Blog

makanan berbuka puasa

Menu Makanan Berbuka Puasa: Praktis, Murah, dan Lezat

Agar ibadah puasa berjalan lancar, Anda perlu mengonsumsi menu makanan berbuka puasa yang sehat dan bergizi. Namun, untuk mengonsumsi makanan yang lezat dan sehat, tidak perlu mahal. Ada beberapa ide menu berbuka yang praktis dan murah.

Menu makanan berbuka puasa yang kaya nutrisi sangat penting untuk dikonsumsi agar Anda tetap berenergi selama puasa dan mencegah dehidrasi. Berikut beberapa menu berbuka yang praktis, murah, dan lezat, yang bisa Anda coba.

1. Teh Hijau

Setelah berpuasa, banyak cairan tubuh yang hilang. Untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang, Anda bisa mengonsumsi teh, terutama teh hijau, sebagai minuman berbuka puasa yang sehat dan bergizi. Teh hijau mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin D. Selain itu, teh hijau juga mengandung 99,5% air, sehingga bisa menghidrasi tubuh setelah berpuasa.

2. Kurma

Pilihan menu makanan berbuka puasa berikutnya adalah buah kurma. Selain bergizi, buah kurma merupakan salah satu tradisi dalam berbuka puasa. Kurma mengandung gula alami yang baik untuk energi, serta beragam mineral, seperti tembaga, kalium, dan mangan. Selain itu, kurma juga kaya akan serat, sehingga dapat menjaga kesehatan pencernaan.

3. Sayur Bayam

Sayuran sangat penting untuk menjaga kesehatan selama berpuasa. Oleh karena itu, Anda bisa menyajikan sayur bayam sebagai menu berbuka puasa. Bayam mengandung nutrisi yang lengkap, seperti vitamin B2, vitamin B6,  vitamin C, vitamin K, zat besi, folat, kalsium, dan mangan. Anda bisa mengolah sayur bayam bening yang berkuah untuk menghidrasi tubuh, atau bisa juga ditumis.

4. Ikan Tuna

Menu buka puasa sehat lainnya adalah ikan tuna. Dikutip dari Healthy Eating, ikan tuna merupakan sumber protein tanpa lemak, vitamin B, dan asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3 bermanfaat untuk mencegah penurunan kognitif, mengurangi peradangan, mencegah depresi, dan menurunkan risiko penyakit jantung. Menurut American Heart Association, orang disarankan untuk mengonsumsi ikan yang kaya asam lemak omega-3 sebanyak 2 porsi dalam seminggu.

5. Nasi Merah Gurih

Selama berpuasa, tubuh membutuhkan karbohidrat kompleks agar tetap sehat dan kuat. Salah satu sumber alami karbohidrat kompleks adalah nasi merah. Nasi merah bisa disajikan sebagai menu buka puasa yang sehat dan bergizi. Jika tidak ingin beras putih biasa, Anda bisa menggunakan berbagai jenis beras lainnya seperti beras merah, beras organik, dan beras hitam.

Cara mengolahnya cukup mudah, yaitu cuci beras dan campurkan semua bahan yang sudah dibersihkan, kemudian masak dengan menggunakan rice cooker. Setelah itu, diamkan nasi selama 15-30 menit agar bumbu meresap, lalu kukus hingga matang.

6. Sayur Bening

Sayur bening juga bisa disajikan sebagai menu yang praktis dan murah untuk makanan berbuka puasa dan sahur. Hanya dengan Rp5.000-Rp10.000 saja, Anda sudah bisa menikmati hidangan yang lezat, sehat, dan bergizi. Sebagai pelengkap, Anda bisa menambahkan ikan pindang dan kerupuk agar semakin lezat.

7. Pepes Tahu Jamur

Pepes tahu jamur adalah menu buka puasa yang sehat, lezat, dan murah lainnya. Menu ini memiliki tekstur dan cita rasa yang khas, sehingga disukai banyak orang. Cara memasak dengan mengukus juga lebih sehat. Selain itu, bahan-bahan untuk membuatnya bisa dengan mudah dicari di dapur.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout