Blog

manfaat buah pala

Manfaat Buah Pala: Baik untuk Kulit Hingga Atasi Insomnia

Indonesia kaya akan rempah yang terkenal dan digunakan sebagai bahan masakan, salah satunya buah pala. Namun, buah pala ternyata juga memiliki banyak manfaat. Apa saja manfaat buah pala untuk kesehatan?

Buah pala sudah tidak asing lagi di Indonesia, karena sering digunakan untuk mengolah berbagai masakan. Selain itu, buah pala juga mengandung beragam nutrisi yang baik untuk kesehatan. Berikut beberapa manfaat buah pala yang perlu Anda ketahui.

Manfaat Buah Pala untuk Kesehatan

Buah pala mengandung beragam nutrisi, seperti vitamin A, vitamin C, lemak total, protein, zat besi, kalsium, dan sodium. Dengan beragam kandungan nutrisi tersebut, berikut beberapa manfaat buah pala untuk kesehatan:

1. Meningkatkan kesehatan otak

Senyawa dalam buah pala, yaitu myristicin dan macelignan, bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak. Kedua senyawa tersebut dapat mengurangi kerusakan sistem saraf dan fungsi kognitif yang umumnya dialami pasien demensia atau penyakit alzheimer. Penelitian juga menunjukkan bahwa senyawa tersebut bisa memperlambat efek kerusakan dan menjaga otak tetap berfungsi dengan normal. Selain itu, buah pala juga bisa meningkatkan konsentrasi Anda dan menghilangkan kelelahan serta stres.

2. Mengatasi masalah pencernaan

Kandungan serat dalam buah pala bermanfaat untuk merangsang proses pencernaan dengan mendorong gerakan peristaltik pada otot polos dan usus. Selain itu, merangsang sekresi berbagai cairan lambung dan usus yang memudahkan proses pencernaan. Selain itu, serat juga dapat membantu mengatasi masalah pencernaan, seperti sembelit, diare, dan perut kembung.

3. Menjaga kesehatan mulut

Buah pala memiliki sifat antibakteri yang diketahui efektif membantu membersihkan bakteri penyebab bau mulut atau halitosis. Selain itu, buah pala juga bisa meningkatkan kekebalan gusi dan gigi, mengobati masalah gusi dan sakit gigi. Dengan manfaat tersebut, tidak mengherankan jika buah pala sering digunakan sebagai bahan tambahan dalam pasta gigi atau obat kumur herbal.

4. Mengobati insomnia

Kandungan magnesium yang tinggi dalam buah pala sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Magnesium adalah mineral dalam tubuh yang berfungsi untuk mengurangi keterangan saraf, bahkan merangsang pelepasan serotonin, yaitu hormon yang menciptakan rasa rileks. Serotonin kemudian berubah menjadi melatonin di otak, yang merupakan pendorong tidur, sehingga bisa membantu mengatasi insomia atau kegelisahan di malam hari.

5. Menjaga kesehatan kulit

Buah pala juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Hal ini dibuktikan oleh penggunaan buah pala sebagai obat herbal dan tradisional sejak lama. Buah pala umumnya diaplikasikan pada kulit dengan dicampur oleh air atau madu. Selain itu, buat pala juga bermanfaat untuk meningkatkan kelembapan kulit, mengurangi peradangan dan iritasi pada kulit, serta mengurangi bekas jerawat, bisul, atau cacar.

6. Mengendalikan tekanan darah

Kandungan mineral dalam buah pala efektif dalam melindungi fungsi organ, sedangkan kandungan kalium dalam buah pala dapat membantu meregangkan pembuluh darah, sehingga bisa mengurangi tekanan darah dan menurunkan ketegangan pada sistem kardiovaskular. Selain itu, kandungan kalsium dalam buah pala bisa meningkatkan kesehatan tulang dengan berperan dalam perbaikan dan pertumbuhan, sedangkan kandungan zat besi berfungsi untuk meningkatkan jumlah sel darah dan menurunkan risiko terkena gejala kekurangan zat besi atau anemia.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout