Blog

jerawat di dagu

Cara-Cara Mudah Mengatasi Jerawat di Dagu

Mendapati jerawat tumbuh di wajah tentu menyebalkan, tak terkecuali jerawat di dagu. Faktor penyebabnya pun beragam, dari kondisi hormon yang kurang stabil hingga kebersihan wajah yang tak dijaga. Namun, ada sejumlah kebiasaan yang dapat membantu Anda mengatasi jerawat tanpa menimbulkan efek samping.

Selain rutin membersihkan wajah dengan produk yang tepat, berikut kebiasaan-kebiasaan yang dapat diterapkan untuk mengusir jerawat dari dagu:

1. Hindari memencet jerawat

Kebiasaan yang satu ini memang sulit dihentikan. Sebagian orang masih menganggap jerawat di dagu maupun bagian wajah lain akan kempes dan hilang saat dipencet. Kenyataannya, kebiasaan ini bakal bikin jerawat semakin meradang, membesar, hingga meninggalkan bekas.

Kalau tak ingin jerawat semakin parah, tahan kebiasaan buruk ini semaksimal mungkin. Cuci tangan Anda sebelum dan sesudah memegang wajah untuk mencegah kotoran menginfeksi jerawat. Tingkat sensitivitas wajah lebih tinggi membuatnya rentan bermasalah.

2. Kompres dan pakai obat jerawat

Langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan untuk menangani jerawat adalah mengompresnya. Caranya mudah, Anda tinggal bungkus es batu menggunakan kain atau lap bersih. Lalu, tempelkan pada jerawat selama lima menit. Lakukan metode ini secara berkala sampai jerawat kempes.

Belum menunjukkan hasil yang diharapkan? Kombinasikan cara di atas dengan mengoleskan obat atau salep khusus jerawat. Pastikan produknya mengandung retinoid atau benzoil peroksida. Namun untuk cara mengatasi jerawat di dagu ini, Anda perlu konsultasi dulu dengan dokter.

3. Manfaatkan bahan-bahan alami

Bukan rahasia lagi kalau bahan-bahan alami mampu menyelesaikan masalah wajah sepeti jerawat. Untuk kasus ini, Anda bisa mengandalkan madu dan bawang putih. Madu memiliki sifat disinfektan untuk melawan mikroba, sementara bawang putih mengandung sulfur untuk mengeringkan jerawat.

Ada juga lemon yang dikenal ampuh mengatasi jerawat, hanya saja kandungannya yang lumayan keras kadang menyebabkan iritasi dan kulit kering. Bahan lain seperti pasta gigi juga sering dipakai sebagai salep alternatif walau tak terlalu direkomendasikan.

4. Hentikan produk berbahan keras

Saat jerawat di dagu masih meradang, ada baiknya Anda hentikan sementara produk berbahan keras. Cek lagi komposisi bahan pada produk skincare, baik itu facial wash, toner, pelembap, dan serum. Kalau bahan-bahannya tak sesuai jenis kulit, segera ganti dengan produk yang sesuai.

Mengenal baik jenis kulit memungkinkan Anda menemukan produk skincare yang sesuai. Kalau punya bujet lebih, konsultasikan gangguan wajah dengan ahli atau profesional. Mereka nanti akan merekomendasikan produk yang cocok untuk menekan risiko munculnya jerawat.

Jika jerawat di dagu tak kunjung hilang atau semakin parah, segera periksakan diri ke dokter. Dengan begitu, Anda tahu penyebab pasti dan solusi yang dapat diambil supaya jerawat cepat menghilang.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout