Blog

5 Obat Alami Mengatasi Kurang Darah

ditinjau oleh dr. Carlinda Nekawaty

Kurang darah atau anemia terjadi ketika tubuh seseorang kekurangan hemoglobin dalam sel darah merah. Penyakit ini ditandai oleh beberapa gejala, seperti kelelahan, pusing, dan wajah yang terlihat pucat. Untuk membantu mengurangi gejalanya, Anda bisa menggunakan obat alami untuk mengatasinya.

Hemoglobin berperan penting dalam membantu sel darah merah mengangkut oksigen ke seluruh bagian tubuh. Jika kekurangan hemoglobin, maka organ-organ tubuh tidak bisa berfungsi dengan baik. Apa saja gejala anemia yang perlu diwaspadai dan obat alami untuk mengatasi kurang darah yang dapat dikonsumsi? Simak penjelasan berikut.

Gejala Anemia

Ada dua jenis gejala anemia, yaitu gejala anemia ringan dan gejala anemia berat. Berikut penjelasannya:

1 Gejala Anemia Ringan

Seseorang yang mengalami anemia ringan ditandai dengan beberapa gejala, antara lain sering sakit kepala, lebih mudah merasakan kelelahan, dan sulit berkonsentrasi. Jika merasakan gejala tersebut, dianjurkan untuk mengonsumsi obat atau makanan yang dapat menambah darah, seperti makanan yang mengandung zat besi, folat, atau vitamin B12.

2. Gejala Anemia Berat

Ada beberapa gejala yang muncul ketika seseorang mengalami anemia berat, antara lain sesak napas, sering merasakan pusing, kulit berwarna pucat, kuku menjadi mudah rusak, dan munculnya warna putih atau pucat pada bagian bawah dari kelopak mata. Jika merasakan gejala tersebut, dianjurkan untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Itulah beberapa gejala anemia, baik yang termasuk kategori ringan ataupun berat. Perlu diwaspadai jika Anda mengalami gejala anemia berat. Sebaiknya segera periksa ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan pengobatan lebih lanjut. 

Obat Alami untuk Mengatasi Kurang Darah

Selain pengobatan medis, Anda juga bisa mencoba obat kurang darah dari bahan alami berikut:

1. Biji wijen

Selain mudah ditemukan, biji wijen juga memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Anda bisa mengolah biji wijen terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya. Caranya, rendamlah dengan air selama 120-180 menit dan kemudian haluskan. Setelah itu, Anda bisa mencampurkannya dengan madu untuk digunakan sebagai salah satu obat alami mengatasi anemia.

2. Alpukat

Tidak hanya memiliki rasa yang enak dan khas, alpukat juga mengandung vitamin B kompleks yang berperan penting dalam membantu pembentukan sel darah merah di dalam tubuh. Oleh karena itu, sebaiknya konsumsi alpukat secara rutin agar terhindar dari anemia.

3. Jeruk

Obat kurang darah dari bahan alami lainnya adalah jeruk. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam jeruk berperan penting dalam memaksimalkan penyerapan zat besi di dalam tubuh. Oleh karena itu, konsumsi jeruk secara rutin untuk membantu mengurangi gejala anemia.

4. Kurma

Kurma juga bisa digunakan sebagai salah satu obat alami untuk membantu mengatasi kurang darah. Kurma berasal dari negara-negara di Timur Tengah. Selain memiliki rasa manis, kurma juga mengandung zat besi yang cukup tinggi. Oleh karena itu, mengonsumsi kurma bisa membantu menghindarkan Anda dari risiko anemia.

5. Daging sapi

Selain bisa diolah menjadi berbagai olahan yang lezat, daging sapi juga memiliki kandungan zat besi dan vitamin B12 yang tinggi. Kedua nutrisi tersebut berperan penting dalam pembentukan sel darah merah di dalam tubuh. Oleh karena itu, daging sapi cocok dikonsumsi untuk membantu memulihkan kondisi tubuh dari anemia.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout