Blog

vitamin asam folat

4 Manfaat Vitamin Asam Folat untuk Kesehatan

Vitamin asam folat adalah salah satu jenis vitamin B kompleks yang berperan penting selama kehamilan. Namun, tidak hanya untuk ibu hamil, asam folat juga dibutuhkan anak-anak hingga dewasa untuk menjaga kesehatan tubuh.

Bagi ibu hamil, vitamin asam folat berperan penting dalam mendukung pembentukan sistem organ dan perkembangan janin. Asam folat juga memiliki beragam manfaat untuk orang dewasa hingga anak-anak. Berikut beberapa manfaat asam folat dan sumber alaminya.

Manfaat Vitamin Asam Folat

Asupan vitamin asam folat yang tercukupi memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Berikut di antaranya:

1. Membantu proses pembentukan sel-sel dan jaringan tubuh

Bekerja sama dengan nutrisi lain, seperti vitamin B12, vitamin C, protein, dan asam amino, asam folat berperan penting dalam membangun dan memperbaiki jaringan tubuh. Berbagai nutrisi tersebut berfungsi untuk membentuk sel-sel tubuh yang rusak, serta mendukung proses pemulihan tubuh ketika luka atau sakit.

2. Mencegah anemia

Salah satu fungsi asam folat adalah membentuk sel darah merah. Ketika tubuh kekurangan asam folat, produksi sel darah merah akan berkurang dan meningkatkan risiko terjadinya anemia. Selain asam folat, pastikan juga Anda memenuhi asupan zat besi dan vitamin B12 untuk membantu produksi sel darah merah yang cukup.

3. Menjaga daya tahan tubuh

Penelitian menemukan bahwa asam folat dan nutrisi lain, seperti vitamin B12, vitamin A, vitamin C, vitamin D, asam amino, dan selenium, bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh. Jika asupan berbagai nutrisi tersebut tercukupi, maka produksi sel darah putih akan semakin optimal, sehingga daya tahan tubuh tetap kuat dalam melawan virus dan kuman penyebab penyakit.

4. Mencegah terjadinya kelainan bawaan lahir pada janin

Asam folat juga berperan penting dalam pembentukan sistem organ, seperti otak, saraf, serta jaringan tubuh janin. Selain itu, asam folat juga bermanfaat untuk mencegah risiko cacat tabung saraf pada bayi, seperti anensefali dan spina bifida. Anensefali adalah kondisi di mana bayi dilahirkan tanpa otak dan tulang tengkorak, dan umumnya akan meninggal setelah dilahirkan. Sedangkan, spina bifida adalah kelainan yang membuat bayi memiliki celah pada tulang belakang dan saraf tulang belakang.

Jenis Makanan yang Mengandung Asam Folat

Untuk memenuhi asupan vitamin asam folat harian, berikut beberapa jenis makanan yang bisa Anda konsumsi:

1. Sayuran hijau

Mengonsumsi sayuran hijau adalah salah satu cara efektif untuk memenuhi asupan asam folat harian. Beberapa sayuran hijau yang tinggi akan asam folat, antara lain brokoli, bayam, asparagus, lobak, selada, dan kucai.

2. Buah-buahan

Makanan yang mengandung asam folat berikutnya adalah buah-buahan. Buah-buahan yang tinggi asam folat, antara lain keluarga sitrus, seperti jeruk, lemon, jeruk nipis, dan jeruk bali. Selain itu, buah-buahan yang juga tinggi asam folat adalah alpukat, buah bit, pisang, pepaya, serta melon jingga.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga termasuk makanan yang tinggi asam folat. Selain dikonsumsi sebagai sumber asam folat, kacang-kacangan juga bisa dijadikan sebagai camilan sehat. Beberapa jenis kacang-kacangan yang kaya akan asam folat, antara lain kacang tanah, kacang merah, kacang hijau, kacang polong, kacang walnut, dan kacang tolo. Kacang-kacangan, terutama kacang merah, juga baik dikonsumsi selama kehamilan untuk menjaga kesehatan ibu dan janin.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout