Blog

Bolehkah minum kopi saat sahur_ ketahui faktanya

Bolehkah Minum Kopi Saat Sahur? Ketahui Faktanya

Dengan cita rasa yang khas, kopi menjadi salah satu minuman favorit banyak orang. Selain itu, kopi banyak diminati berkat manfaatnya untuk kesehatan, misalnya melancarkan pencernaan dan meningkatkan konsentrasi. Namun, di bulan Ramadan seperti ini, minum kopi saat sahur masih menimbulkan pro dan kontra.

Minum kopi saat sahur dianggap dapat mengganggu fungsi tubuh dan menyebabkan dehidrasi. Lalu, benarkah anggapan tersebut, dan apa saja dampak minum kopi ketika berpuasa? Berikut informasi selengkapnya.

Fakta Minum Kopi Saat Sahur 

Bolehkah minum kopi saat sahur? Berikut fakta-fakta yang perlu diketahui:

1. Minum kopi saat sahur berisiko dehidrasi

Minuman berkafein seperti kopi bersifat diuretik yang dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil, sehingga meningkatkan risiko dehidrasi. Dehidrasi adalah kondisi yang berbahaya untuk kesehatan ketika Anda berpuasa.

2. Minum kopi berisiko meningkatkan kadar asam lambung

Mengonsumsi minuman yang bersifat asam seperti kopi ketika perut sedang kosong akan meningkatkan risiko asam lambung naik. Asam lambung naik terus-menerus menyebabkan pengikisan dinding lambung, sehingga menimbulkan perih dan mual. Akibatnya, Anda tidak nyaman berpuasa seharian.

3. Minum kopi dengan gula dapat meningkatkan kadar gula darah

Penambahan gula adalah cara yang umum dilakukan untuk menetralisir rasa pahit dari kopi. Minum kopi dengan tambahan gula ketika perut kosong dapat mempercepat penyerapan gula di tubuh, sehingga berisiko meningkatkan kadar gula darah secara signifikan. Kadar gula darah tinggi meningkatkan risiko penyakit serius, misalnya penyakit jantung dan diabetes.

4. Jenis kopi yang aman dikonsumsi saat sahur

Jika Anda tetap ingin minum kopi saat sahur, pilih jenis kopi yang kadar kafeinnya sudah dikurangi atau dihilangkan. Jenis kopi ini lebih aman untuk dikonsumsi saat puasa, karena tidak memberikan efek negatif untuk kesehatan. Selain itu, kopi ini aman dikonsumsi oleh orang dengan kondisi lambung yang sensitif atau intoleran terhadap kafein.

5. Kopi tetap bisa dikonsumsi saat puasa

Untuk penikmat kopi yang sedang berpuasa, mungkin bisa sakit kepala atau mudah lelah jika tidak minum kopi sama sekali. Untuk menyiasatinya, Anda bisa minum kopi saat perut tidak kosong. Oleh karena itu, pastikan Anda makan terlebih dahulu sebelum minum kopi.

Tips Minum Kopi Saat Puasa

Agar kesehatan terjaga selama puasa, berikut tips minum kopi yang bisa diterapkan:

1. Minum kopi dua jam setelah berbuka puasa

Anda dianjurkan untuk tidak minum kopi saat berbuka. Hal ini dikarenakan kafein dapat menyebabkan keluarnya cairan lambung, sehingga berisiko melukai lapisan lambung. Oleh karena itu, minumlah kopi dua jam setelah berbuka puasa. Dengan begitu, tubuh bisa mencerna makanan dan menyesuaikan kadar gula darah.

2. Batasi asupan dan pilih kopi tanpa kafein

Meski Anda bisa minum kopi dua jam setelah berbuka puasa, namun batasi asupan kopi selama berpuasa. Selain itu, pilih kopi tanpa decaf atau tanpa kafein jika Anda ingin minum kopi di malam hari. Kopi decaf diperkaya dengan antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan.

3. Minum air putih yang cukup

Minum kopi saat sahur akan membuat Anda tetap fokus dan konsentrasi ketika menjalani aktivitas selama berpuasa. Namun, kopi bersifat diuretik yang dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil dan dehidrasi. Untuk mencegah dehidrasi, Anda dianjurkan untuk minum air putih yang cukup saat sahur. 

Rekomendasi Minuman Pengganti Kopi Saat Puasa

Jika Anda ingin menahan diri minum kopi selama puasa, ada beberapa rekomendasi minuman yang bisa menjadi alternatif, yaitu:

1. Cokelat hangat

Agar tetap berenergi saat beraktivitas selama puasa, Anda bisa mengonsumsi cokelat hangat saat sahur. Kandungan magnesium dalam cokelat hangat juga dapat merilekskan otot. Selain itu, minuman ini diketahui dapat memperbaiki suasana hati Anda.

2. Air lemon

Seperti disebutkan sebelumnya, minuman berkafein dapat meningkatkan risiko dehidrasi saat berpuasa. Oleh karena itu, ganti dengan minuman sehat yang bebas kafein dan kalori, salah satunya air lemon. Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam air lemon dapat meningkatkan kesehatan tubuh.

3. Air kelapa

Air kelapa adalah minuman pengganti kopi yang bisa dicoba. Meski umumnya dikonsumsi saat cuaca panas, namun Anda bisa mengonsumsi air kelapa saat berbuka puasa. Tambahkan es ke dalam air kelapa agar lebih nikmat dan segar.

4. Jus buah

Jus buah adalah pilihan minuman yang tepat jika ingin mengurangi kopi saat puasa. Anda bisa mengonsumsi jus jeruk yang kaya vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh atau jus blueberry yang kaya vitamin, antioksidan, serat, karbohidrat kompleks, dan mineral, yang baik untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Namun, hindari menambahkan gula ke jus gula, karena berisiko meningkatkan kadar gula darah.

5. Teh hijau

Seperti halnya kopi, teh hijau juga tinggi kafein yang memberikan efek menenangkan, sehingga baik dikonsumsi saat sahur. Selain itu, teh hijau kaya antioksidan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh Anda selama berpuasa.

6. Teh jahe

Teh jahe memang tidak mengandung kafein. Namun, minuman ini memberikan efek menenangkan, sehingga tubuh bisa tetap terjaga selama beraktivitas. Teh jahe juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem pencernaan, terutama di pagi hari.

7. Susu kedelai

Minuman pengganti kopi selama puasa yang tidak boleh dilewatkan adalah susu kedelai. Kandungan gula alami dalam susu kedelai lebih sehat dibandingkan gula. Selain itu, susu kedelai kaya akan nutrisi, misalnya vitamin B6, vitamin C, vitamin K, thiamin, asam folat, dan riboflavin yang baik untuk kesehatan tubuh selama puasa, salah satunya melancarkan penyerapan makanan di usus.

Kopi bisa dikonsumsi saat puasa, asalkan dikonsumsi di waktu yang tepat dan porsinya dibatasi. Jika Anda mengidap penyakit asam lambung atau sedang hamil atau menyusui, dianjurkan untuk menghindari minum kopi dan ganti dengan alternatif minuman pengganti kopi di atas. 

Jika Anda mengidap kondisi medis tertentu dan ingin minum kopi, konsultasikan ke dokter agar bisa dipastikan efektivitas dan keamanannya untuk kondisi Anda. Jika Anda ragu atau ada pertanyaan terkait aturan minum kopi selama puasa, konsultasikan ke dokter untuk diberikan saran dan rekomendasi yang tepat.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout