Blog

6 Cara Menghilangkan Stres yang Efektif

6 Cara Menghilangkan Stres yang Efektif

Stres sebenarnya tidak selalu berefek negatif. Ada banyak manfaat stres jika dikelola dengan baik. Namun, stres terus menerus dapat berbahaya bagi kesehatan dan mental Anda. Ketahui cara menghilangkan stres yang efektif.

Mengetahui cara mengelola stres yang tepat penting untuk mencegah komplikasi yang membahayakan mental dan fisik. Oleh karena itu, Anda perlu menerapkan beragam cara menghilangkan stres yang efektif berikut.

Beragam Cara Menghilangkan Stres yang Ampuh

Pengelolaan stres yang tepat, terutama bagi Anda yang kerap stres, dibutuhkan agar Anda hidup dengan optimal dan penuh motivasi ketika menjalani aktivitas sehari-hari. Berikut beragam cara menghilangkan stres yang efektif untuk mewujudkan hidup yang bahagia:

1. Mendengarkan musik yang membuat rileks

Cobalah untuk bersantai dengan menikmati musik yang merilekskan tubuh dan jiwa Anda. Cara ini juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan fisik dan menghambat kadar hormon stres. Anda bisa memilih musik instrumental yang lembut, suara alam yang menyegarkan, atau lagu-lagu favorit Anda.

2. Melakukan hobi

Ketika mengalami stres, melakukan hobi yang sudah lama tidak dilakukan ampuh untuk meringankan stres. Cara ini dapat mengalihkan perhatian Anda dari tekanan dan kekhawatiran yang memicu stres dan meningkatkan rasa bahagia. Apa pun hobi Anda, misalnya, menyanyi, menari, menonton film, membaca buku, traveling, memasak, lakukan sekarang.

3. Teknik relaksasi

Cara mengatasi stres yang dapat Anda coba lainnya adalah teknik relaksasi, misalnya meditasi, yoga, atau aromaterapi. Faktanya, teknik relaksasi ampuh untuk mengalihkan Anda dari kekhawatiran dan membangun cara berpikir yang positif. Selain itu, cara ini dapat menjernihkan pikiran, sehingga membantu Anda fokus dalam mengantisipasi tekanan atau ancaman yang memicu stres.

4. Berolahraga

Ketika sedang stres, berolahraga adalah aktivitas yang tidak boleh dilewatkan. Ada beragam jenis olahraga untuk meringankan stres, misalnya, mengendarai sepeda, renang, atau joging. Berolahraga juga menghasilkan ketenangan dan kenyamanan, sehingga Anda bisa tidur nyenyak. Mendengarkan musik favorit juga menjadi pilihan untuk menambah semangat dan motivasi untuk berolahraga.

5. Tidur yang cukup

Stres biasanya mengurangi kualitas dan waktu tidur. Jika diabaikan, tidak cukup tidur justru memperparah stres, membuat Anda tidak berenergi, dan tidak konsentrasi dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, ketika mengalami stres, pastikan Anda memiliki kualitas tidur yang baik. 

Agar Anda dapat tidur nyenyak, ada banyak cara yang bisa dilakukan, misalnya suasana kamar tidur yang nyaman, mandi air hangat, tidak makan berat sebelum tidur, tidak menggunakan gadget sebelum tidur, dan menghindari kafein. Pastikan juga Anda memenuhi waktu tidur yang direkomendasikan, yaitu 7-8 jam setiap malam.

6. Quality time bersama keluarga atau sahabat

Quality time dengan keluarga atau sahabat membuat Anda rileks dan nyaman, sehingga mampu mengantisipasi tekanan yang memicu stres. Selain itu, cara ini ampuh untuk meningkatkan rasa berharga, sehingga memotivasi Anda dalam menjalani kehidupan.

Jika Anda sudah menerapkan beragam cara menghilangkan stres di atas, namun tidak efektif dalam meringankan stres, bahkan berubah menjadi komplikasi kejiwaaan yang berbahaya, segera hubungi psikolog atau psikiater untuk didiagnosis penyebabnya, sehingga diberikan penanganan yang komprehensif, sesuai kondisi dan kebutuhan Anda.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout