Blog

penyebab hb rendah

5 Penyebab Hb Rendah yang Perlu Anda Ketahui

Hemoglobin dibutuhkan tubuh untuk mengangkut oksigen dan karbondioksida dalam darah. Kekurangan hemoglobin dapat membuat tubuh terasa lemas meski sudah cukup istirahat. Penyebab Hb rendah bisa beragam dan perlu diatasi sesuai penyebabnya.

Kadar hemoglobin normal pada perempuan berkisar antara 12-15 gram/dL dan pria berkisar antara 13-17 gram/dL. Jika kadarnya berada di bawah rentang angka tersebut, maka disebut memiliki Hb rendah. Berikut beberapa penyebab Hb rendah yang perlu Anda ketahui.

Penyebab Hb Rendah

Ada beberapa kondisi atau penyakit yang bisa menyebabkan Hb rendah. Berikut beberapa di antaranya:

1. Kekurangan gizi

Tubuh yang kekurangan asupan vitamin dan mineral tertentu bisa menyebabkan Hb rendah. Salah satu nutrisi yang berfungsi untuk menghasilkan Hb dan sel darah merah adalah zat besi. Jika tubuh kekurangan zat besi, sel darah merah akan sulit diproduksi, sehingga kadar Hb dalam tubuh akan berkurang dan menghambat pengangkutan oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Selain kekurangan zat besi, Hb rendah juga bisa disebabkan oleh kekurangan asam folat dan vitamin B12. Hal ini dikarenakan kedua nutrisi tersebut juga diperlukan untuk membentuk sel baru, termasuk sel darah merah.

2. Kehamilan

Kadar Hb yang rendah saat hamil bisa menyebabkan lahir prematur, janin lahir dengan berat badan rendah, anemia, atau gangguan tumbuh kembang setelah lahir. 

Jika ibu hamil mengalami anemia dan tidak segera diobati, kondisi ini bisa menyebabkan ibu hamil berisiko tinggi mengalami komplikasi kehamilan dan perdarahan setelah persalinan. Oleh karena itu, ibu hamil dianjurkan untuk rutin menjalani pemeriksaan kandungan ke dokter kandungan atau bidan. Jika ibu hamil terdiagnosis mengalami Hb rendah, dokter dapat meresepkan suplemen yang mengandung zat besi, asam folat, dan vitamin B12 untuk meningkatkan kadar Hb dan sel darah merah.

Untuk mengatasinya, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi, asam folat, dan vitamin B12, seperti telur, daging, ikan, susu dan produk olahannya, serta kacang-kacangan.

Lihat Juga: Suplemen Penambah Darah Berbentuk Tablet Larut

3. Kehilangan darah

Kadar Hb rendah juga bisa terjadi pada orang yang kehilangan banyak darah, misalnya karena:

  • Perdarahan saat operasi.
  • Perdarahan pada saluran cerna, misalnya akibat kanker usus, wasir, atau tukak lambung.
  • Cedera berat atau luka.
  • Menorraghia atau menstruasi.
  • Terlalu sering melakukan donor darah.
  • Buang air kecil berdarah.

4. Kelainan darah

Penyebab Hb rendah lainnya adalah kelainan darah. Salah satunya adalah thalasemia yang bisa disebabkan karena keturunan. Gejala penyakit ini, antara lain sering merasa lelah atau kurang bertenaga, warna urine gelap, perubahan bentuk tulang terutama di bagian wajah, kulit terlihat pucat, serta gangguan tumbuh kembang. Selain itu, kelainan darah yang juga bisa menyebabkan Hb rendah adalah kanker darah (leukemia) dan limfoma.

5. Penyakit kronis

Seseorang yang menderita penyakit kronis tertentu juga dapat meningkatkan risiko terjadinya kadar Hb rendah. Beberapa penyakit tersebut, antara lain sirosis, gagal ginjal kronis, gangguan sumsum tulang, hipotiroidisme, serta infeksi seperti malaria.

Meski penyebabnya beragam dan tidak selalu menimbulkan gejala, namun orang yang mengalami Hb rendah dapat mengalami beberapa gejala anemia, seperti kelelahan, pusing, lemah, sakit kepala, kulit dan gusi yang pucat, jantung berdebar, sesak napas, serta pandangan berkunang-kunang.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout