Blog

Jika susah tidur apa yang harus dilakukan? Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan dengan mudah.

Jika Susah Tidur Apa yang Harus Dilakukan?

Susah tidur merupakan gangguan kesehatan yang bisa terjadi pada semua orang. Jika tidak ditangani segera, kondisi ini bisa menyebabkan gangguan, baik fisik maupun mental. Jika susah tidur apa yang harus dilakukan?

Agar tidak berlanjut, Anda perlu melakukan beberapa cara mengatasi susah tidur, terutama tanpa obat-obatan. Jika susah tidur apa yang harus dilakukan? Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan dengan mudah.

Orang dewasa setidaknya membutuhkan tidur 7-9 jam setiap malamnya. Namun, insomnia jangka pendek membuat seseorang lebih sulit tidur di malam hari. Hal ini membuat Anda lebih sulit untuk mengatur waktu bangun di pagi hari, karena tidur terlalu malam atau bahkan pagi. Untuk mengatasinya, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

1. Meditasi

Meditasi merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi susah tidur. Hal ini dilakukan dengan cara mengatur pernapasan secara lambat dan stabil dalam posisi duduk yang tenang. Jika cara ini dapat mendorong seseorang untuk tidur dengan nyenyak, maka insomnia jangka pendek bisa teratasi. Cara ini juga baik untuk mengurangi stres, serta meningkatkan konsentrasi. Lakukan cara ini 15 menit per hari agar manfaatnya bisa dirasakan secara optimal.

2. Melakukan afirmasi positif

Melakukan afirmasi positif juga bisa Anda lakukan untuk mengatasi sulit tidur. Dengan melakukan cara ini, Anda bisa lebih fokus dan pikiran juga lebih tenang. Cara ini sudah terbukti dapat menyebabkan penurunan tingkat insomnia. Pilihlah kata-kata yang positif dan sederhana agar memungkinkan Anda untuk rileks dan lebih mudah tidur.

3. Yoga

Selain meditasi, yoga juga termasuk salah satu teknik relaksasi yang dapat membantu Anda mengatasi susah tidur. Gerakan ini dapat mengurangi stres dan meningkatkan fokus mental. Lakukan setidaknya 20 menit setiap hari untuk membantu tubuh menjadi lebih rileks. Tidur akan semakin mudah ketika tubuh rileks.

4. Rutin berolahraga

Olahraga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya membantu mengatasi susah tidur. Setelah berolahraga, tubuh akan merasa lelah yang memudahkan seseorang untuk tidur lebih cepat dan kualitasnya juga meningkat. Cobalah untuk melakukan olahraga ringan 20 menit per hari untuk mendapatkan manfaat tersebut.

5. Terapi pijat

Terapi pijat juga bisa dilakukan sebagai salah satu cara efektif untuk mengatasi sulit tidur. Cara ini bisa memperbaiki kualitas tidur, serta mengurangi rasa sakit, cemas, hingga depresi. Stres merupakan salah satu penyebab susah tidur. Saat mendapatkan pijatan, cobalah untuk fokus pada sensasi sentuhan agar tubuh lebih rileks dan menjadi lebih mudah tidur.

6. Mengurangi penggunaan alat elektronik

Cahaya dari alat elektronik, seperti ponsel, dapat mengakibatkan terjadinya penurunan produksi hormon melatonin yang membuat tidur menjadi terganggu. Hal ini berisiko membuat kualitas tidur berkurang, sehingga Anda bisa mengalami gangguan tidur. Oleh karena itu, sebaiknya jauhkan gadget dari pandangan mata, setidaknya satu jam sebelum tidur.

Lakukan salah satu cara di atas agar gangguan tidur bisa teratasi dengan mudah. Jika Anda sudah melakukan cara di atas, namun susah tidur tidak kunjung membaik, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout