Blog

Kenali Ciri-Ciri Hamil 6 Bulan yang Sehat. Simak artikel tentang ciri-ciri hamil 6 bulan yang sehat di sini

Kenali Ciri-Ciri Hamil 6 Bulan yang Sehat

Saat usia kehamilan memasuki bulan keenam, maka perkembangan janin akan semakin pesat. Kehamilan usia 6 bulan merupakan tahap terakhir kehamilan, yaitu trimester 3 hingga saat persalinan. Apa ciri-ciri hamil 6 bulan yang sehat?

Pada akhir bulan keenam, bayi akan tumbuh sekitar 11 hingga 14 inci (28 sampai 35 sentimeter) dan beratnya sekitar 1 sampai 1,6 pon (500 sampai 750 gram). Apa ciri-ciri hamil 6 bulan yang sehat? Simak penjelasan berikut.

Ciri-Ciri Hamil 6 Bulan yang Sehat

Untuk mengetahui perkembangan janin, biasanya dilakukan pemeriksaan oleh dokter kandungan. Agar perkembangan janin semakin optimal, ketahui ciri-ciri hamil 6 bulan yang sehat berikut:

1. Aktivitas janin

Munculnya aktivitas janin adalah salah satu ciri hamil 6 bulan yang sehat. Pada usia kehamilan 24 minggu, bayi sudah bisa menghisap jempol dan mulai bisa mengalami cegukan. Selain itu, janin dalam kandungan juga memiliki waktu tenang dan waktu aktif dalam sehari. Hal ini dikarenakan janin sudah memiliki pola tidur dan aktivitas yang dilakukan secara rutin.

2. Perubahan kulit janin dan cadangan lemak

Ciri-ciri hamil 6 bulan yang sehat lainnya adalah kulit janin tidak lagi berwarna transparan dan sudah mulai terlihat warna kulit sejatinya, yaitu memiliki sifat sudah berkerut dan berwarna kemerahan. Namun, lapisan lemak yang berada di bawah kulit janin umumnya belum terlalu banyak. Seperti diketahui, pada masa kelahiran, lemak berfungsi sebagai cadangan energi dan menjaga kehangatan bayi nantinya.

Jenis lemak pada tubuh bayi berbeda dengan lemak orang dewasa. Bayi memiliki lemak khusus yang disebut sebagai lemak cokelat yang dapat membuat bayi tetap hangat saat lahir. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa lemak tersebut merupakan jenis lemak baik dan penting untuk bayi.

3. Tumbuh rambut halus (lanugo)

Pada usia kehamilan 6 bulan yang sehat, kulit bayi ditutupi dengan tumbuhnya lanugo. Lanugo adalah rambut halus dan lembut yang tumbuh di seluruh tubuh bayi. Lanugo biasanya terus bertahan dan terlihat saat bayi baru dilahirkan, dan biasanya terdapat di sekitar wajah, lengan, dan punggung bayi. Namun, seiring pertumbuhan bayi setelah lahir, lanugo umumnya akan hilang.

Selain itu, pada usia kehamilan 6 bulan, tubuh atau kulit bayi juga akan mulai ditutupi vernix yang merupakan zat yang terdiri dari minyak, sel kulit mati yang terkelupas, serta lanugo itu sendiri. Rambut kepala dan kuku kaki bayi juga mulai tumbuh di dalam kandungan.

4. Perkembangan organ janin

Perkembangan otak janin di dalam kandungan pada usia kehamilan 6 bulan juga sudah berkembang dengan cepat. Selubung lemak yang berfungsi untuk menyalurkan impuls listrik di sepanjang saraf juga sudah terbentuk. Selain itu, bayi juga sudah mulai menghasilkan mekonium, yaitu kotoran bayi yang dikeluarkan melalui anus. Hal ini bisa dikatakan bahwa bayi sudah seperti BAB dalam kandungan.

5. Bentuk tubuh janin

Bentuk tubuh bayi yang sudah hampir sempurna juga merupakan ciri-ciri hamil 6 bulan yang sehat. Ibaratnya, bayi sudah berbentuk manusia, namun dalam bentuk kecil. Namun, pada usia ini paru-paru bayi belum berkembang secara sempurna dan kondisinya masih sangat kecil.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout