Blog

ibu dan anak makan makanan sehat naik berat badan secara alami

Pengen Berat Badan Naik Alami? Inilah Makanan Yang Bisa Menambah Berat Badan

Memiliki berat badan yang berlebihan banyak dianggap buruk dan bisa memicu penyakit lanjutan. Namun, siapa yang menduga, kekurangan berat badan juga dapat memicu penyakit. Oleh karena itu, menjaga berat badan tetap ideal sangat penting. Untuk itu, anda harus makan makanan yang bisa menambah berat badan. 

Bagi sebagian orang, menaikkan berat badan memang tidak mudah. Bahkan ada juga yang mengonsumsi suplemen penambah berat badan agar mendapatkan hasil instan. namun, hal ini tidak dianjurkan jika tanpa resep dokter. 

Cara Menambah Berat Badan Secara Alami

Cara alami yang bisa anda lakukan yaitu mengonsumsi makanan seimbang. Lalu makanan apa saja yang bisa menambah berat badan anda? simak penjelasan berikut untuk mengetahui jenis makanan penambah berat badan. Sebagai berikut: 

1. Protein Tinggi Seperti Daging Merah 

Daging merah menjadi salah satu makanan yang bagus dikonsumsi untuk meningkatkan berat badan karena mengandung leusin. Kandungan ini mampu menstimulasi pembentukan protein pada otot dan membantu pertumbuhan jaringan otot yang baru. sehingga berat badan akan bertambah. 

Kandungan kalori dalam daging merah setara dengan 456 kalori dan 49 gram protein. Untuk melengkapi kandungan gizi yang dihasilkan, anda juga bisa menyandingkannya dengan sayur-sayuran yang kaya akan vitamin dan mineral. 

2. Konsumsi Buah Yang Mengandung Lemak 

Buah yang tinggi kalori dan mengandung lemak tak jenuh sangat bagus untuk anda yang ingin meningkatkan berat badan. Anda bisa menemukan kandungan ini pada beberapa buah seperti alpukat, kacang-kacang, zaitun, kelapa, dan lainnya. 

Misalnya saja alpukat. Anda bisa mendapatkan sekitar 200 kalori. Jika kalori ini dikonsumsi secara rutin maka dapat menambah berat badan secara signifikan. Selain kalori, buah ini juga mengandung kalium, vitamin K, dan tinggi akan serat. Lakukan konsumsi makanan yang bisa menambah berat badan secara seimbang. 

3. Perbanyak Konsumsi Pengganti Karbo Sebagai Cemilan 

Anda pasti lebih sering ngemil dibandingkan makan nasi. Selain tidak ribet, banyak cemilan sehat yang memiliki rasa enak. Anda bisa memanfaatkan momen ini untuk menambah berat badan. Pilihlah cemilan yang mengandung banyak karbo. 

Misalnya saja produk olahan kentang, ubi jalar, ketela pohon, dan lainnya. cemilan seperti ini bisa anda buat sendiri atau beli di toko terdekat. Sesuaikan porsinya dengan kebutuhan anda. Jangan berlebihan, utamanya yang mengandung minyak. 

4. Produk Susu Dan Olahannya 

Susu dan produk olahannya sangat bagus untuk meningkatkan berat badan. Anda bisa mengonsumsinya secara rutin untuk mendapatkan hasil yang signifikan. Pasalnya, dalam susu mengandung protein, karbohidrat, dan lemak yang sehat. 

Selain kaya akan kandungan di atas, susu juga tinggi kalsium yang bagus untuk kesehatan tulang dan gigi. Dapat dikatakan, susu sebagai penyeimbang dan pelengkap makanan lain yang dikonsumsi. 

5. Konsumsi Buah-buahan 

Buah-buahan membantu memenuhi kebutuhan vitamin dalam tubuh. tidak hanya buah-buahan segar, melainkan buah-buahan kering juga dapat membantu. Tidak hanya itu, buah juga mampu menjaga keseimbangan berat badan. 

Namun perlu diperhatikan, jika anda lebih menyukai konsumsi buah kering maka berhati-hati karena kandungan gula di dalamnya lebih banyak daripada buah segar. Konsumsi secara rutin untuk meningkatkan berat badan dan menjaga kesehatan. 

Demikian pembahasan mengenai makanan yang bisa menambah berat badan. Cara alami yang dilakukan memang tidak langsung menampakkan hasil yang signifikan, namun lebih aman dilakukan dibandingkan cara instan. 

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout