Blog

Apa itu Kalium? Ketahui Manfaatnya

Apa itu Kalium? Ketahui Manfaatnya

Kalium adalah mineral yang dibutuhkan tubuh. Untuk mendapatkan manfaat kalium, Anda bisa makan makanan yang tinggi kalium, misalnya sayuran, susu, dan kacang merah.

Kalium adalah mineral yang berkontribusi dalam membantu Anda terhindar dari penyakit. Apa manfaat kalium yang penting? Yuk, simak selengkapnya di artikel ini.

Manfaat Kalium

Kalium adalah mineral yang penting untuk dipenuhi asupannya setiap hari, karena bermanfaat untuk mengoptimalkan kinerja tubuh dan fungsi organ. Berikut manfaat kalium yang tidak boleh Anda lewatkan:

1. Mengontrol tekanan darah

Mencukupi kalium adalah cara ampuh untuk membuat tekanan pada pembuluh darah tetap stabil, sehingga mencegah hipertensi. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk makan makanan yang menjadi sumber kalium.

2. Mengoptimalkan fungsi jantung

Memenuhi asupan kalium harian juga dapat mengurangi risiko Anda terkena hipertensi, stroke, dan gangguan irama pada jantung dengan cara menghambat pembuluh darah arteri menyempit.

Selain itu, kalium bermanfaat untuk mengoptimalkan saraf dan memperkuat otot, sehingga memampukan jantung untuk memompa darah.

3. Mengoptimalkan fungsi saraf

Sistem saraf membantu otak untuk membawa sinyal ke organ dan bagian tubuh tertentu melalui dorongan listrik. Dengan begitu, bisa mengoptimalkan tubuh untuk mengatur kontraksi otot, sekaligus meningkatkan sensorik tubuh.

Jika asupan kalium tidak tercukupi, maka berisiko mengurangi kinerja otak, sehingga tidak bisa menghasilkan rangsangan pada saraf. Defisiensi kalium yang tidak segera diatasi dapat memengaruhi otak dan saraf dan ditandai dengan otot yang lemah, sering kesemutan, dan kepikunan.

4. Memperkuat tulang

Manfaat kalium yang tidak boleh diabaikan berikutnya adalah mengoptimalkan manfaat kalsium. Kalium juga bermanfaat untuk membuat kalsium lebih cepat diserap tubuh, sehingga efektif memperkuat tulang agar tidak mudah patah ketika memasuki usia tua.

5. Mengurangi kram otot

Asupan kalium yang tidak cukup membuat seseorang lebih rentan mengalami kram otot. Kondisi ini terjadi ketika otot tiba-tiba tegang dan tidak terkontrol. Kalium berperan dalam membawa sinyal dari otak yang memicu ketegangan pada otot, sehingga bisa menghilangkan ketegangan tersebut.

Namun, jika kalium tidak cukup dalam tubuh, otak tidak bisa membawa sinyal dengan optimal, sehingga otot tegang terus-menerus dan menyebabkan kram.

6. Mencegah stroke

Manfaat kalium yang penting lainnya adalah mengurangi risiko terjadinya stroke. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk rutin makan makanan yang mengandung kalium.

7. Mencegah batu ginjal

Beberapa penelitian menemukan potensi kalium dalam mencegah penumpukan kalsium yang ada di urine, sehingga bisa mencegah batu ginjal. Penelitian dari The New England of Medicine juga membuktikan bahwa kalium berhasil mencegah batu ginjal pada pria dan wanita.

Makanan yang Mengandung Kalium

Tubuh tidak bisa menghasilkan kalium sendiri. Oleh karena itu, Anda bisa mendapatkannya melalui berbagai makanan berikut:

  • Kacang merah.
  • Sayuran, misalnya jamur, brokoli, asparagus, dan bayam.
  • Buah-buahan, misalnya apel, tomat, jeruk, pisang, dan melon.
  • Nasi merah.
  • Susu.
  • Yoghurt.
  • Keju.
  • Ikan.

Meski demikian, makanan yang mengandung kalium tidak dianjurkan untuk pengidap diabetes dan ginjal. Agar tetap aman untuk kesehatan, Anda sebaiknya berdiskusi dengan dokter terlebih dahulu mengenai dosis kalium yang tepat dan sesuai dengan kondisi Anda.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout