Blog

wanita ketombe di sisir

Cara Menghilangkan Ketombe Paling Efektif

Bagi kaum wanita, rambut menjadi salah satu mahkota indah yang dapat menunjang penampilan sehari – hari. Akan tetapi, apa jadinya jika rambut tersebut mengalami permasalahan ketombe yang membuat seseorang tidak merasa nyaman? Apabila Anda di rumah juga mengalamai permasalahan ini, maka sebaiknya perlu menyimak informasi seputar faktor penyebab dan tips cara menghilangkan ketombe paling efektif di artikel berikut.

Apa faktor yang menyebabkan masalah ketombe?

Anda perlu tahu, bahwa permasalahan ketombe umumnya terjadi karena adanya sel – sel kulit mati yang mengalami pertumbuhan lebih cepat daripada pembentukan sel kulit baru di kepala. Meskipun merupakan kondisi yang terlihat ringan dan tidak menular, akan tetapi permasalahan ketombe satu ini sering kali menyebabkan ketidaknyamanan bagi penderita. Yang mana, penderita biasanya akan mengalami rasa gatal pada kulit kepala dan bahkan akan dapat menjadikan mereka tidak merasa percaya diri. Permasalahan ketombe sendiri, sering kali disebabkan oleh berbagai hal di antaranya yakni sebagai berikut.

  • Masalah kulit kepala yang kering, sehingga menimbulkan penumpukkan sel – sel kulit mati dan memicu terjadinya ketombe. 
  • Gangguan dermatitis kontak yang menimbulkan ruam dan gatal.
  • Jarang keramas yang menyebabkan penimbunan minyak dan sel kulit mati.
  • Terjadinya kondisi medis lain seperti halnya penyakit Alzheimer, Parkinson dan lain – lain.

Bagaimana cara menghilangkan ketombe yang tepat?

Masalah ketombe umumnya bisa kita tangani dengan mudah dan efektif cukup dari rumah saja. Adapun beberapa cara mudah menangani permasalahan ketombe yang mengganggu kenyamanan ini yakni sebagai berikut.

1. Aloe vera

Untuk menghilangkan masalah ketombe yang pertama, yakni menggunakan aloe vera atau lidah buaya. Dengan kandungan sifat antibakteri dan antijamur, menjadikan bahan satu ini sangat efektif untuk membasmi jamur dan bakteri penyebab ketombe rambut. Di samping itu, Anda juga bisa mencoba menggunakan produk shampo anti ketombe dengan kandungan aloe vera.

2. Minyak kelapa

Tidak hanya berguna untuk melembapkan kulit tubuh, minyak kelapa juga berguna untuk mengobati permasalahan ketombe di rambut. Hal ini dikarenakan, menurut penelitian sudah menunjukkan bahwa minyak kelapa ini dapat membantu pengobatan eksim, khususnya untuk kondisi kulit kepala yang kering yang memicu terjadinya ketombe. 

3. Cuka apel

Berikutnya, Anda juga bisa memanfaatkan penggunaan cuka apel untuk mengatasi permasalahan ketombe. Ini dikarenakan, cuka apel memiliki tingkat keasaman yang dapat dipercaya untuk merangsang pelepasan sel – sel kulit mati di kulit kepala. Cara penggunaannya, Anda cukup menambahkan 1 sendok makan cuka apel ke shampo dan dipakai secara bersamaan. Setelah itu, Anda tinggal bilas rambut hingga bersih dan aplikasikan kondisioner rambut. Dari beberapa tips cara menghilangkan ketombe paling efektif di atas, manakah kira – kira metode yang akan Anda terapkan di rumah dalam membahasi masalah ketombe yang mengganggu kenyamanan kulit kepala?

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout