Blog

Alternatif Obat Tidur Alami yang Bisa Dicoba

Alternatif Obat Tidur Alami yang Bisa Dicoba

ditinjau oleh dr. Carlinda Nekawaty

Kurang tidur adalah kondisi yang tidak boleh dianggap enteng. Jika tidak diatasi, kondisi ini menyebabkan tubuh lemas dan tidak bertenaga, bahkan berisiko penyakit serius dalam jangka panjang. Selain obat-obatan medis, alternatif obat tidur alami bisa menjadi cara untuk membantu mengatasi sulit tidur.

Tidur yang cukup adalah kunci untuk menjaga kesehatan tubuh. Oleh karena itu, orang dewasa dianjurkan untuk tidur 7-9 jam setiap hari. Sebaliknya, kurang tidur meningkatkan risiko penyakit serius. Meski obat-obatan medis bisa mengatasi gangguan tidur, namun tidak sedikit orang yang memilih alternatif obat tidur alami. Berikut beberapa rekomendasinya.

Alternatif Obat Tidur Alami

Berikut beberapa alternatif obat tidur alami untuk membantu mengatasi gangguan tidur Anda:

  1. Susu

Minum susu hangat sebelum tidur dipercaya bisa membuat Anda tidur nyenyak. Namun, benarkah anggapan tersebut? Penelitian menemukan bahwa susu dapat meningkatkan produksi hormon melatonin di otak. Hormon melatonin berfungsi untuk mengatur pola tidur Anda. Meski manfaat susu hangat tersebut perlu diteliti lebih lanjut, namun, Anda bisa mencoba cara ini untuk membantu tidur nyenyak. Agar aman dikonsumsi, pilih susu yang sudah dipasteurisasi dan rendah gula.

2. Teh chamomile

Seperti halnya susu, teh chamomile dapat meningkatkan produksi hormon melatonin dan zat kimia lain yang berperan penting untuk mengatur siklus tidur. Selain itu, teh chamomile bisa merilekskan tubuh dan mengurangi kecemasan, sehingga memungkinkan Anda tidur nyenyak. Anda bisa mengonsumsi teh chamomile setidaknya 2 jam setelah makan malam. Namun, hindari mengonsumsi teh chamomile terlalu dekat dengan waktu tidur, karena bisa menyebabkan Anda sering buang air kecil dan mengganggu waktu tidur.

3. Lavender

Lavender adalah alternatif obat tidur alami yang bisa dicoba. Menghirup aroma bunga lavender diketahui dapat merilekskan tubuh  dan membantu menurunkan detak jantung. Efek tersebut memungkinkan Anda tidur lebih rileks dan nyenyak. Untuk mendapatkan manfaatnya, teteskan minyak lavender ke bantal atau jadikan bunga lavender sebagai aromaterapi.

4. Makanan tinggi magnesium

Magnesium adalah jenis mineral yang berperan penting untuk meningkatkan produksi hormon yang mengatur siklus dan kualitas tidur, serta merilekskan otot-otot tubuh. Oleh karena itu, penting untuk mencukupi kebutuhan magnesium harian untuk meningkatkan kualitas tidur. Beragam makanan kaya akan magnesium, misalnya alpukat, dark chocolate, pisang, biji-bijian, kacang, tahu, dan beras merah. Selain itu, Anda bisa mengonsumsi suplemen magnesium untuk melengkapi kebutuhan magnesium yang kurang dari makanan.

5. Kiwi

Kandungan antioksidan dan serotonin dalam kiwi juga bisa menjadi alternatif obat tidur yang membantu tidur lebih nyenyak. Penelitian menemukan bahwa kandungan tersebut dapat menimbulkan rasa kantuk dan memungkinkan Anda tidur lebih cepat. Anda dianjurkan mengonsumsi 2 buah kiwi agar bisa tidur nyenyak.

6. Mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat 

Mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat dipercaya dapat membuat Anda mengantuk dan tidur lebih cepat. Karbohidrat berfungsi untuk memudahkan zat yang mengatur siklus tidur masuk ke otak, sehingga Anda lebih cepat mengantuk. Selain itu, mengonsumsi karbohidrat setidaknya 4 jam sebelum tidur dapat meningkatkan indeks glikemik tubuh yang berperan untuk meningkatkan kualitas tidur. Pilih karbohidrat kompleks yang lebih sehat, misalnya kacang-kacangan, roti gandum, kentang, dan jagung.

7. Vitamin C

Tahukah Anda, selain membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan meningkatkan penyerapan zat besi di tubuh, vitamin C ternyata bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tidur. Penelitian yang dipublikasikan pada 2014 dalam jurnal PLOS One menemukan bahwa orang yang kekurangan vitamin C cenderung mengalami gangguan tidur. Berdasarkan penelitian tersebut, diketahui bahwa kadar vitamin C yang rendah di tubuh dikaitkan dengan gangguan tidur seperti insomnia.

Oleh karena itu, penting untuk mencukupi kebutuhan vitamin C harian dengan memperbanyak asupan makanan tinggi vitamin C, misalnya brokoli, paprika, jambu biji, jeruk, kiwi, nanas, stroberi, dan pepaya. Selain itu, Anda bisa mengonsumsi suplemen vitamin C untuk melengkapi kebutuhan vitamin C yang kurang dari makanan. Namun, sebelum mengonsumsi suplemen apa pun, konsultasikan ke dokter atau ahli gizi untuk mengetahui jenis dan dosis suplemen yang yang sesuai kondisi dan kebutuhan Anda. Hal ini dikarenakan kelebihan dosis vitamin C bisa membahayakan kesehatan.

8. Zat besi

Alternatif obat tidur lainnya adalah mencukupi kebutuhan zat besi harian. Zat besi berperan penting untuk meningkatkan produksi hemoglobin di dalam sel darah yang berfungsi untuk mengalirkan oksigen ke seluruh jaringan tubuh. 

Kekurangan hemoglobin di tubuh menyebabkan Anda mudah lelah, karena kekurangan oksigen. Namun, tubuh yang lelah bukan berarti membuat Anda lebih cepat tertidur. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan zat besi harian dengan mengonsumsi makanan tinggi zat besi, misalnya sayuran hijau, daging merah, makanan laut, tahu dan tempe, serta kacang-kacangan. Anda juga bisa mengonsumsi suplemen zat besi jika diperlukan.

9. Vitamin B6

Stres adalah salah satu penyebab sulit tidur. Untuk membantu mengurangi stres, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi vitamin B6 secara cukup dari makanan atau suplemen. Vitamin ini bermanfaat untuk membantu merilekskan saraf-saraf di tubuh, sehingga dapat membantu mengurangi stres. Untuk meningkatkan kualitas tidur, konsumsi beragam makanan tinggi vitamin B6, misalnya oat, yogurt, atau pisang. Selain itu, Anda bisa mengonsumsi suplemen vitamin B kompleks jika diperlukan.

Selain itu, bahan-bahan alami, seperti kulit magnolia, akar valerian, dan passion flower, juga bisa menjadi alternatif obat tidur alami. Namun, efektivitasnya mungkin masih perlu dipelajari lebih lanjut. Agar gangguan tidur bisa cepat teratasi, Anda juga perlu menerapkan pola hidup sehat, yaitu:

  • Minum air putih yang cukup.
  • Tidak merokok.
  • Mengonsumsi makanan bergizi lengkap dan seimbang.
  • Batasi konsumsi minuman berkafein, minuman beralkohol, dan makanan tinggi gula.
  • Mengelola stres dengan teknik relaksasi, misalnya meditasi, yoga, atau latihan pernapasan.
  • Rutin berolahraga minimal 30 menit per hari.
  • Mematikan semua perangkat elektronik setidaknya 30 menit sebelum tidur agar kualitas tidur Anda tetap terjaga.
  • Menciptakan suasana kamar tidur yang nyaman, misalnya mematikan lampu, memasang penyejuk ruangan, dan tidak bermain ponsel atau laptop di tempat tidur.

Meski bisa dicoba untuk membantu mengatasi gangguan tidur, namun diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitas dan keamanan alternatif obat tidur alami. Jika Anda sudah mencoba alternatif obat tidur alami di atas, namun sulit tidur tidak teratasi atau semakin parah, konsultasikan ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Dengan begitu, dokter bisa menentukan penyebabnya dan memberikan penanganan yang sesuai kondisi Anda.

Tidur nyenyak dan mimpi indah setiap malam dengan Insoven. Berasal dari ekstrak tanaman Luobuma atau Rafuma yang memiliki efek relaksasi untuk membantu mengatasi gangguan sulit tidur atau insomnia, Insoven hadir sebagai solusi untuk membantu memperbaiki kualitas tidur Anda.Beli Di sini

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout