Blog

Ketahui Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Ketahui Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Dalam peradaban kuno dan modern, bawang putih sudah digunakan untuk mengobati beragam penyakit, mulai dari ringan hingga serius. Bahkan, keajaiban bawang putih sudah terbukti dalam penelitian. Apa manfaat bawang putih untuk kesehatan?

Bawang putih memiliki manfaat yang lengkap untuk mengobati penyakit. Namun, agar manfaatnya optimal, bawang putih perlu dikunyah. Apa saja manfaat bawang putih untuk kesehatan? Berikut ulasan lengkapnya.

Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Manfaat bawang putih sudah dikenal selama ribuan tahun, bahkan diakui oleh para ahli. Berikut manfaat bawang putih untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui:

1. Mencegah kanker paru-paru

Makan bawang putih dinilai ampuh mencegah terjadinya kanker paru-paru. Studi yang dilakukan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan di Tiongkok menemukan kaitan antara makan bawang putih dan pencegahan komplikasi pada pasien kanker paru-paru dan pencegahan kanker paru-paru pada orang yang sehat.

2. Mencegah kanker otak

Peneliti dari Medical University of South Carolina menunjukkan kandungan senyawa sulfur yang dimiliki bawang putih berkontribusi untuk menghambat pembentukan sel-sel penyebab tumor otak yang berbahaya. Meski demikian, untuk mendukung fakta ini, dibutuhkan lebih banyak penelitian agar bisa diterapkan pada pasien tumor otak.

3. Mengobati osteoarthritis pinggul

Penelitian menguji perempuan yang menjalani diet sayuran allium, yaitu bawang putih, bawang bombay, dan bawang merah. Hasilnya, perempuan yang  menjalani diet tersebut lebih kecil risikonya mengalami osteoarthritis pinggul. Selain itu, peneliti juga melakukan pengujian terhadap potensi senyawa yang ada di dalam bawang putih untuk dikembangkan sebagai pengobatan osteoarthritis pinggul.

4. Berperan sebagai antibiotik

Manfaat yang satu ini mungkin belum diketahui banyak orang. Studi yang dikutip dari Journal of Antimicrobial Chemotherapy menemukan potensi kandungan pada bawang putih yang ampuh untuk menghambat Campylobacter, yaitu bakteri yang menyebabkan infeksi usus. Dr. Xiaonan Lu dari Washington State University menyatakan bahwa senyawa yang ada di dalam bawang putih juga mampu membunuh bakteri berbahaya di lingkungan sekitar dan dalam makanan sehari-hari.

5. Melindungi jantung

Manfaat bawang putih untuk kesehatan lainnya adalah membantu mengoptimalkan fungsi jantung. Hal ini dibuktikan melalui penelitian dari Emory University School of Medicine yang menguji kandungan bawang putih, yaitu diallyl trisulfide. Hasilnya, kandungan tersebut efektif untuk melindungi jantung dan ampuh mengobati gagal jantung. Peneliti juga menguji potensi diallyl trisulfide pada tikus laboratorium. Hasilnya, ada penurunan risiko kerusakan jantung pada tikus yang mendapatkan diallyl trisulfide dibandingkan tikus yang tidak mendapatkan diallyl trisulfide.

Tips Makan Bawang Putih dengan Aman

Untuk sebagian orang, makan bawang putih mungkin ada efek samping. Namun, hingga saat ini, dosis aman bawang putih belum dapat dipastikan.

Meski demikian, American Academy of Family Physicians menetapkan batas aman orang dewasa makan bawang putih, yaitu tidak melebihi 1-2 siung bawang putih setiap hari. Namun, kondisi setiap orang berbeda-beda. Oleh karena itu, Anda sebaiknya menghentikan penggunaan bawang putih jika mengalami efek samping yang mengganggu.

Jika Anda memiliki kondisi medis atau minum obat-obatan dan ingin menggunakan bawang putih, diskusikan dengan dokter terlebih dahulu untuk mencegah risiko yang membahayakan.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout