Blog

perempuan berolahraga aktivitas untuk orang obesitas

9 Aktivitas yang Cocok dan Aman untuk Orang Obesitas

Seseorang dengan berat badan yang berlebih sebaiknya melakukan aktivitas ringan hingga sedang. Hal ini benar adanya sebab alasan kesehatan dan keamanan, tanpa perlu memaksakan harus melakukan kegiatan berat.

Meski ringan, namun beberapa aktivitas tersebut mampu memberi manfaat bagi tubuh. Berikut aktivitas yang dapat dilakukan untuk bobot badan berlebih.

Aktivitas yang Aman untuk Berat Badan Berlebih

1. Berenang/jalan di air

Orang dengan berat badan berlebih amat disarankan hanya melakukan olahraga low-impact, salah satunya berenang atau berjalan di dalam air.

Aktivitas tersebut ringan sebab beban tubuh akan ditopang sepenuhnya oleh air, sehingga risiko cedera sendiri atau tulang pun minim.

2. Jalan kaki

Tak hanya renang, berjalan kaki juga olahraga sederhana, ringan, dan dapat dilakukan kapan saja. Walau tak membakar banyak kalori akan tetapi direkomendasikan untuk orang obesitas.

Sesuai anjuran Kemenkes, setidaknya berjalan kaki setiap harinya minimal 10 ribu langkah.

3. Latihan kekuatan

Meski berat badan berlebih, namun latihan kekuatan otot juga diperbolehkan. Aktivitas ini selain meningkatkan metabolisme, baik pula untuk postur tubuh dan membangun kekuatan otot.

4. Taichi

Mengutamakan latihan kelenturan, olahraga Taichi dilakukan tanpa jeda dan mengajak tubuh terus bergerak mengikuti gerakan dan mengharuskan anda tetap fokus selama berlatih.

Taichi juga akan mengajari anda caranya mengatur napas sebaik mungkin, meningkatkan suasana hati, menjaga kesehatan jantung dan sendi.

5. Senam

Mudah, bisa dilakukan di mana pun senam juga termasuk olahraga low-impact. Senam selama 60 menit cukup membuat anda mengeluarkan keringat dan meningkatkan kebugaran tubuh.

Agar senam terasa menyenangkan, cobalah mengikuti klub senam atau lakukan sendiri di rumah diiringi musik kesukaan.

6. Naik-turun tangga

Seringkali terlewatkan, naik-turun tangga merupakan aktivitas sederhana yang mudah dijumpai sehari-hari.

Jika anda bepergian usahakan untuk menggunakan anak tangga yang dapat melatih keseimbangan tubuh.

7. Bersepeda

Jika anda gemar olahraga sembari jalan-jalan, maka bersepeda adalah aktivitas yang sesuai. Olahraga tersebut efektif dalam pembakaran kalori, juga aman karena sifatnya ringan.

Anda dapat bersepeda sekitar 60 menit, baik menggunakan sepeda biasa atau statis.

8. Jogging air

Bila tadi hanya berjalan di air, aktivitas jogging air ini menggabungkan antara lari dan renang yang punya risiko cedera lebih minim.

Caranya anda hanya perlu berlari layaknya di darat sambil mengenakan aqua jogging belt.

9. Golf

Aktivitas ringan terakhir yang dapat dicoba adalah golf. Menurut Kemenkes, golf termasuk dalam kategori aerobik dimana anda akan terus menggerakkan tubuh selama bermain, terutama tangan.

Olahraga adalah aktivitas yang harus dilakukan setiap harinya, meski aktivitas ringan sekali pun. Seseorang dengan berat badan yang berlebih sebaiknya melakukan aktivitas yang telah kami sebutkan di atas.

Semoga beberapa rekomendasi aktivitas yang telah kami tuliskan mampu membuat tubuh makin bugar, sehat, dan terbebas dari cedera.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout