Blog

Kantung mata

Penyebab Kantung Mata dan Cara Mengatasinya

Kantung mata dapat terjadi seiring dengan pertambahan usia. Proses penuaan menyebabkan berkurangnya jumlah kolagen di kulit sekitar mata, sehingga kelopak mata terlihat lebih kendur. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan kantung mata.

Munculnya kantung mata bisa membuat sebagian orang merasa tidak nyaman, terlebih jika mata mengalami pembengkakan. Untuk menghilangkannya, Anda perlu mengetahui beberapa penyebabnya sebagai berikut:

Penyebab Munculnya Kantung Mata

Kantung mata tidak hanya disebabkan oleh penuaan. Berikut beberapa faktor pemicu kantung mata lainnya:

Paparan sinar matahari 

Terpapar sinar matahari secara berlebihan dapat memicu peningkatan jumlah melanin di kulit sekitar mata yang menyebabkan kantung mata.

Stres

Stres bisa menyebabkan kulit dan jaringan tubuh menjadi lemah, sehingga mempengaruhi jaringan kulit di sekitar mata. Ketika jaringan kulit di sekitar mata melemah, maka kantung mata bisa terbentuk karena penumpukan cairan.

Kurang tidur dan kelelahan

Kebiasaan tidur terlalu malam dapat menyebabkan kantung mata semakin terlihat jelas. Oleh karena itu, pastikan Anda memiliki waktu tidur yang cukup.

Alergi 

Rhinitis alergi merupakan kondisi terjadinya peradangan di hidung yang disebabkan oleh reaksi alergi. Gejalanya berupa mata berair dan bersin-bersin, serta dapat disertai dengan timbulnya kantung mata di area bawah mata.

Pola makan yang tidak sehat

Kekurangan cairan dan rendahnya asupan protein tidak hanya berdampak buruk pada kesehatan, namun juga mempengaruhi area bawah mata.

Cara Menghilangkan Kantung Mata

Untuk menghilangkan kantung mata, ada beberapa cara mudah yang bisa Anda terapkan berikut:

1. Memperbaiki pola tidur

Salah satu penyebab munculnya kantung mata adalah kurang tidur atau kelelahan. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk memiliki waktu tidur yang cukup, yaitu selama 7-9 jam setiap malamnya. Selain itu, Anda juga perlu memperbaiki posisi tidur untuk mengatasi kantung mata. Pastikan Anda tidur dengan posisi kepala sedikit terangkat. Untuk memudahkan Anda, gunakan bantal tambahan untuk menopang kepala. Cara ini dipercaya bisa mencegah penumpukan cairan di sekitar mata saat Anda tidur.

2. Penuhi asupan kalium tubuh

Memenuhi asupan kalium harian juga dapat mengurangi risiko terbentuknya kantung mata. Beberapa makanan tinggi kalium yang bisa Anda konsumsi, antara lain sayuran hijau, yoghurt, kacang-kacangan, dan pisang.

3. Gunakan kompres dingin

Mengompres mata dengan menggunakan air dingin diketahui sebagai salah satu cara efektif untuk mengatasi kantung mata. Caranya, kompres mata dengan lap bersih yang telah direndam air dingin atau dibungkus es selama 10-15 menit. Lakukan cara ini secara rutin agar hasilnya lebih efektif. Selain air dingin, Anda juga bisa menggunakan potongan mentimun, kantung teh hijau basah, atau masker gel khusus mata, untuk mengompres mata.

Cara Hilangkan Kantung Mata Hanya 5 Menit

Saat ini telah hadir Yalode Instant Eye Lifting yang bisa menghilangkan keluhan kantung mata hanya dalam waktu 5 menit. Yalode Instant Eye Lifting dapat menghilangkan mata panda dengan cara mengurangi kantung mata, mengendurkan kerutan, dan mengatasi mata kering. 

Diformulasikan khusus untuk membantu menghilangkan crow’s feet wrinkle dengan segera, menjaga elastisitas dan kelembaban daerah mata sehingga menjadikan area mata menjadi lebih muda dan kencang, serta membantu menyamarkan lingkaran hitam dan kantung di  bawah mata. Penggunaan Yalode Instant Eye Lifting secara jangka panjang juga bisa menghilangkan kerutan di area mata.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout