Blog

makanan yang dilarang untuk ibu hamil

Sushi Hingga Susu Mentah, Ini 5 Makanan yang Dilarang untuk Ibu Hamil

Menjaga pilihan makanan yang sehat dan bergizi sangat menentukan kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin. Namun, ada sejumlah makanan yang dilarang untuk ibu hamil setiap harinya. 

Makanan yang dilarang untuk ibu hamil biasanya dapat menimbulkan efek berbahaya bagi janin di dalam kandungan dan bahkan menyebabkan keracunan pada ibu hamil. Berikut 5 jenis makanan yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil:

1. Ikan yang tinggi merkuri

Meski ikan laut adalah sumber protein dan kaya asam lemak omega-3 yang baik untuk perkembangan janin, namun ibu hamil perlu menghindari ikan yang tinggi merkuri. Hal ini dikarenakan merkuri dapat menyebabkan gangguan pada perkembangan otak bayi. Badan Pengawas Obat dan Makanan di Amerika Serikat menggolongkan beberapa jenis seafood sebagai makanan yang dilarang untuk ibu hamil karena mengandung merkuri. Sebenarnya hampir semua ikan dan hewan air mengandung merkuri, namun ada beberapa jenis ikan yang paling tinggi kandungan merkurinya dibandingkan yang lainnya, seperti ikan makarel, ikan todak atau pedang, ikan tuna bigeye, dan ikan tuna sirip kuning. 

Sushi dan sashimi adalah makanan yang dilarang untuk ibu hamil berikutnya. Seafood mentah atau setengah matang dapat membahayakan janin, karena terkadang masih ada cacing parasit di dalam dagingnya. Terlebih, jika sushi atau sashimi dimasak di tempat yang tidak steril. Oleh karena itu, ibu hamil sebaiknya menghindari ikan dan kerang mentah seperti yang ada di sushi dan sashimi. Agar lebih aman dikonsumsi saat hamil, sebaiknya masak udang, ikan, lobster, dan kerang hingga matang sempurna.

2. Steak setengah matang

Meski tidak masalah jika dikonsumsi oleh ibu hamil, namun steak yang dagingnya tidak matang dengan sempurna adalah makanan yang dilarang untuk ibu hamil. Hal ini dikarenakan daging yang dimasak tidak matang sempurna, kemungkinan masih mengandung parasit toksoplasmosis yang berbahaya bagi perkembangan janin. Sebaiknya ibu hamil mengonsumsi daging yang dimasak hingga matang sempurna atau well done dan tidak ada cairan merahnya. Jika perlu, gunakan termometer untuk memastikan tingkat kematangan daging.

3. Telur setengah matang

Telur rebus dan telur mata sapi setengah matang adalah makanan yang dilarang untuk ibu hamil lainnya. Telur yang belum matang biasanya masih mengandung bakteri Salmonella aktif yang dapat menginfeksi ibu dan janin. Selain itu, jika ibu hamil mengonsumsi telur rebus setengah matang dapat berisiko membawa infeksi Salmonella, yang dapat menyebabkan muntah dan diare. Meski jarang terjadi, bakteri Salmonella juga dapat menyebabkan infeksi cairan ketuban, yang mengakibatkan keguguran.

4. Susu mentah

Susu mentah juga termasuk dilarang dikonsumsi oleh ibu hamil. Meski ada susu khusus ibu hamil, namun ibu hamil tidak boleh sembarangan minum susu. Jenis susu yang dilarang untuk ibu hamil adalah susu hewani yang masih mentah atau belum dipasteurisasi, baik itu susu sapi, susu kambing, atau binatang perah lainnya. Hal ini dikarenakan jenis susu tersebut dapat berbahaya untuk kesehatan ibu hamil. Selain itu, susu yang belum dipasteurisasi juga dapat membahayakan perkembangan janin di dalam kandungan. Agar lebih aman untuk kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin, sebaiknya konsumsi susu yang sudah melalui proses pasteurisasi sebelumnya.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout