Blog

5 Makanan yang Mengandung Vitamin C dan E

Makanan yang Mengandung Vitamin C dan EVitamin C merupakan salah satu antioksidan yang berperan penting dalam pertumbuhan dan perbaikan sel tulang, gigi, dan juga kulit. Sedangkan, vitamin E merupakan salah satu antioksidan yang berfungsi membantu melindungi sel-sel dalam tubuh dari kerusakan. Beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari vitamin C dan E, yaitu:

  • Membantu penyerapan zat besi.
  • Mencegah kerusakan sel.
  • Mempercepat penyembuhan luka.
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Menjaga pembekuan darah.
  • Mencegah penyakit jantung, hipertensi, atau kanker.

Vitamin C dan E diperoleh dari berbagai jenis makanan, baik sayuran maupun buah-buahan. Lalu, makanan apa yang banyak mengandung vitamin C dan E? Silahkan simak berikut ini.

Makanan yang Mengandung Vitamin C dan E

Ada banyak jenis makanan yang mengandung vitamin C dan E. Berikut ini adalah lima makanan yang mengandung vitamin C dan E yang perlu kamu tahu.

1. Brokoli

Brokoli adalah sayuran yang mengandung vitamin C dan E berkadar tinggi. Tiap 100 gram brokoli, kandungan vitamin C adalah 89 mg atau sekitar 99% dari kebutuhan sehari-hari, dan tiap 91 gram brokoli mengandung 4% vitamin E.

Beberapa manfaat brokoli untuk kesehatan yaitu, mencegah kanker, meningkatkan kesehatan tulang, meningkatkan daya tahan tubuh, menyehatkan kulit, dan masih banyak manfaat lainnya.

2. Jambu biji

Jambu biji memiliki buah yang memiliki kandungan kaya akan vitamin C dan E, yang mampu meningkatkan dan menjaga daya tahan tubuh. Setiap 100 gram jambu biji mengandung 42,9 mg vitamin C, yang berarti empat kali lebih banyak dari jeruk.

Beberapa manfaat dari kandungan vitamin C dan E dalam jambu biji adalah membantu meningkatkan imunitas sehingga menjauhkan tubuh kamu dari berbagai penyakit, membantu penderita diabetes, serta melindungi dan mencegah kulit kamu rusak.

Tertarik membeli suplemen atau multivitamin yang mengandung vitamin C dan vitamin E untuk memenuhi kebutuhan harianmu? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

3. Jagung

Jagung juga kaya akan vitamin C dan E, lho. Selain itu, kandungan yang terdapat jagung antara lain vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan vitamin B. Jagung juga mengandung kalsium, zat besi, kalium, fosfor, magnesium, dan lainnya.

Jagung memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita, antara lain untuk mengatasi sembelit, baik untuk kesehatan jantung, baik untuk kesehatan mata, mengontrol gula darah, dan mengurangi risiko diabetes.

4. Pepaya

Selanjutnya adalah pepaya. Pepaya merupakan salah satu buah yang mengandung vitamin C dan E. Tiap 145 gram pepaya terdapat 87 mg atau sekitar 90% kebutuhan harian vitamin C. Tiap 140 gram pepaya terdapat 1 miligram vitamin E. Cukup banyak untuk memenuhi kebutuhan vitamin sehari-hari kamu.

Tidak hanya itu, pepaya juga mengandung nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh, yaitu vitamin A, vitamin B1, vitamin B3, vitamin B5, vitamin K, serat, kalsium, potasium, folat, dan magnesium. Ada banyak manfaat kandungan vitamin C dan E dari pepaya, antara lain menekan risiko kanker, mencegah penuaan, meningkatkan kekebalan tubuh, menyehatkan rambut dan kuku, serta memperlancar pencernaan.

5. Kiwi

Dalam satu buah kiwi, terdapat sekitar 64 mg vitamin C. Sedangkan, dalam setiap 100 gram buah kiwi kamu bisa mendapatkan 1,5 gram vitamin E. Selain itu, buah kiwi juga mengandung vitamin A, vitamin K, kalium, asam amino, folat, dan kalsium. Kiwi pun mengandung banyak serat yang bermanfaat bagi tubuh. Beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari buah kiwi adalah membantu proses pencernaan, mencegah risiko pembekuan darah, mencegah asma, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta embantu mengatasi insomnia.

Nah, itulah lima makanan yang mengandung vitamin C dan E. Sering mengonsumsi buah maupun sayuran dengan vitamin C dan E akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu. Selain itu, kamu juga bisa memenuhi kebutuhan vitamin C dan E harian kamu dengan mengonsumsi suplemen atau multivitamin yang mengandung kedua nutrisi tersebut. Yuk, cek produknya di bawah ini!

Rekomendasi Vitamin C dan Vitamin E

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout