Blog

. Apa penyebab seseorang sulit tidur, dan bagaimana mengatasinya? Berikut penjelasannya.

Apa Penyebab Seseorang Sulit Tidur? Ini Jawabannya

Tidur yang berkualitas penting untuk menjaga tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Namun, banyak orang yang mengalami sulit tidur, sehingga mengurangi kualitas tidur. Apa penyebab seseorang sulit tidur?

Sulit tidur merupakan kondisi yang membuat seseorang sulit memulai tidur, terbangun beberapa kali ketika tidur, atau tidak bisa tidur kembali setelah terbangun. Apa penyebab seseorang sulit tidur, dan bagaimana mengatasinya? Berikut penjelasannya.

Apa Penyebab Seseorang Sulit Tidur?

Sulit tidur disebabkan oleh beberapa hal, seperti kebiasaan tidur yang buruk dan penyakit tertentu. Namun, ada beberapa faktor lain yang bisa menyebabkan sulit tidur, yaitu:

1. Makan menjelang tidur

Saat makan, tubuh akan melepas hormon insulin untuk mengolah makanan menjadi energi. Proses tersebut membuat ritme sirkadian atau siklus tidur terganggu dan membuat Anda terjaga di malam hari.

2. Minum kafein sebelum tidur

Mengonsumsi minuman yang mengandung kafein, seperti kopi dan teh, beberapa jam sebelum tidur, bisa membuat Anda sulit tidur. Kafein dapat menghambat kerja adenosin, yaitu senyawa aktif di otak yang memicu rasa kantuk, sehingga Anda menjadi sulit tidur.

3. Stres

Stres merupakan penyebab sulit tidur lainnya. Stres dapat mengurangi durasi dan kualitas tidur, karena bisa membuat kadar hormon kortisol dalam tubuh meningkat. Hal ini menyebabkan detak jantung meningkat dan otot menjadi tegang, sehingga tubuh menjadi tidak rileks dan tidur pun menjadi sulit.

4. Menggunakan gadget menjelang tidur

Menggunakan gadget menjelang tidur dapat membuat Anda sulit tidur. Hal ini dikarenakan cahaya biru yang dipancarkan layar gadget dapat menurunkan produksi hormon melatonin, yaitu hormon yang mengatur siklus tidur. 

Penelitian juga menemukan bahwa cahaya biru dapat meningkatkan kewaspadaan otak dan bisa merangsang fungsi kognitif yang pada akhirnya membuat tubuh terjaga dan menyebabkan sulit tidur.

Selain itu, sulit tidur juga disebabkan oleh faktor lain, seperti kamar tidur yang kurang nyaman atau efek mengonsumsi obat-obatan tertentu. Beberapa masalah medis, seperti penyakit jantung, diabetes, GERD, gangguan saraf, hingga kanker, juga sering kali menyebabkan penderitanya mengalami sulit tidur.

Cara Mengatasi Sulit Tidur di Malam Hari

Sulit tidur merupakan kondisi yang tidak boleh dianggap sepele. Jika dibiarkan, sulit tidur menyebabkan tubuh terasa lemas, mudah ngantuk, dan sulit berkonsentrasi pada keesokan harinya.

Selain itu, dalam jangka panjang, kurang tidur juga bisa membahayakan kesehatan, karena dapat menurunkan imunitas tubuh dan meningkatkan risiko terjadinya penyakit serius, salah satunya penyakit kardiovaskular.

Untuk mengatasi sulit tidur di malam hari, Anda direkomendasikan untuk mengubah kebiasaan yang menyebabkan gangguan sulit tidur  muncul. Misalnya, jika Anda terbiasa minum kopi pada sore hari, sebaiknya minum kopi hanya di pagi hari saja atau jauh sebelum waktu tidur tiba. Jangan lupa untuk membiasakan tidur pada waktu yang sama setiap harinya agar siklus tidur terbentuk.

Jika Anda sudah melakukan berbagai cara di atas, namun gangguan sulit tidur tidak teratasi, atau bahkan semakin parah, segera berkonsultasi dengan dokter agar bisa mendapatkan penanganan sesuai dengan penyebab sulit tidur yang Anda alami.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout