Blog

kutu air di kaki

Cara Menghilangkan Kutu Air di Kaki yang Membandel

Kutu air pada kaki akan mudah muncul dan berkembang jika kaki dalam keadaan yang lembab. Walaupun tidak berbahaya, adanya kutu air kini bisa mengakibatkan rasa gatal yang mengganggu. Agar bisa mengatasinya ada cara menghilangkan kutu air membandel. 

Kutu air ini berasal dari jamur kulit yang memicu adanya infeksi pada daerah kaki, terutama di telapak kaki maupun sela-sela jari kaki dan tangan. Ketika terkena kutu air, maka akan terasa gatal di daerah yang terinfeksi dan kulit jadi bersisik, terkelupas, pecah-pecah dan perih. 

Penyebab Terjadinya Kutu Air 

Penyebab seseorang ini bisa memiliki kutu air karena lingkungan yang lembab dan panas. Kutu air ini juga bisa menular ke orang lain jika ada kontak fisik dengan penderitanya. Misalnya, melalui alat mandi yang digunakan secara bersama dan penggunaan kamar mandi umum yang sudah terkontaminasi kuy air. 

Cara Menghilangkan Kutu Air di Kaki

Kutu air pada kaki ini pastinya bisa mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Namun, Anda tidak usah khawatir saat ini sudah banyak cara menghilangkan kutu air ini, yaitu:

1. Larutan garam

Cara menghilangkan kutu air pada kaki bisa dengan merendahkan kaki pada air yang sudah dicampur dengan garam laut. Anda juga bisa mencampurkannya dengan Tea Tree Oil, serbuk teh hijau dan cuka. 

Anda juga harus tahu campuran larutan tersebut tidak dapat digunakan sebagai obat anti jamur. Campuran ini hanya akan membantu untuk mengurangi rasa gatal dan juga perih pada kaki. 

2. Obat anti jamur di minum

Walaupun masih jarang terjadi, kutu air ini bisa semakin meluas ke area kulit yang lainnya. Hal ini bisa terjadi jika tubuh memiliki imunitas yang cukup lemah, misalnya kemoterapi, HIV, diabetes melitus dan kortikosteroid jangka panjang. 

Cara menghilangkan kutu air pada kaki ini dokter nantinya akan meresepkan obat anti jamur yang dapat diminum jika infeksi sudah tidak dapat dikendalikan lagi. Jika nantinya terjadi lepuhan berisikan nanah atau borok, dokter juga akan meresepkan antibiotik dalam bentuk salep atau minum dan tergantung dari keparahannya. 

3. Obat anti jamur oles

Cara menghilangkan kutu air di kaki dengan cepat ini bisa menggunakan obat anti jamur yang dioleskan ke sumbernya. Pengobatan tersebut umumnya akan berlangsung kurang lebih 1-2 minggu. 

Sebelum pemakaian obat oles tersebut, Anda harus membersihkan kaki lebih dahulu menggunakan air yang mengalir dengan sabun. Selanjutnya keringkan sela-sela jari baru oleskan krim secukupnya pada bagian kaki yang terkena infeksi. 

Diamkan untuk beberapa saat sampai obatnya terlihat mengering. Anda juga dilarang menggunakan secara langsung sepatu yang tertutup. Hal tersebut dilakukan agar cara menghilangkan kutu air tersebut bisa bekerja dengan baik. 

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout