Blog

makanan diet sehat

5 Makanan Diet Sehat: Turunkan Berat Badan Tanpa Bahayakan Kesehatan

Memiliki tubuh ideal dan proporsional adalah impian banyak orang. Namun, untuk mewujudkannya diperlukan proses yang tidak mudah. Salah satunya dengan mengganti makanan yang tidak sehat menjadi makanan diet sehat.

Pola makan yang tidak sehat berdampak pada jumlah kalori yang berlebihan di dalam tubuh, sehingga dapat menyebabkan kelebihan berat badan. Agar tubuh tetap sehat dan berat badan terjaga, berikut 5 makanan sehat yang direkomendasikan untuk Anda:

1. Oatmeal 

Oatmeal merupakan makanan sehat yang wajib masuk dalam menu diet sehat Anda. Penelitian yang dilakukan selama 6 tahun oleh para peneliti dari University of California menemukan bahwa orang yang rutin sarapan dengan oatmeal memiliki indeks massa tubuh lebih rendah dibandingkan orang yang tidak sarapan sama sekali dan orang yang sarapan dengan menu lain. Hal ini dikarenakan oatmeal mengandung serat tinggi dengan nilai indeks glikemik yang rendah, protein, magnesium, fosfor, dan vitamin B1, yang juga dapat menghasilkan energi untuk melakukan aktivitas.

2. Apel 

Makanan diet sehat berikutnya adalah apel. Dalam satu buah apel ukuran kecil atau sekitar 85 gram, mengandung 50 kalori dengan 12 gram karbohidrat. Salah satu kandungan dalam apel yang ampuh untuk menurunkan berat badan adalah serat larut air, yang dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Mengonsumsi apel sebagai camilan saat diet sangat dianjurkan agar Anda tidak makan secara berlebihan. Selain itu, apel juga memiliki tingkat indeks glikemik yang rendah, sehingga aman bagi penderita diabetes yang ingin mengendalikan berat badan.

3. Putih telur

Dengan kandungan protein yang tinggi, namun rendah lemak, putih telur biasanya dikonsumsi oleh para binaragawan sebagai menu diet sehat. Dalam 100 gram putih telur, mengandung protein sebesar 10,9 gram dan mengandung lemak sebesar 0,17 gram. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir berat badan bertambah jika rutin mengonsumsi makanan ini. Selain itu, putih telur juga tidak memiliki nilai indeks glikemik, karena tidak mengandung karbohidrat, sehingga aman bagi penderita diabetes. Meski rendah lemak, Anda tetap harus mengonsumsinya dalam jumlah cukup dan sesuai kebutuhan tubuh Anda, serta variasikan putih telur dengan menu diet sehat lainnya agar gizinya tetap seimbang.

4. Brokoli

Sayuran hijau yang satu ini memiliki gizi yang dikenal sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan mencegah berbagai penyakit. Namun, brokoli juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan brokoli rendah kalori dan kaya akan vitamin, mineral, dan serat, yang penting untuk menjaga berat badan tetap ideal. Dalam satu gelas yang penuh dengan potongan brokoli, hanya mengandung 30 kalori saja. Selain itu, brokoli juga mengandung serat sebesar 5 gram, sehingga dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Tidak hanya itu, brokoli juga sangat baik untuk penderita diabetes, karena mampu mengendalikan kadar gula darah, sehingga Anda tidak perlu khawatir gula darah naik jika sering mengonsumsi brokoli.

Ikan

Makanan diet sehat berikutnya yang juga penting dimasukkan dalam menu adalah ikan. Hal ini dikarenakan ikan tinggi akan kandungan lemak baik yang berfungsi untuk menurunkan berat badan. Selain itu, tidak seperti daging, ikan juga memiliki kandungan lemak omega-3 yang tinggi, sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan otak. Beberapa ikan yang dianjurkan untuk dikonsumsi, yaitu salmon, makarel, dan tuna.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout