Blog

manfaat pisang untuk ibu hamil

Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil, Cegah Sembelit Hingga Atasi Morning Sickness

Pisang merupakan salah satu buah yang perlu dikonsumsi ibu hamil untuk menjaga kesehatannya dan janin. Ada beragam manfaat pisang untuk ibu hamil, seperti meredakan mual dan muntah di awal kehamilan hingga menunjang pertumbuhan janin.

Pisang mengandung beragam nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan, seperti vitamin B, vitamin C, serat, protein, mangan, folat, kalium, dan magnesium. Berikut beberapa manfaat pisang untuk ibu hamil yang perlu diketahui:

Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil

Dengan kandungan nutrisi yang lengkap, pisang adalah salah satu buah yang bagus untuk dikonsumsi ibu hamil. Berikut beberapa manfaat utama pisang untuk ibu hamil:

1. Mencegah sembelit

Sembelit merupakan salah satu gangguan yang banyak dialami ibu hamil. Kondisi ini terjadi akibat proses pencernaan yang melambat, karena adanya perubahan hormon dan tekanan pada usus oleh rahim yang membesar. Untuk mencegah terjadinya sembelit, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi serat sebanyak 25 gram setiap harinya. Pisang merupakan salah satu sumber serat yang baik, karena pada 1 buah pisang berukuran sedang atau setara dengan 120 gram mengandung sekitar 2,5-3 gram serat.

2. Meredakan morning sickness

Pada masa awal kehamilan, sebagian besar ibu hamil mengalami mual dan muntah. Hal ini dapat menyebabkan nafsu makan berkurang dan ibu hamil menjadi malas makan. Kondisi ini disebut dengan morning sickness. Untuk mencegah hal tersebut, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi pisang secara rutin. Pisang mengandung vitamin B6 yang dapat mengurangi mual dan muntah dan bisa mengenyangkan lebih lama, sehingga baik untuk kesehatan pencernaan ibu hamil. 

3. Mendukung pertumbuhan janin

Kandungan vitamin C yang melimpah dalam pisang bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan otot, tulang, dan kulit janin. Selain itu, vitamin C juga berperan sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan menjaga daya tahan tubuh, sehingga ibu hamil tidak mudah sakit.

4. Menurunkan risiko bayi lahir cacat

Salah satu nutrisi yang penting untuk ibu hamil adalah asam folat. Asam folat berfungsi untuk mencegah bayi terlahir cacat, seperti spina bifida dan cacat tabung saraf. Risiko cacat lahir biasanya terjadi saat kehamilan berusia 3-4 minggu pada ibu yang kekurangan asam folat. Oleh karena itu, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi asam folat sebanyak 400 mikrogram setiap harinya. Untuk memenuhi asupan asam folat harian, ibu hamil bisa mengonsumsi pisang dan suplemen kehamilan yang diresepkan dokter.

5. Mengatasi kram kaki

Manfaat pisang untuk ibu hamil lainnya adalah meringankan kram kaki yang merupakan salah satu gangguan selama kehamilan. Kandungan kalium dalam pisang juga berperan penting dalam menjaga keseimbangan elektrolit dałam tubuh, serta membantu fungsi otot dan saraf. 

Itulah beberapa manfaat pisang untuk ibu hamil. Untuk mendapatkan manfaat pisang secara optimal, Anda bisa mengonsumsinya secara langsung atau mengolahnya dalam bentuk jus atau smoothies. Agar asupan nutrisi tercukupi dan kesehatan tetap terjaga, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi beragam makanan sehat lainnya. Jika Anda masih memiliki pertanyaan mengenai manfaat pisang untuk kehamilan atau sumber nutrisi kehamilan lainnya, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout