Blog

tanam benang hidung

Tanam Benang Hidung: Prosedur dan Efek Sampingnya

Salah satu cara untuk memperbaiki bentuk hidung tanpa operasi adalah tanam benang hidung. Tanam benang hidung merupakan prosedur menanam benang untuk membuat hidung berubah bentuk sesuai yang diinginkan.

Tanam benang hidung semakin populer, karena area hidung kerap menjadi bagian wajah yang dilihat pertama kali oleh orang lain. Apa itu tanam benang hidung dan adakah efek sampingnya? Simak penjelasan berikut:

Apa Itu Tanam Benang Hidung

Tanam benang hidung adalah prosedur mengubah bentuk, posisi, dan sudut hidung seseorang tanpa perlu melakukan operasi. Prosedur tanam benang dilakukan dengan menggunakan benang polydioxanone (PDO) yang bisa diserap sepenuhnya oleh tubuh manusia. Prosedur tanam benang juga tidak membutuhkan waktu yang lama, yaitu rata-rata hanya kurang dari 1 jam. Bahkan, setelah menjalani prosedur tanam benang, pasien bisa langsung melanjutkan aktivitasnya.

Prosedur Tanam Benang Hidung

Selain tidak membutuhkan waktu yang lama, prosedur tanam benang hidung juga tidak terlalu menyakitkan. Langkah pertama, dokter akan mengaplikasikan anestesi lokal di area hidung sebelum prosedur dimulai. Kemudian, dokter akan menempatkan benang di sepanjang jembatan hidung (nasal bridge) dan septum (dinding yang membagi rongga hidung menjadi dua).

Pemasangan benang tersebut bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai proyeksi bentuk hidung setelah melakukan tanam benang hidung. Benang akan ditempatkan di bawah permukaan kulit untuk membuat jembatan hidung lebih tinggi.

Efek Samping Tanam Benang Hidung

Meski cepat dan tidak menyakitkan, namun bukan berarti prosedur tanam benang hidung tidak ada efek samping. Salah satu efek samping tanam benang hidung yang perlu diantisipasi adalah terjadinya infeksi. Hal ini bisa disebabkan oleh prosedur yang dilakukan oleh orang yang bukan profesional atau ahlinya, atau bisa juga karena peralatan yang digunakan tidak steril. Selain itu, bisa juga disebabkan oleh benang yang dimasukkan terlalu dalam, sehingga dapat menyebabkan rasa tidak nyaman, bahkan hasilnya tidak sesuai yang diharapkan.

Jika orang yang melakukan tanam benang hidung tidak suka dengan hasilnya, maka tidak ada cara lain untuk mengubahnya. Namun demikian, hasil dari tanam benang hidung akan hilang dengan sendirinya dalam 1-2 tahun. Dengan beragam cara mengubah bentuk hidung, sebenarnya tidak ada cara yang paling ideal. Hal ini tergantung pada kondisi kesehatan dan kebutuhan masing-masing pasien. Oleh karena itu, pastikan Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum melakukan prosedur tanam benang hidung.

Persiapan Sebelum Tanam Benang Hiding

Jika sudah yakin dengan keputusan Anda untuk melakukan prosedur tanam benang, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  1. Pilih dokter yang memiliki reputasi terpercaya.
  2. Lakukan konsultasi dan evaluasi sebelum melakukan prosedur tanam benang.
  3. Tanyakan juga apa yang akan dialami selama prosedur berlangsung dan setelahnya.
  4. Jangan hanya andalkan ulasan positif. Sebaiknya, cari tahu lebih dalam apakah ada ulasan negatif yang diberikan kepada dokter tersebut.
  5. Perhitungkan semua perubahan yang mungkin terjadi, terutama reaksi tubuh yang akan dialami.

Itulah penjelasan lebih dalam mengenai tanam benang hidung. Pastikan Anda telah melakukan pertimbangan dan riset menyeluruh sebelum melakukan prosedur tanam benang hidung.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout