Blog

Ketahui Cara Mengatasi Nyeri Otot yang Efektif

Ketahui Cara Mengatasi Nyeri Otot yang Efektif

Banyak yang menganggap nyeri otot atau myalgia adalah penyakit, namun nyeri otot sebenarnya merupakan gejala penyakit tertentu. Ada sejumlah pemicu nyeri otot, misalnya cedera otot, postur tubuh yang salah, atau penyakit tertentu. Nyeri otot yang ringan bisa diatasi dengan beragam cara mengatasi nyeri otot.

Nyeri otot membuat penderitanya tidak nyaman ketika beraktivitas. Untuk meringankannya, ada beragam cara mengatasi nyeri otot yang efektif dan bisa dilakukan di rumah. Simak informasi selengkapnya di artikel ini.

Beragam Cara Mengatasi Nyeri Otot yang Ampuh

Nyeri otot adalah kondisi yang umum dialami semua orang dan terjadi di seluruh otot, misalnya leher, lengan, paha, punggung, atau betis dan umumnya berupa nyeri ketika disentuh, kram, atau otot tertarik.

Nyeri otot umumnya ringan dan terjadi di otot tertentu saja. Namun, pada sebagian kasus, keadaan ini menimbulkan nyeri yang luar biasa di seluruh tubuh. Jika nyeri otot yang dialami tergolong ringan, berikut beragam cara yang dapat Anda terapkan untuk mengurangi nyeri:

1. Melakukan peregangan

Peregangan adalah cara yang tepat untuk meringankan nyeri otot. Otot yang lentur akan mengurangi ketegangan otot, sehingga efektif mencegah nyeri otot. Selain itu, peregangan bisa diterapkan di mana saja dan kapan saja.

2. Pijat 

Cara mengatasi nyeri otot berikutnya adalah pijat. Cara ini bermanfaat untuk mengoptimalkan sel otot, sehingga mempercepat pemulihan nyeri otot. Namun, Anda tidak dianjurkan untuk memijat leher hingga tulang ekor, karena berisiko memicu pergeseran tulang hingga saraf terjepit.

3. Kompres air dingin

Kompres air dingin juga bisa diterapkan untuk meringankan nyeri otot. Cara ini efektif untuk menghambat aliran darah ke otot yang nyeri, sehingga peredaran darah yang memicu nyeri akan terhenti dan nyeri otot cepat teratasi. Caranya, bungkus es batu dengan kain atau handuk dan kompres di area yang nyeri selama 15-20 menit.

4. Teknik relaksasi

Teknik relaksasi, misalnya yoga dan meditasi, adalah cara mengatasi nyeri otot yang efektif, karena bisa meningkatkan fleksibilitas tubuh, sehingga mencegah nyeri otot. Teknik relaksasi juga bermanfaat untuk meringankan stres dan mengurangi risiko obesitas. Lakukan cara ini secara teratur agar hasilnya optimal.

5. Memperbanyak air putih

Selain mencukupi cairan tubuh, minum air putih juga efektif meringankan nyeri otot. Air putih yang dikonsumsi akan mengalir ke seluruh tubuh, sehingga ampuh meringankan peradangan, membuang racun, dan menyediakan nutrisi yang dibutuhkan otot. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk minum air putih sebanyak 2 liter per hari.

Selain itu, ada beragam cara untuk mencegah nyeri otot yang dipicu oleh aktivitas fisik terus-menerus, yaitu:

  • Meregangkan otot sebelum dan setelah beraktivitas fisik.
  • Meregangkan otot sebelum dan setelah olahraga.
  • Berjalan-jalan sejenak jika duduk terlalu lama, terutama untuk Anda yang menghabiskan waktu di dalam ruangan.

Cara mengatasi nyeri otot di atas dapat diterapkan jika nyeri otot yang dialami tergolong ringan. Namun, jika nyeri otot dipicu oleh cedera otot atau kondisi medis tertentu, sebaiknya Anda berdiskusi dengan dokter untuk diperiksa penyebabnya dan didiagnosa, sehingga diberikan penanganan yang tepat.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout