Blog

apa saja jenis olahraga yang aman untuk ibu hamil? Berikut informasi selengkapnya.

Daftar Olahraga yang Aman untuk Ibu Hamil

Beragam cara dilakukan agar kesehatan kehamilan terjaga, misalnya mengonsumsi makanan sehat dan kontrol rutin ke dokter kandungan. Selain itu, olahraga saat hamil bermanfaat untuk mencegah gangguan kehamilan dan memudahkan proses persalinan. Ketahui lebih lanjut mengenai jenis olahraga yang aman saat hamil.

Meski dianjurkan untuk berolahraga saat hamil, namun pastikan kondisi bumil sehat dan lakukan olahraga sesuai dengan anjuran dokter. Lalu, apa saja jenis olahraga yang aman untuk ibu hamil? Berikut informasi selengkapnya.

Rekomendasi Olahraga yang Aman Saat Hamil

Rutin berolahraga memberikan beragam manfaat untuk kehamilan, misalnya mengurangi beragam keluhan selama kehamilan, seperti perut kembung, nyeri punggung, stres atau kecemasan, perubahan suasana hati yang ekstrem, dan sulit tidur. Selain itu, olahraga saat hamil dapat mengurangi risiko gangguan kesehatan pada bumil dan melancarkan proses persalinan. Namun, tidak semua olahraga aman untuk ibu hamil. Oleh karena itu, untuk mengurangi risiko gangguan kehamilan dan meningkatkan kesehatan bumil dan janin, berikut beragam jenis olahraga yang aman dilakukan oleh bumil:

1. Jalan kaki

Rutin berjalan kaki di pagi atau sore hari bermanfaat untuk kehamilan, misalnya mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan memperkuat otot tubuh. Selain itu, jalan kaki efektif mengontrol kenaikan berat badan berlebihan saat hamil, mencegah konstipasi, mengurangi risiko nyeri punggung, dan meningkatkan kesehatan paru-paru. Untuk meningkatkan keamanan saat jalan kaki, bumil dianjurkan untuk mengenakan sepatu yang nyaman untuk mencegah risiko cedera.

2. Berenang

Olahraga yang aman dilakukan saat hamil berikutnya adalah berenang. Selain risikonya rendah untuk bumil, berenang menawarkan beragam manfaat untuk bumil, misalnya meningkatkan kekuatan tubuh dan meningkatkan kualitas tidur.

3. Prenatal Yoga

Agar kesehatan bumil dan janin di kandungan terjaga, prenatal yoga bisa menjadi pilihan yang tepat. Olahraga ini memberikan beragam manfaat untuk bumil, misalnya melatih pernapasan, memperbaiki postur tubuh, dan merilekskan otot tubuh.

4. Melakukan peregangan

Melakukan peregangan agar tubuh aktif bergerak adalah pilihan olahraga yang aman untuk ibu hamil. Penggunaan dumbbell dengan berat yang sesuai dengan kemampuan bumil bisa dilakukan untuk meningkatkan efektivitas olahraga ini.

5. Prenatal Pilates

Prenatal pilates adalah pilihan olahraga saat hamil yang direkomendasikan lainnya. Ada beragam manfaat prenatal pilates untuk kehamilan, misalnya melatih pernapasan, menenangkan sistem saraf, menstabilkan tekanan darah, dan meningkatkan stamina saat hamil.

Itulah penjelasan mengenai jenis olahraga yang aman untuk ibu hamil. Perlu diingat, meski olahraga di atas aman dilakukan saat hamil, namun pastikan kondisi bumil dan kehamilan sehat. Selain itu, agar tubuh tetap terhidrasi, bumil dianjurkan untuk minum air putih yang cukup sebelum dan setelah berolahraga. Pastikan juga bumil mengonsumsi makanan bergizi sebelum dan setelah berolahraga, sehingga kebutuhan nutrisi harian tercukupi selama kehamilan. Namun, bumil perlu segera menghentikan olahraga dan segera ke dokter jika muncul gejala-gejala, seperti nyeri dada, pusing, sakit kepala, napas pendek, dan perdarahan. Dokter akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut dan memberikan penanganan yang sesuai dengan kondisi bumil. Jika ada pertanyaan atau keraguan mengenai olahraga atau aktivitas fisik yang aman selama kehamilan, konsultasikan ke dokter untuk diberikan rekomendasi olahraga yang aman sesuai dengan kondisi Anda. 

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout