Blog

air liur berlebih

6 Cara Mengatasi Air Liur Berlebihan Secara Alami Tanpa Operasi!

Masalah air liur berlebihan dapat disebabkan karena masalah pada kelenjar yang memproduksinya. Hal ini hanya dapat diobati secara permanen dengan operasi. Namun, bagi yang tidak parah masalah air liur-nya, ada beberapa tips cara mengatasi air liur berlebihan secara alami yang bisa dicoba berikut ini!

Mengurangi Alkohol dan Rokok

Anda yang konsumsi alkohol dan rokok lebih baik berhenti. Kedua hal ini dapat menstimulasi produksi air liur berlebihan. Jika terlalu sering konsumsi alkohol dan rokok, kebiasaan produksi air liur banyak menjadi permanen pada tubuh Anda. Karena itu, lebih baik berhenti saja.

Menjaga Kebiasaan Cara Makan yang Baik

Kebiasaan makan yang baik adalah tidak buru – buru menelan, mengunyah makanan dengan baik dan hindari tidur setelah makan. Semua hal ini dapat membantu melatih kelenjar liur untuk berfungsi normal. Jika dilakukan rutin, lama kelamaan produksi air liur bisa normal dengan sendirinya.

Mengatur Jadwal Makan yang Lebih Sering

Cara mengatasi air liur berlebihan secara alami berikutnya adalah dengan mengatur jadwal makan. Untuk memastikan air liur dapat dikurangi, cobalah makan lebih sering. Dibandingkan makan 3 kali sehari, coba makan 5 kali sehari (Sarapan, brunch, makan siang, snack sore dan makan malam). Pastikan untuk jaga kondisi berat tubuh, atur porsi makan agar tidak berlebihan.

Makan dan minum lebih sering akan membantu tubuh regulasi air liur lebih baik. Saat perut terisi, umumnya air liur berkurang produksinya. Hal ini dapat membantu membentuk pola kebiasaan yang mengurangi masalah air liur berlebih sehari – hari.

Hindari Makanan yang Dapat Menstimulasi Air Liur

Makanan pedas dan asam dengan mudah stimulasi  produksi air liur. Jika tidak ingin air liur terlalu banyak, lebih baik hindari makanan seperti ini. Jika Anda suka makanan seperti ini, lebih baik batasi hanya konsumsi 2 sampai 3 kali seminggu.

Sering Minum Air Putih

Meminum air putih sering – sering dapat membantu kurangi air liur. Saat mulut terasa berliur, segera minum seteguk air putih. Hal ini tidak hanya membantu regulasi produksi air liur tapi menjaga tubuh agar tidak dehidrasi.

Produksi air liur tentu mengambil cairan tubuh, jadi dengan minum air putih, tubuh tidak akan kekurangan cairan. Pilihan air putih juga membantu hati dan ginjal untuk istirahat. Manfaat air putih tentu banyak, jadi melatih kebiasaan konsumsinya akan baik untuk kesehatan Anda!

Menjaga Kesehatan Rongga Mulut dan Gigi

Produksi air liur banyak dapat disebabkan banyak sisa makanan pada mulut ataupun masalah gigi berlubang. Karena itu, jaga kebersihan mulut dengan rutin sikat gigi minimal 2 kali sehari. Selain itu, gunakan obat kumur pembersih mulut dan permen karet dental untuk membantu mulut lebih sehat.

Setelah mencoba cara mengatasi air liur berlebihan secara alami di atas, Anda tidak perlu lagi sampai operasi. Namun, bagi yang masih merasa air liur banyak, sangat disarankan periksa ke dokter untuk memastikan penanganan yang lebih serius.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout