Blog

manfaat daun salam

Ketahui Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

Daun salam memiliki aroma khas yang biasanya digunakan untuk menambah cita rasa pada masakan. Namun, tahukah Anda jika daun salam ternyata memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk kesehatan? Sebagai informasi, berikut ini akan diulas mengenai lima manfaat daun salam untuk kesehatan.   

Apa Saja Kandungan Nutrisi di dalam Daun Salam?

Sebelum membahas lebih jauh tentang manfaatnya, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu kandungan nutrisi yang ada di dalam daun salam, yaitu:

  • Vitamin A
  • Vitamin B6
  • Vitamin C
  • Karbohidrat
  • Protein
  • Kalium
  • Kalsium
  • Magnesium
  • Zat Besi
  • Lemak jenuh
  • Lemak tak jenuh
  • Serat pangan

Selain beberapa kandungan nutrisi di atas, daun salam juga memiliki berbagai jenis senyawa yang memiliki fungsi sebagai antiseptik, antioksidan dan anti kanker. Senyawa-senyawa tersebut diantaranya limonene, myrcene, neral, linalool, chavicol, eugenol, polifenol, flavonoid, dan tanin 

5 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

Setidaknya terdapat lima manfaat utama daun salam untuk kesehatan. Apa sajakah itu? Berikut penjelasannya:

1. Menurunkan Kadar Gula dalam Darah 

Ekstrak daun salam dipercaya dapat menurunkan kadar gula dalam darah yang menjadi penyebab penyakit diabetes. Manfaat daun salam yang satu ini berkat adanya kandungan polifenol dalam daun salam yang bertugas sebagai antioksidan. Zat tersebut dapat membantu proses pemulihan pada penderita diabetes

2. Mencegah Serangan Jantung

Manfaat daun salam yang selanjutnya adalah mencegah terjadinya serangan jantung. Senyawa antioksidan dan serat yang ada di dalam daun salam mampu menurunkan kadar kolesterol. Dengan begitu risiko serangan jantung dan beberapa penyakit kardiovaskuler lainnya dapat dicegah. 

3. Menjaga Kesehatan Organ Pencernaan

Kandungan serat pada daun salam juga sangat bermanfaat bagi kesehatan organ pencernaan.  Daun salam yang diolah menjadi teh herbal banyak digunakan untuk mengatasi perut kembung, sakit pada ulu hati dan gangguan pencernaan lainnya. 

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Vitamin A, vitamin B6, vitamin C dan zat besi yang terkandung dalam daun salam dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Beragam nutrisi tersebut bekerja dengan cara membantu fungsi sel darah putih yang terdiri dari limfosit dan neutrofil

5. Mencegah Penyakit Batu Ginjal 

Manfaat mengonsumsi daun salam yang terakhir adalah mencegah penyakit batu ginjal. Hal ini dikarenakan daun salam dapat mengurangi jumlah enzim urease dalam tubuh yang menjadi pemicu terbentuknya batu ginjal. Selain menjadi penyebab batu ginjal, enzim urease juga dapat memperparah kondisi pasien dispepsia (gangguan pencernaan yang menimbulkan ketidaknyamanan pada perut bagian atas)

Itulah ulasan seputar  manfaat daun salam untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Meski menawarkan segudang manfaat, Anda tidak boleh berlebihan dalam mengonsumsinya. Sebab daun salam juga memiliki efek samping jika dikonsumsi terlalu banyak, seperti dapat memperlambat sistem saraf dan membuat kadar gula darah berada di bawah batas normal. 

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout