Blog

zat besi

Manfaat Zat Besi untuk Kesehatan

Zat besi dibutuhkan tubuh untuk mencegah anemia dan meningkatkan stamina. Salah satu cara untuk memenuhi asupan zat besi adalah mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi. Apa saja manfaat zat besi lainnya?

Zat besi adalah mineral yang berperan dalam pembentukan hemoglobin dalam sel darah merah. Hemoglobin adalah protein yang berfungsi untuk membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Berikut beberapa manfaat zat besi untuk kesehatan.

Lihat Juga: Suplemen Penambah Darah Berbentuk Tablet Larut

Manfaat Zat Besi untuk Kesehatan

Selain mencegah anemia, zat besi juga memiliki fungsi yang penting bagi tubuh lainnya, antara lain:

  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Mengurangi kelelahan 
  • Menjaga kesehatan otak
  • Menguatkan otot

Untuk mendapatkan manfaat zat besi secara optimal, konsumsi zat besi dalam jumlah yang tepat. Jika tubuh kekurangan zat besi, maka bisa menyebabkan anemia defisiensi zat besi. Ketika tubuh mengalami anemia defisiensi zat besi, pasokan oksigen dalam sel darah merah untuk dibawa ke seluruh jaringan tubuh akan terhambat. Tubuh yang tidak mendapat oksigen yang cukup dapat menyebabkan kelelahan, sedangkan jika tubuh terlalu banyak zat besi, maka bisa menyebabkan keracunan zat besi

Rekomendasi Jumlah Asupan Zat Besi Harian

Asupan zat besi yang dibutuhkan setiap orang berbeda-beda, tergantung usia dan kondisi kesehatan tubuhnya. Dikutip dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia pada 2019, berikut angka kebutuhan zat besi harian berdasarkan usia:

  • Anak usia 1-3 tahun: 7 mg
  • Anak usia 4-6 tahun: 10 mg
  • Anak usia 7-9 tahun: 10 mg
  • Remaja: 15 mg
  • Pria dewasa: 24 mg
  • Perempuan dewasa: 25 mg
  • Ibu hamil dan menyusui: 27 mg

Makanan yang Mengandung Zat Besi

Cara yang paling efektif untuk memenuhi asupan zat besi harian adalah mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi secara rutin. Ada beberapa jenis makanan dengan kandungan zat besi yang bisa Anda konsumsi. Berikut beberapa di antaranya:

1. Daging merah

Daging merah adalah salah satu sumber alami zat besi yang baik. Hal ini dikarenakan dalam 100 gram daging merah tanpa lemak, terkandung sekitar 2 mg zat besi, sehingga bisa memenuhi asupan zat besi harian Anda. Namun, hindari mengonsumsi daging merah secara berlebihan, karena dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung dan stroke.

2. Jeroan

Makanan yang tinggi zat besi berikutnya adalah jeroan, seperti hati, otak, jantung, dan ginjal. Mengonsumsi jeroan bisa mencegah kekurangan zat besi. Namun, bagi Anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi atau sedang hamil, sebaiknya batasi konsumsi makanan ini. Hal ini dikarenakan ibu hamil yang mengonsumsi jeroan secara berlebihan dapat meningkatkan risiko bayi mengalami cacat lahir.

3. Sayuran hijau

Sayuran hijau juga merupakan sumber alami zat besi lainnya. Beberapa sayuran hijau, seperti brokoli, kale, bayam, bisa memenuhi asupan zat besi harian Anda. Namun, pastikan sayuran hijau yang Anda konsumsi masih dalam kondisi segar dan telah dibersihkan.

4. Makanan laut

Makanan laut, seperti tiram, juga kaya akan kandungan zat besi. Selain itu, makanan ini juga mengandung vitamin B12 yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan sel darah dan kesehatan saraf. Namun, bagi Anda yang alergi makanan laut, sebaiknya hindari jenis makanan ini dan konsultasi ke dokter untuk mengetahui jenis makanan dengan kandungan zat besi lainnya yang bisa dikonsumsi.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout