6 Manfaat Ciplukan untuk Kesehatan: Jaga Imun Tubuh Hingga Cegah Peradangan

manfaat ciplukan

6 Manfaat Ciplukan untuk Kesehatan: Jaga Imun Tubuh Hingga Cegah Peradangan

Pernahkah Anda mendengar buah ciplukan? Jika belum, Anda perlu mengenalnya sekarang. Salah satu alasannya adalah manfaat ciplukan yang luar biasa untuk kesehatan tubuh. Selain memiliki rasa manis, buah yang berasal dari Amerika Selatan ini juga memiliki beragam manfaat, seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah pertumbuhan sel kanker. 

Manfaat ciplukan yang luar biasa untuk kesehatan dikarenakan beragam nutrisi yang terkandung di dalamnya, antara lain vitamin A, vitamin C, tiamin, riboflavin, niasin, zat besi, serta fosfor. Berikut beberapa manfaat ciplukan yang penting untuk menjaga kesehatan Anda.

Meningkatkan Imun Tubuh

Di tengah masa pandemi, mengonsumsi ciplukan sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan adanya kandungan vitamin C dan polifenol yang tinggi dalam ciplukan, sehingga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta membantu tubuh melawan infeksi. Selain itu, penelitian pada sel manusia juga menemukan bahwa buah ciplukan dapat membantu mengatur sistem kekebalan tubuh.

Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat ciplukan berikutnya adalah dapat menjaga kesehatan mata. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin A yang tinggi dalam ciplukan. 100 gram buah ciplukan dapat memenuhi asupan vitamin A harian sebanyak 14%. Selain itu, ciplukan juga mengandung lutein, karotenoid, serta zat besi. Kandungan tersebut bermanfaat untuk menurunkan risiko terkena degradasi makula yang dapat menyebabkan kebutaan.

Mencegah Penyakit Kanker

Ciplukan juga mengandung antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas pemicu kerusakan sel dalam tubuh, sehingga mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Penelitian menunjukkan bahwa ciplukan mengandung senyawa yang berfungsi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker paru dan kanker mulut. Penelitian lain juga menemukan bahwa buah ciplukan mengandung senyawa yang disebut withanolides yang bersifat antiradang dan antiinflamasi, dan dipercaya dapat melawan kanker kolon. 

Mencegah Efek Negatif Radikal Bebas

Penelitian menemukan bahwa manfaat yang paling penting dari ciplukan terdapat pada kandungan antioksidannya yang sangat tinggi. Kandungan antioksidan bermanfaat untuk mencegah berbagai jenis penyakit. Selain itu, kandungan karoten dan senyawa polifenol dalam ciplukan berfungsi untuk menetralkan radikal bebas, sehingga dapat melindungi tubuh dari berbagai jenis penyakit, seperti kanker, jantung koroner, serta tekanan darah tinggi.

Menurunkan Berat Badan

Anda sedang dalam progam penurunan berat badan? Coba konsumsi ciplukan yang rendah kalori, sehingga dapat digunakan sebagai alternatif untuk Anda yang sedang menjalankan program diet alami. Dalam 100 gram ciplukan, mengandung sekitar 53 kalori. Dengan ukuran yang kecil, Anda bisa memenuhi asupan nutrisi yang cukup tanpa menimbun kalori atau lemak dalam tubuh. 

Bersifat Anti-Inflamasi

Manfaat ciplukan berikutnya terdapat pada daunnya. Daun ciplukan memiliki khasiat yang cukup efektif dalam mengurangi peradangan. Selain itu, daun ciplukan juga dapat digunakan dalam mengobati asam urat, nyeri sendi, serta wasir. Hal ini dikarenakan ciplukan mengandung anti-inflamasi dan analgesik, yang sangat bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhan.

Jika Anda ingin mendapatkan manfaat ciplukan dengan lebih optimal, sebaiknya mengonsumsi buah ciplukan yang matang atau berwarna oranye. Hindari mengonsumsi buah ciplukan yang masih mentah, karena dapat meningkatkan risiko terjadinya diare, gangguan pencernaan, serta kram. Meski memiliki beragam manfaat yang menakjubkan untuk kesehatan, namun jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu, sebaiknya berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi buah ciplukan.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout