Blog

makanan yang bagus untuk ibu hamil

5 Makanan yang Sehat untuk Ibu Hamil

ditinjau oleh dr. Carlinda Nekawaty

Saat hamil, ibu membutuhkan berbagai nutrisi, seperti protein, kalsium, zat besi, asam folat, dan vitamin C. Berbagai nutrisi tersebut bisa didapatkan melalu beberapa jenis makanan. Apa saja makanan sehat yang diperlukan untuk ibu hamil?

Jika asupan gizi ibu hamil kurang, maka bisa berdampak pada kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin. Oleh karena itu, asupan nutrisi harian harus tercukupi dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan berikut yang sehat untuk ibu hamil.

Makanan yang Sehat untuk Ibu Hamil

Ada beberapa makanan yang dianjurkan untuk ibu hamil. Berikut beberapa di antaranya:

1. Makanan dan minuman berbahan dasar susu

Susu dan produk olahannya, seperti keju dan yoghurt, kaya akan kandungan kalsium yang dapat membantu pembentukan jaringan tulang pada bayi dan menjaga kesehatan tulang untuk ibu hamil. Namun, hindari susu yang belum dipasteurisasi yang kemungkinan besar mengandung bakteri yang dapat menyebabkan infeksi yang berbahaya untuk kesehatan janin dan menyebabkan risiko komplikasi kehamilan. Oleh karena itu, pastikan ibu hamil memilih susu yang sudah dipasteurisasi dan yang terjamin higienitas serta kualitasnya.

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan berperan penting dalam memenuhi kebutuhan serat dan melancarkan pencernaan ibu hamil. Kacang tanah, kacang kedelai, kacang polong, dan buncis adalah jenis makanan yang bagus untuk ibu hamil. Dengan Kacang-kacangan selain sebagai sumber serat, juga kaya akan kalium, magnesium dan seng, asam folat, zat besi, yang diperlukan ibu hamil selama kehamilan. Dengan tercukupinya asupan serat, ibu hamil akan terhindar dari risiko terjadinya konstipasi/sembeli.  

3. Ikan salmon

Ikan salmon adalah salah satu makanan sehat untuk ibu hamil. Ikan salmon mengandung asam lemak omega-3, seperti DHA dan EPA, yang berperan dalam perkembangan otak dan indera penglihatan janin yang sedang berkembang. Salmon juga merupakan sumber vitamin D yang baik untuk ibu hamil dan janin. Namun, pastikan Anda mengonsumsi ikan yang matang sempurna dan hindari ikan yang mentah.

4. Telur

Selain mudah diolah, telur juga baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Telur kaya akan protein dan juga mengandung kolin yang merupakan nutrisi penting dalam mendukung perkembangan otak dan saraf janin, serta mengurangi risiko terjadinya cacat tabung saraf pada janin. Ibu hamil bisa mengonsumsinya dengan cara direbus, dibuat telur mata sapi, atau dijadikan isian roti. Namun, pastikan telur matang sempurna, karena telur mentah atau setengah matang masih terdapat bakteri yang berbahaya untuk kesehatan ibu hamil dan janin.

5. Sayuran hijau

Sayuran hijau merupakan sumber serat yang baik untuk ibu hamil. Selain itu, sayuran hijau juga mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin K, zat besi, kalsium, kalium, dan asam folat yang baik untuk memelihara kesehatan mata, menjaga daya tahan tubuh dan mencegah kecacatan pada janin.  

Dikutip dari Food and Drug Administration (FDA), ibu hamil juga dianjurkan untuk mencuci sayuran dan buah-buahan terlebih dahulu sebelum dikonsumsi, karena kemungkinan masih mengandung bakteri yang berbahaya untuk kehamilan. Hindari penggunaan sabun atau deterjen untuk mencuci sayuran dan buah-buahan. Agar lebih aman untuk ibu hamil, sebaiknya olah sayuran dengan cara direbus atau ditumis untuk mengurangi risiko penyebaran bakteri pada sayur. 


Sumber: https://www.fda.gov/food/people-risk-foodborne-illness/fruits-veggies-and-juices-food-safety-moms-be

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout