Blog

apa penyebab mata ngantuk tapi tidak bisa tidur

Apa Penyebab Mata Ngantuk Tapi Tidak Bisa Tidur?

Pernahkah Anda merasa mata sudah sangat mengantuk, tapi tetap tidak bisa tidur? Hal ini tentunya membuat Anda tidak nyaman, karena Anda tidak bisa cepat tidur atau bahkan sulit tidur. Apa penyebab mata ngantuk tapi tidak bisa tidur?

Mata mengantuk, tapi tidak bisa tidur bisa disebabkan oleh beberapa hal. Mulai dari masalah psikologis hingga kebiasaan tertentu. Apa penyebab mata ngantuk tapi tidak bisa tidur? Simak penjelasan berikut.

Kelelahan bisa menyebabkan Anda sulit untuk memejamkan mata. Selain itu, berikut beberapa penyebab lain mata mengantuk tapi tidak bisa tidur:

1. Olahraga berat sebelum tidur

Meski bisa membantu Anda tidur lebih lelap dan teratur, namun berolahraga yang dilakukan terlalu dekat dengan waktu tidur, bisa menyebabkan Anda sulit tidur. Hal ini dikarenakan setelah berolahraga, energi justru akan meningkat secara drastis. Hal ini bisa membuat Anda menjadi terlalu lelah, sehingga merasa mengantuk, tapi tetap tidak bisa tidur.

2. Pikiran masih sangat aktif

Penyebab mata sudah mengantuk tapi tetap tidak bisa tidur lainnya adalah pikiran yang masih sangat aktif menjelang tidur. Anda mungkin memrkirkan tentang hal yang baru terjadi, pekerjaan, masa depan, masalah keluarga, atau bahkan hal-hal yang tidak terlalu penting.

Apa pun yang ada di pikiran Anda, selama dilakukan secara terus-menerus, akan membuat tidur menjadi terganggu. Semakin banyak pikiran, akan semakin sulit untuk tidur, meskipun merasa sangat lelah dan mata terlihat mengantuk. 

3. Menggunakan gadget sebelum tidur

Paparan sinar biru (blue light) yang muncul dari layar alat elektronik, seperti televisi, ponsel, atau laptop, dapat membuat Anda sulit tidur. Sinar biru merupakan jenis paparan cahaya yang dirancang untuk membuat gambar di layar bisa tetap terang. Sinar ini serupa dengan cahaya matahari pada siang hari.

Sinar biru dapat menghambat produksi hormon melatonin oleh tubuh. Hormon tersebut dikenal sebagai hormon tidur. Tanpa hormon melatonin, Anda akan tetap terjaga atau mengalami mata mengantuk, tapi tidak bisa tidur.

4. Tidur siang

Meski bukan hal yang buruk, karena bermanfaat untuk kesehatan, namun tidur siang ternyata bisa menyebabkan mata mengantuk tapi tidak bisa tidur.

Untuk mencegah sulit tidur, sebaiknya jangan tidur siang terlalu lama atau sampai sore, karena bisa membuat mata Anda terlihat mengantuk, tapi tidak bisa tidur di malam hari.

Dalam penelitian Nature and Science of Sleep, dijelaskan bahwa tidur siang yang lama atau terlalu sore dapat membuat Anda lebih lama tertidur di malam hari. Oleh karena itu, lakukan tidur siang selama 20-30 menit saja.

5. Terlalu banyak pikiran

Terlalu banyak pikiran dan kecemasan bisa menyebabkan Anda sulit tidur, meski sudah mengantuk. Selain itu, rasa cemas menyebabkan peningkatan gairah dan kewaspadaan yang membuat Anda menunda waktu tidur.

6. Depresi

Riset menemukan bahwa sekitar 90% orang yang mengalami depresi memiliki kualitas tidur yang buruk, salah satunya merasa mengantuk, tapi tidak bisa tidur. Kaitan antara gangguan tidur dan depresi tergolong rumit, karena mengganggu ritme sirkadian, yaitu sistem dalam tubuh yang mengatur banyak hal, termasuk waktu tidur.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout