Blog

jenis pisang yang tidak boleh dimakan ibu hamil

Ketahui Jenis Pisang yang Tidak Boleh Dimakan Ibu Hamil

ditinjau oleh dr. Carlinda Nekawaty

Untuk memastikan nutrisi selama kehamilan terjaga, ibu dianjurkan untuk memperbanyak makan buah-buahan. Salah satu buah yang bisa memenuhi asupan nutrisi ibu hamil adalah pisang. Meski demikian, ada juga jenis pisang yang tidak boleh dimakan ibu hamil.

Pisang merupakan buah tropis yang mengandung berbagai vitamin esensial, karbohidrat, serat, serta mineral yang dibutuhkan ibu hamil. Apa manfaat pisang saat hamil dan jenis pisang apa yang tidak boleh dimakan ibu hamil? Simak penjelasan berikut.

Jenis Pisang yang Tidak Boleh Dimakan Ibu Hamil

Salah satu jenis pisang yang tidak boleh dimakan ibu hamil adalah pisang mentah. Pisang mentah mengandung pati resisten yang sulit dicerna tubuh dan tanin yang dapat memperlambat proses pergerakan makanan di usus, sehingga bisa menyebabkan ibu hamil mengalami sembelit. Oleh karena itu, ibu hamil wajib mengonsumsi pisang yang sudah matang. Selain itu, ibu hamil juga perlu mencuci dan mengupas kulit pisang yang dimakan. 

Manfaat Pisang untuk Janin

Pisang kaya akan vitamin B kompleks, vitamin C, serat, karbohidrat, asam lemak esensial, seperti omega-3 dan omega-6, serta mineral penting, seperti kalsium, mangan, magnesium, kalium, selenium, dan tembaga. Semua nutrisi tersebut dapat membantu perkembangan janin yang sehat selama kehamilan. Berikut beberapa manfaat mengonsumsi pisang saat hamil untuk janin dalam kandungan:

1. Menurunkan risiko cacat lahir pada bayi

Sebagai salah satu sumber folat, pisang diperlukan untuk mendukung perkembangan otak dan sumsum tulang belakang bayi. Makan pisang selama kehamilan juga dapat meningkatkan kadar folat dalam tubuh, sehingga mencegah ibu hamil kekurangan folat yang bisa menyebabkan bayi lahir cacat atau prematur.

2. Membantu mencegah infeksi

Selain folat, pisang juga kaya akan vitamin C. Vitamin ini berperan dalam membantu penyerapan zat besi dalam tubuh. Vitamin C juga bermanfaat untuk membantu pertumbuhan tulang, memperbaiki jaringan, dan menjaga kesehatan kulit. Selain itu, vitamin C juga berperan sebagai antioksidan untuk membantu melawan infeksi. Oleh karena itu, ibu hamil dianjurkan untuk rutin makan pisang.

3. Mendukung perkembangan sistem saraf bayi

Pisang juga mengandung vitamin B6 yang larut dalam air. Vitamin ini bermanfaat untuk mendukung perkembangan sistem saraf pusat janin. Mengonsumsi pisang secara rutin pada trimester pertama kehamilan terbukti bermanfaat bagi perkembangan otak janin.

Tips Makan Pisang yang Aman Selama Kehamilan

Meski aman untuk dikonsumsi selama kehamilan, namun ibu tetap dianjurkan untuk mengonsumsi pisang secukupnya. Hal ini dikarenakan pisang adalah buah yang manis, sehingga mengonsumsinya secara berlebihan bisa menyebabkan kerusakan gigi. Ibu hamil bisa mengonsumsi 1-2 buah pisang berukuran sedang per hari.

Selain itu, ibu hamil yang mengidap diabetes gestasional juga tidak boleh makan pisang terlalu banyak, karena bisa menyebabkan kadar gula dalam darah meningkat. Oleh karena itu, ibu hamil pengidap diabetes gestasional dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan sebelum makan pisang

Ibu hamil yang alergi pisang juga dianjurkan untuk menghindari konsumsi pisang. Pisang mengandung kitinase, yaitu alergen yang bisa menyebabkan sindrom buah lateks. Pastikan pisang yang dikonsumsi bersih dan segar dan hindari makan pisang yang sudah dibiarkan berhari-hari, terlalu matang atau sudah menghitam.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout