Blog

perempuan duduk di toilet susah buang air besar (BAB)

Ada Banyak Hal yang Menjadi Penyebabnya, Berikut Beberapa Hal Penyebab Kenapa Susah BAB

Jika Anda BAB kurang dari tiga kali dalam seminggu, secara teknis sudah dapat dikatakan sembelit. Namun, seberapa seringnya BAB (Buang Air Besar) akan sangat bervariasi untuk tiap orang. Beberapa orang dapat buang air besar beberapa kali dalam sehari, sedangkan lainnya hanya satu hingga dua kali dalam seminggu dan hal itu dapat dikatakan normal.

Susah buang air besar atau sembelit terjadi dikarenakan usus besar menyerap air terlalu banyak dari tinja yang membuat tinja mengering sehingga tubuh menjadi lebih susah untuk mendorongnya keluar. Ada sejumlah penyebab BAB yang wajib diwaspadai sebagai berikut!

Beberapa Penyebab Kenapa Susah Buang Air Besar

Berikut ini sejumlah penyebab umum kenapa susah BAB:

1. Serat yang Kurang di dalam Makanan

Orang yang asupan serat nya rendah akan cenderung alami sembelit. Ini dikarenakan serat akan mendorong BAB secara teratur, apalagi saat Anda menggabungkannya dengan hidrasi cukup. 

Sejumlah makanan dengan serat tinggi, seperti sayuran, buah-buahan, kacang, dan biji-bijian utuh. Sedangkan, makanan yang rendah serat seperti telur, daging, keju, roti, keripik, dan makanan cepat saji. 

2. Kurang Bergerak Aktif

Aktivitas fisik rendah pun bisa jadi penyebab kenapa susah BAB. Sejumlah penelitian pun sudah menemukan bahwa orang sehat fisik, termasuk para pelari maraton, kemungkinannya lebih kecil untuk mengalami sembelit dibandingkan orang lain, walaupun alasan pastinya masih belum terlalu jelas. 

Para ahli setuju dengan mobilitas yang meningkat, maka bisa bantu perbaiki sembelit pada orang dewasa lebih tua. Orang yang habiskan beberapa hari di kasur atau pun duduk di kursi mungkin mempunyai risiko lebih tinggi untuk mengalami sembelit.

3. Sindrom Iritasi Usus

Orang yang memiliki kesulitan usus fungsional, seperti penderita sindrom iritasi usus besar mempunyai risiko sembelit lebih tinggi dibandingkan orang yang tidak mengalami kondisi tersebut. Orang dengan kondisi ini umumnya akan alami gejala, seperti sakit perut, kembung, serta perubahan frekuensi atau konsistensi feses.

4. Penuaan

Seiring dengan bertambahnya usia, prevalensi sembelit akan cenderung meningkat. Penyebab pastinya memang masih belum jelas. Bisa jadi seiring dengan usia bertambah, makanan memerlukan waktu yang lebih lama untuk lewati saluran pencernaan. Banyak orang yang jadi kurang bergerak yang mana bisa sebabkan sembelit.

Obat-obatan, kondisi medis, serta asupan serat atau pun air yang rendah bisa menjadi faktor lainnya yang sebabkan konstipasi seiring dengan usia bertambah. 

Di atas tadi beberapa hal yang menjadi penyebab dari kenapa susah BAB. Jika sembelit atau kondisi susah buang air besar yang Anda alami semakin lama semakin parah dan mengkhawatirkan, maka Anda harus segera diskusikan dengan dokter. Dokter akan selalu siap siaga untuk berikan saran serta tips tepat untuk lancarkan BAB. Semoga bermanfaat!

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout