Blog

. Bagaimana cara agar bisa cepat tidur? Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya.

7 Cara agar Bisa Cepat Tidur

Sulit tidur atau insomnia terjadi ketika Anda kesulitan untuk tidur, sering terbangun pada tengah malam, bangun terlalu pagi, sehingga tidak bisa kembali tidur. Kondisi ini menyebabkan Anda kelelahan dan kurang berenergi untuk beraktivitas. Bagaimana cara agar bisa cepat tidur?

Jika dibiarkan, susah tidur membuat Anda menjadi kurang tidur dan berdampak pada kesehatan Anda secara keseluruhan. Bagaimana cara agar bisa cepat tidur? Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya.

Bagaimana Cara agar Bisa Cepat Tidur

Berikut beberapa cara yang bisa membantu Anda agar bisa tidur berkualitas:

1. Buat jadwal tidur

Beberapa riset menunjukkan bahwa memiliki jadwal tidur yang teratur bisa membantu seseorang lebih mudah tertidur. Jika tubuh terbiasa bangun dan tidur pada waktu yang sama setiap hari, dapat membantu jam internal tubuh (ritme sirkadian) untuk menjaga jadwal tidur rutin.

Jika tubuh menyesuaikan diri dengan jadwal tersebut, Anda bisa lebih mudah tertidur dan bangun pada waktu yang sama.

2. Matikan lampu

Mematikan lampu kamar juga bisa membantu Anda cepat tidur. Hal ini dikarenakan ruangan yang gelap bisa mempercepat produksi melatonin, yaitu hormon penting untuk tidur. Meski demikian, ada juga beberapa orang yang tidak bisa tidur dalam kondisi gelap. Anda bisa menyesuaikannya dengan cara mengganti lampu dengan cahaya yang lebih redup.

3. Mendengarkan musik relaksasi

Anda bisa mendengarkan musik yang memberikan ketenangan, seperti musik khusus meditasi yang dapat membantu Anda tidur lebih cepat. Anda juga dapat mencoba beberapa musik instrumental yang bisa menenangkan hati dan pikiran. Tidak hanya mengatasi gangguan tidur kronis, seperti insomnia, musik relaksasi juga bisa meningkatkan kualitas tidur.

4. Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat

Agar bisa lebih mudah tidur, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat secukupnya. Hal ini dikarenakan karbohidrat dapat membantu meningkatkan kadar hormon tryptophan yang membuat tubuh menjadi lebih mudah mengantuk. Meski demikian, masih diperlukan studi lanjutan untuk membuktikan hal ini. 

5. Hindari konsumsi makanan atau minuman tertentu

Hindari mengonsumsi makanan dengan kandungan lemak yang tinggi sebelum tidur. Hal ini dikarenakan tubuh akan bekerja lebih keras untuk menghancurkan lemak, sehingga membuat Anda sulit tidur. Hindari juga konsumsi minuman berkafein, seperti kopi atau teh, sebelum tidur, karena bisa membuat Anda terjaga semalaman.

6. Mengurangi penggunaan alat elektronik

Cara agar cepat tidur lainnya adalah mengurangi penggunaan alat elektronik, khususnya ponsel, sebelum tidur. Hal ini dikarenakan cahaya dari ponsel dapat mengakibatkan terjadinya penurunan produksi hormon melatonin yang membuat tidur menjadi terganggu. Hal ini berisiko membuat kualitas tidur menjadi berkurang, sehingga Anda bisa mengalami gangguan tidur. Oleh karena itu, jauhkan gadget dari pandangan mata, setidaknya satu jam sebelum tidur.

7. Yoga

Bagi Anda yang sulit tidur atau gangguan tidur kronis, cobalah untuk melakukan yoga secara rutin. Penelitian pada 2013 menemukan bahwa Anda akan lebih cepat tidur dengan cara mempraktikkan yoga secara rutin. Selain itu, penelitian lainnya juga membuktikan bahwa 59% orang dewasa yang rutin melakukan yoga mengalami peningkatan kualitas tidur sehari-hari. Semakin sering Anda melakukan yoga, semakin besar pula potensi peningkatan kualitas tidur Anda.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout