Blog

Tips Menjaga Kulit Wajah Dari Penuaan Kulit Dini

Akhir-akhir ini, penuaan kulit / skin aging telah menjadi perhatian bagi para remaja wanita. Pasalnya banyak remaja wanita yang walaupun usia masih dibilang muda tetapi tanda-tanda penuaan kulit telah tampak pada diri mereka. Lantas bagaimana cara menjaga kulit wajah dari penuaan dini?

Menurut dr Hari Darmawan, Sp.KK dalam Instagram Live NGOPY (@pyfaheathofficial) 14/12/2022,  menyatakan bahwa penuaan kulit atau skin aging adalah proses regenerasi yang terjadi pada kulit seiring bertambahnya usia. Penuaan kulit ini dapat ditandai dengan kulit menjadi lebih kering seiring bertambahnya usia, timbul flek atau wrinkles, kerutan, dan keriput halus.  

Ia juga menambahkan bahwa penuaan kulit ini dapat mulai terlihat di usia 20 tahun. Hal ini dapat disebabkan karena tingginya paparan sinar matahari yang diterima oleh kulit tubuh kita akibat tingginya aktivitas diluar rumah.  Selain itu, stress juga dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya penuaan dini.

dr Hari juga memberikan beberapa tips yang dapat membantu menjaga kulit wajah kita dari penuaan dini. Berikut 5 tips yang dapat dilakukan:

Jaga Kebersihan Kulit Wajah

Dalam Instagram Live, dr Hari menjelaskan bahwa perlunya kita menjaga kebersihan kulit wajah. Apalagi bagi wanita yang sering menggunakan make up ini diperlukan double cleansing.  Bila dalam proses membersihkan wajah ini salah, maka debu ataupun kotoran akan menyumbat di pori-pori dan akhirnya menimbulkan komedo dan jerawat. 

Dikutip dari healthline, double cleansing adalah kegiatan untuk membersihkan wajah menggunakan dua jenis pembersih wajah yang berbeda serta dengan dua tahap pembersihan. Di mana tahap yang pertama menggunakan pembersih wajah yang memiliki bahan dasar oil (oil-based cleanser) dan tahap kedua dilakukan dengan menggunakan pembersih wajah berbahan dasar air (water- based cleanser).  

Menggunakan Pelembab Wajah 

dr Hari dalam Instagram Live tersebut menjelaskan bahwa selain penting menjaga kebersihan kulit, penting pula kita untuk menggunakan pelembab wajah. Hal ini dikarenakan, penuaan kulit ini terjadi akibat produksi minyak alami yang berkurang seiring dengan bertambahnya usia menyebabkan kulit yang menjadi lebih kering dan akan mudah memunculkan garis-garis halus. Namun, penting pula menggunakan pelembab wajah yang cocok dengan jenis kulit masing-masing.

Gunakan Sunscreen / Tabir Surya Setiap Hari

Menggunakan tabir surya setiap hari dapat membantu menjaga kulit dari paparan sinar matahari (UVA & UVB) yang mampu mempercepat penuaan kulit. Pasalnya, sinar matahari yang berlebihan dapat membuat kulit lebih cepat berkerut dan memunculkan garis-garis halus. 

“Sangat penting bagi kita untuk menggunakan tabir surya setiap harinya baik di dalam rumah ataupun di luar rumah. Selain itu, SPF minimal yang perlu digunakan adalah SPF 30 dan dilakukan pengulangan pemakaian.” Ungkap dr Hari. 

Mengonsumsi Vitamin / Suplemen 

Menurut dr Hari, selain melakukan pencegahan akan penuaan kulit dari luar atau eksternal, perlu juga dilakukan pencegahan dari dalam yakni dengan mengonsumsi vitamin atau suplemen setiap harinya.  Mengonsumsi vitamin dan suplemen dapat meningkatkan hidrasi kulit, merangsang produksi kolagen, dan meningkatkan antioksidan dalam tubuh yang mampu melawan paparan radikal bebas yang mampu mempercepat penuaan. Vitamin yang baik untuk kulit adalah Vit C dan Vit E.

Dalam Instagram live, dr Hari menjelaskan bahwa dengan melakukan keempat hal tersebut secara teratur dapat membantu kita menjaga kulit wajah dari penuaan dini. Selain itu, bila ingin terjadi perubahan yang signifikan nih dapat pula melakukan treatment tertentu agar mendapatkan hasil yang maksimal. 

Terkait penggunaan sunscreen setiap hari, Pyfaesthetic memiliki Coverderm CC cream dan Coverderm filteray SPF 50 yang cocok digunakan untuk semua jenis kulit, tidak menimbulkan efek lengket, membantu menjaga kesehatan kulit, dan mampu memberikan perlindungan akan paparan sinar matahari. 

Temukan informasi lebih lanjut melalui instagram @PYFAESTHETIC

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout