Blog

laki laki susah tidur malam

9 Penyebab Kenapa Susah Tidur Malam

Waktu tidur yang baik biasanya 7-9 jam per harinya, agar kesehatan tubuh dapat terjaga dengan baik, namun dalam  beberapa kasus banyak orang mengalami gangguan tidur sehingga dapat mempengaruhi suasana hati seseorang. Jadi kenapa susah tidur malam harus Anda perhatikan? 

Penyebab Kenapa Susah Tidur Malam? 

Setiap orang tentunya pernah mengalami susah tidur pada malam hari, hal ini terjadi karena ada berbagai faktor yang mempengaruhinya sehingga harus segera Anda tangani untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Adapun penyebab dari susah tidur adalah sebagai berikut :

1. Muncul perasaan cemas

Munculnya rasa cemas yang berlebihan ternyata dapat membuat susah tidur karena perasaan cemas yang muncul cukup tinggi, sehingga munculnya gangguan tidur dapat mempengaruhi kesehatan mental dan tubuh seseorang.  

2. Begadang

Kebiasaan tidur yang buruk seperti begadang setiap malamnya menjadi salah satu penyebab susah tidur sehingga membuat tubuh kurang segar dan tidak bersemangat saat beraktivitas pada keesokan harinya. 

3. Stres

Stres juga bisa menjadi penyebab susah tidur di malam hari, karena di waktu tidur pikiran akan berjalan bebas sehingga membuat Anda tidak tenang dan sering kali banyak hal-hal negatif yang bermunculan.

4. Banyak mengkonsumsi Kafein

Kafein adalah salah satu penyebab susah tidur apabila Anda mengkonsumsi nya di malam hari lebih dari satu gelas, hal ini akan menyebabkan penurunan produktivitas sehingga kualitas tidur menjadi buruk. 

5. Paparan Layar Handphone dan Laptop 

Di masa sekarang banyak hal dilakukan menggunakan handphone maupun laptop untuk menyelesaikan suatu pekerjaan atau tugas sehingga akan membuat Anda terus menatap layar elektronik tersebut selama berjam-jam.

6. Meminum obat tertentu

Obat tertentu biasanya juga memiliki efek samping seperti rasa kecemasan yang memiliki sifat stimulan sehingga membuat susah tidur, jadi jangan meremehkan suatu gangguan tidur ini karena cukup berisiko. 

7. Makan berlebihan

Makan berlebihan pada malam hari ternyata dapat menyebabkan gangguan tidur karena makan dalam porsi banyak pada malam hari akan mengganggu pencernaan, seperti perut terasa penuh dan sakit, mulas, dan lainnya. 

8. Mengkonsumsi alkohol

Meskipun alkohol dapat membuat Anda tertidur dengan cepat, namun efek sampingnya bisa membuat Anda mengalami susah tidur dan perut yang terasa tidak nyaman. Sering kali membuat Anda terbangun di tengah malam. 

9. Depresi

Depresi bisa menjadi penyebab gangguan tidur, biasanya seseorang yang depresi hanya berkeinginan untuk tidur sepanjang waktu sehingga pada malam hari akan mengalami kesulitan tidur pada malam hari.

Ada berbagai penyebab kenapa susah tidur malam dianggap seperti suatu penyakit yang harus diperhatikan dan tidak diremehkan begitu saja, maka Anda perlu untuk memperhatikan asupan makanan yang Anda konsumsi setiap harinya.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout