Blog

cara agar cepat tidur

Cara Efektif agar Cepat Tidur

Sulit tidur atau insomnia adalah kondisi ketika Anda sulit untuk memulai tidur, sering bangun pada tengah malam atau terlalu pagi, dan tidak mampu kembali tidur. Kondisi ini membuat Anda menjadi kurang berenergi untuk beraktivitas. 

Jika tidak ditangani segera, insomnia akan membuat tidur malam Anda tidak terpenuhi dan berdampak pada kondisi kesehatan. Oleh karena itu, agar tidur Anda berkualitas, berikut beberapa cara agar cepat tidur yang bisa Anda lakukan:

Cara Efektif agar Cepat Tidur

Berikut beberapa cara yang bisa membantu Anda untuk cepat mengantuk dan tidur nyenyak:

1. Tidur dan bangun di waktu yang sama

Membuat jadwal tidur adalah salah satu cara yang efektif untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Jadwal tersebut perlu ditaati setiap hari, sehingga Anda akan tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. Memiliki jam tidur yang sama setiap hari akan membantu tubuh untuk mengenali kapan waktunya Anda mengantuk, serta kapan waktunya untuk bangun.

2. Tidak mengonsumsi makanan atau minuman tertentu

Hindari mengonsumsi makanan dengan kandungan lemak yang tinggi sebelum tidur. Hal ini dikarenakan tubuh akan bekerja lebih keras untuk menghancurkan lemak, sehingga membuat Anda sulit tidur. Selain itu, hindari konsumsi minuman tinggi kafein, seperti kopi atau teh, sebelum tidur, karena bisa membuat Anda terjaga semalaman.

3. Mengurangi penggunaan alat elektronik

Cara agar cepat tidur lainnya adalah mengurangi penggunaan alat elektronik, khususnya ponsel, sebelum tidur. Hal ini dikarenakan cahaya dari ponsel dapat mengakibatkan terjadinya penurunan produksi hormon melatonin yang membuat tidur menjadi terganggu. Hal ini berisiko membuat kualitas tidur menjadi berkurang, sehingga Anda bisa mengalami gangguan tidur. Oleh karena itu, sebaiknya jauhkan gadget dari pandangan mata, setidaknya satu jam sebelum tidur.

4. Konsumsi makanan mengandung karbohidrat

Mengonsumsi makanan mengandung karbohidrat secukupnya diketahui bisa membuat tubuh lebih mudah tidur. Hal ini dikarenakan karbohidrat dapat membantu meningkatkan kadar hormon tryptophan yang membuat tubuh menjadi lebih mudah mengantuk. Meski demikian, masih diperlukan studi lanjutan untuk membuktikan hal ini. 

5. Relaksasi dengan yoga

Bagi Anda yang mengalami kesulitan tidur atau bahkan gangguan tidur kronis, cobalah untuk melakukan yoga secara rutin. Penelitian pada 2013 menemukan bahwa Anda akan lebih cepat tidur dengan cara mempraktekkan yoga secara rutin. Selain itu, penelitian lainnya juga membuktikan bahwa 59% orang dewasa yang rutin melakukan yoga mengalami peningkatan kualitas tidur sehari-hari. Semakin sering Anda melakukan yoga, semakin besar pula potensi peningkatan kualitas tidur Anda.

6. Berlatih pernapasan

Berlatih pernapasan juga bisa menjadi cara agar cepat tidur. Caranya, mulailah mengambil napas dari hidung selama empat hitungan. Lalu, tahan napas hingga tujuh hitungan, dan hembuskan napas secara perlahan melalui mulut selama delapan hitungan, ulangi hingga empat kali. Jika dilakukan secara rutin, latihan bernapas dipercaya dapat membuat Anda lebih rileks dan lebih mudah mengantuk.

Selain cara-cara di atas, Anda bisa melakukan terapi gelombang otak atau pengobatan herbal untuk mengatasi susah tidur. Anda juga bisa mengonsumsi segelas susu cokelat hangat sebelum tidur agar cepat mengantuk. Jika berbagai cara tersebut belum bisa mengatasi masalah tidur yang dialami, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

ditinjau oleh dr. Carlinda Nekawaty

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout