Blog

buah yang bagus untuk ibu hamil trimester pertama

Ketahui Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil Trimester Pertama

ditinjau oleh dr. Carlinda Nekawaty

Trimester pertama kehamilan merupakan tahap penting bagi ibu hamil dan janin. Oleh karena itu, ibu hamil perlu mengetahui makanan apa yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi, terutama buah-buahan.

Salah satu sumber nutrisi yang baik untuk ibu hamil adalah buah-buahan. Buah-buahan kaya akan berbagai vitamin, mineral, dan serat yang dibutuhkan ibu dan janin. Berikut beberapa buah yang bagus untuk ibu hamil trimester pertama:

Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil Trimester Pertama

Saat hamil, ibu mungkin menginginkan makanan yang manis. Namun, hindari makanan manis yang tidak sehat, seperti permen, makanan cepat saji, minuman kemasan, kue, dan makanan yang mengandung bahan pengawet. Sebaiknya ibu hamil mengonsumsi makanan manis yang lebih sehat, seperti buah-buahan. Berikut lima buah yang bagus untuk ibu hamil pada trimester pertama:

1. Jeruk

Jeruk memiliki nutrisi yang dibutuhkan untuk ibu hamil. Kadar air yang tinggi dalam jeruk bisa membantu ibu tetap terhidrasi. Jeruk juga merupakan salah satu sumber asam folat yang berperan penting dalam membantu mencegah cacat tabung saraf pada janin. American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) dan WHO merekomendasikan 400 mcg asam folat per hari saat hamil. Selain itu, jeruk juga kaya akan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan yang berfungsi untuk membantu mencegah kerusakan sel. Vitamin C juga membantu tubuh menyerap zat besi.

Baca Juga: 5 Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil Trimester ke 2

2. Mangga

Buah yang bagus untuk ibu hamil trimester pertama lainnya adalah mangga. Mangga adalah sumber vitamin C yang sangat baik untuk ibu hamil. Selain itu, mangga juga kaya akan vitamin A. Kekurangan vitamin A saat hamil dikaitkan dengan kekebalan tubuh yang rendah dan risiko terjadinya komplikasi, seperti infeksi pernapasan dan diare.

Dikutip dari studi di jurnal Nutrients pada 2019, mangga adalah salah satu pilihan buah yang bagus untuk diet sehat selama hamil. Namun, konsumsi mangga secukupnya dengan berbagai buah lainnya.

3. Alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah yang kaya akan folat. Buah ini juga mengandung beberapa nutrisi lainnya, seperti vitamin C, vitamin B, vitamin K, kolin, serat, dan kalium. Kandungan kalium dan magnesium dalam alpukat dapat membantu meredakan mual, kalium juga bermanfaat untuk meredakan kram kaki yang sering dialami ibu hamil. Sedangkan kolin dalam alpukat berperan penting dalam perkembangan otak dan saraf janin. Selain asam folat, kekurangan kolin juga dapat menyebabkan cacat tabung saraf dan gangguan memori.

4. Lemon

Lemon juga termasuk buah yang bagus untuk ibu hamil pada trimester pertama. Studi di Iranian Red Crescent Medical Journal pada 2017 menyatakan bahwa ibu hamil yang mengonsumsi lemon mengalami gejala mual yang lebih ringan, terutama pada trimester pertama, di mana morning sickness menjadi gejala yang paling umum bagi ibu hamil. Selain itu, lemon juga tinggi vitamin C yang bermanfaat untuk membantu merangsang sistem pencernaan untuk meredakan sembelit.

5. Pisang

Sebagai salah satu sumber kalium, pisang merupakan buah yang bagus untuk ibu hamil trimester pertama. Pisang juga mengandung vitamin B6, vitamin C, dan serat yang bermanfaat untuk membantu mengatasi berbagai gangguan saat hamil muda, seperti mual, sembelit, dan muntah.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout