlebihan.

Anda juga dianjurkan untuk menyimpan air kelapa di kulkas untuk menjaga kesegarannya. Jika sudah dibuka, pastikan Anda menghabiskannya dalam waktu 24 jam. Jika muncul keluhan-keluhan setelah mengonsumsi air kelapa, misalnya sakit perut, muntah, mual, atau diare, konsultasikan ke dokter untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut. Dengan begitu, risiko komplikasi bisa dikurangi.

Meski memberikan beragam manfaat untuk kesehatan, namun hindari mengonsumsi air kelapa secara berlebihan. Hal ini dikarenakan konsumsi air kelapa secara berlebihan bisa menimbulkan efek samping, misalnya, diare, alergi, gangguan pada ginjal dan jantung, serta penurunan tekanan darah. 

Hingga saat ini, belum diketahui takaran pasti minum air kelapa muda yang aman. Oleh karena itu, pastikan Anda tidak mengonsumsi air kelapa secara berlebihan dan menambahkan gula atau pemanis buatan agar manfaatnya bisa optimal. Selain itu, kurangi konsumsi air kelapa kemasan untuk mengurangi risiko efek samping yang disebutkan sebelumnya.

Jika Anda ingin menjadikan air kelapa muda sebagai obat alami untuk mengatasi penyakit tertentu, konsultasikan ke dokter untuk mengetahui takaran yang aman dan mengurangi risiko efek samping air kelapa muda akibat konsumsi berlebihan. Jika ada pertanyaan terkait manfaat dan risiko efek samping air kelapa muda, konsultasikan ke dokter untuk diberikan saran dan rekomendasi yang sesuai kondisi Anda.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout