Blog

filler wajah

Kenali Filler Wajah dan Efek Sampingnya

Suntik filler wajah kini semakin banyak diminati untuk membuat wajah lebih cantik, halus, dan awet muda, tanpa menggunakan metode operasi. Filler dilakukan untuk memperbaiki masalah pada wajah, mulai dari menghilangkan kerutan, merampingkan bentuk dagu, memancungkan hidung hingga menambah volume bibir.

Meski filler wajah memiliki banyak manfaat untuk menjaga kecantikan wajah dan penampilan, Anda perlu berhati-hati dengan efek sampingnya. Jika tidak dilakukan oleh profesional yang berpengalaman, filler wajah dapat berbahaya. Sebelum membahas efek samping filler wajah, mari mengenal apa itu filler wajah lebih dalam.

Apa Itu Filler Wajah

Filler wajah adalah perawatan kecantikan yang dilakukan dengan cara menyuntikkan zat sintetis atau alami ke dalam lipatan, garis, dan jaringan wajah. Metode ini biasanya dilakukan untuk mengurangi munculnya kerutan dan mengembalikan vitalitas wajah yang memudar seiring bertambahnya usia. 

Manfaat filler wajah, antara lain mengisi area wajah yang mengalami kekurangan volume (volume loss) seperti di bagian pipi, dahi, dagu, dan bibir. Hasil filler wajah dapat dirasakan selama beberapa bulan hingga beberapa tahun, tergantung kualitas produk.

Efek Samping Filler Wajah

Meski bisa menjadi salah satu metode yang cepat untuk mempercantik tampilan estetika tubuh, filler wajah memiliki beberapa efek samping yang perlu Anda waspadai. Dikutip dari jurnal dalam US National Library of Medicine National Institutes of Health – Fillers: Contraindications, Side Effects and Precautions, efek samping filler wajah bisa berupa:

  • Kemerahan.
  • Pembengkakan.
  • Memar.
  • Rasa sakit
  • Infeksi.
  • Reaksi alergi.
  • Nodul, yaitu pertumbuhan jaringan yang tidak normal yang bisa berupa benjolan atau tonjolan yang padat.
  • Nekrosis (kematian) jaringan.

Sedangkan efek samping filler wajah dalam hitungan minggu hingga tahun bisa berupa:

  • Timbulnya jaringan parut.
  • Nodul atau eritematosa, yaitu kelainan pada jaringan tubuh yang muncul akibat peradangan.
  • Wajah menjadi asimetri.
  • Peradangan granulomatosa, yaitu kelainan pada jaringan tubuh yang muncul akibat peradangan.

Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Filler Wajah

Setelah mengetahui beberapa efek samping yang mungkin terjadi karena filler wajah, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk meminimalisir efek samping tersebut. Berikut beberapa di antaranya:

Pilih Klinik Yang Tepat

Salah satu cara untuk mencegah efek samping filler wajah, suntikan harus dilakukan di fasilitas kesehatan yang layak, bersih, dan aman, seperti rumah sakit atau klinik resmi. Hindari pemberian suntik di luar fasilitas kesehatan yang resmi, seperti hotel, spa, rumah, atau salon kecantikan, tanpa pengawasan dokter.

Dilakukan Oleh Dokter Ahli Atau Profesional

Pastikan orang yang melakukan filler wajah adalah ahli atau dokter kulit yang telah menjalani pelatihan khusus. Hal ini dapat dibuktikan melalui ada atau tidaknya sertifikasi resmi, dan bukan gelar-gelar tertentu yang bukan didapatkan dari pelatihan resmi.

Jangan Asal Pilih Filler

Pastikan Anda menggunakan filler yang memenuhi 4 aspek penting, yaitu kenyamanan, hasil, kualitas bahan, dan keamanan produk. Keempat aspek tersebut bisa Anda dapatkan melalui produk Giselleligne-Premium Dermal Filler dari CGBIO yang dipasarkan oleh Pyfaesthetic, yaitu Giselleligne Signature 1, Giselleligne Universal dan Giselleligne Signature 2

Perlu diketahui bahwa filler tidak dijual bebas. Hanya untuk kalangan medis (Healthcare Professionals Only). Pasien bisa melakukan filler hanya di bawah pengawasan dokter.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout