Blog

manfaat rebusan daun pandan

6 Manfaat Rebusan Daun Pandan

Daun pandan terkenal dengan aroma khasnya yang cocok dicampurkan ke dalam berbagai jenis makanan dan minuman. Namun, biasanya air rebusan daun pandan kerap dibuang begitu saja. Hal ini dikarenakan tidak banyak yang tahu manfaat rebusan daun pandan untuk kesehatan. 

Sebagai tumbuhan tropis yang mudah ditemukan di Indonesia, daun pandan memiliki beragam manfaat, terutama air rebusan daun pandan. Mulai dari meredakan demam hingga menurunkan risiko kanker.

Berikut 6 manfaat rebusan daun pandan yang perlu Anda ketahui:

1. Mengurangi rasa nyeri

Anda mengalami rasa nyeri di kepala atau persendian? Coba konsumsi air rebusan daun pandan yang dipercaya dapat mengurangi rasa nyeri tersebut. Namun, tidak cukup hanya mengonsumsi rebusan daun pandan untuk mengurangi rasa nyeri. Pastikan juga Anda berkonsultasi dengan dokter untuk mencari tahu penyebab timbulnya rasa nyeri dan mendapatkan penanganan yang tepat.

2. Menstabilkan tekanan darah

Manfaat rebusan daun pandan berikutnya adalah menstabilkan tekanan darah. Jika Anda mengalami sakit kepala akibat tekanan darah tinggi, Anda bisa merebus daun pandan hingga airnya tersisa sedikit. Perlu diingat, mengonsumsi air rebusan daun pandan hanya berfungsi sebagai pelengkap obat utama dari dokter.

3. Mendetoksifikasi tubuh

Antioksidan merupakan kandungan yang bermanfaat untuk mendetoksifikasi tubuh. Jika bosan dengan air lemon atau teh hijau, Anda bisa mencoba air rebusan daun pandan yang kaya akan antioksidan untuk melindungi organ-organ tubuh, terutama hati, dari radikal bebas yang merusak tubuh.

4. Membantu mengatasi insomnia

Anda mengalami gejala insomnia yang mengganggu? Mengonsumsi air rebusan daun pandan bisa menjadi solusi jika Anda tidak terlalu menyukai susu. Caranya, hirup aroma, lalu minum teh pandan secara perlahan agar tubuh Anda menjadi lebih tenang dan membuat tidur lebih nyenyak, sehingga dapat meringankan gejala insomnia.

5. Meredakan sakit rematik

Saat rematik kambuh, biasanya orang akan mengoleskan krim untuk mengobatinya. Namun, jika ingin mencoba cara yang alami, Anda bisa menggunakan daun pandan. Caranya, masukkan beberapa lembar daun pandan ke dalam rebusan minyak kelapa, lalu dinginkan terlebih dahulu, setelah itu oleskan ke bagian yang sakit.

6. Menurunkan risiko kanker

Daun pandan sejak lama digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk mencegah pertumbuhan sel kanker. Namun, kanker merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh banyak faktor. Oleh karena itu, Anda perlu mengimbanginya dengan pengobatan dari dokter dan penerapan gaya hidup sehat. 

Cara Mengonsumsi Daun Pandan yang Aman

Daun pandan memiliki beragam kandungan yang penting untuk kesehatan, seperti vitamin C, protein, kalsium, fosfor, zat besi, tiamin, dan beta karoten. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk mengonsumsi  rebusan daun pandan untuk mengobati penyakit tertentu atau menjaga kesehatan tubuh.

Meski ada banyak manfaat rebusan air pandan seperti yang dijelaskan di atas, namun belum ada anjuran pasti mengenai dosis konsumsi air rebusan daun pandan. Selain itu, hingga saat ini masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitas rebusan daun pandan untuk kesehatan. 

Jika Anda tidak mengidap penyakit yang parah, mengonsumsi air rebusan daun pandan bisa membantu mencegah berbagai penyakit dan menjaga kesehatan secara menyeluruh. Namun, jika Anda mengidap penyakit tertentu, misalnya hipertensi atau kanker, sebaiknya utamakan pengobatan dari dokter dan jadikan air rebusan daun pandan untuk melengkapi pengobatan.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout