Blog

makanan yang mengandung zat besi untuk bayi

Ini Makanan yang Mengandung Zat Besi untuk Bayi

Bayi membutuhkan beragam nutrisi untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangannya. Salah satu nutrisi tersebut adalah zat besi. Zat besi adalah salah satu mineral yang penting untuk proses tumbuh kembang bayi. Apa saja makanan yang mengandung zat besi untuk bayi?

Selain membantu proses tumbuh kembang bayi, zat besi juga dapat membantu darah dalam mengikat oksigen dan mengedarkannya ke seluruh tubuh. Berikut beberapa makanan yang mengandung zat besi untuk bayi.

Jumlah Zat Besi yang Tepat untuk Bayi

Anemia tidak hanya menyerang orang dewasa, bayi yang kekurangan zat besi ternyata juga dapat memicu anemia. Kekurangan zat besi pada bayi juga bisa menyebabkan gangguan pertumbuhan dan perkembangan. Oleh karena itu, bayi harus memenuhi asupan zat besi yang dibutuhkan agar terhindar dari berbagai gangguan kesehatan.

Meski demikian, setiap bayi juga memiliki kebutuhan zat besi yang berbeda-beda. Jumlah zat besi yang dibutuhkan oleh bayi akan disesuaikan dengan usia. Oleh karena itu, penting bagi ibu untuk mengetahui jumlah zat besi yang dibutuhkan bayi. Bayi baru lahir hingga usia 6 bulan membutuhkan 0,27 miligram zat besi per hari, bayi usia 7-12 bulan membutuhkan sekitar 11 miligram zat besi, bayi usia 1-3 tahun membutuhkan 7 miligram zat besi, sedangkan anak usia 4-8 tahun membutuhkan sekitar 10 miligram zat besi setiap harinya.

Untuk mencegah anemia pada bayi, sebaiknya perhatikan beberapa tanda yang menjadi ciri bahwa bayi mengalami kekurangan zat besi, seperti kulit pucat, memiliki nafsu makan yang rendah, kesulitan bertambah berat badan, serta mudah rewel. Jika bayi mengalami beberapa tanda tersebut, segera periksakan bayi Anda di rumah sakit terdekat dan lakukan pemeriksaan mengenai kondisi kesehatan anak untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Lihat Juga: Suplemen Penambah Darah Berbentuk Tablet Larut

Makanan yang Mengandung Zat Besi untuk Bayi

Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan zat besi bayi yang baru lahir hingga usia 6 bulan adalah dengan proses menyusui. Sedangkan, jika menggunakan susu formula, ibu bisa berkonsultasi dengan dokter anak mengenai jenis susu yang tepat untuk memenuhi kebutuhan zat besi bayi. 

Untuk bayi yang sudah memasuki tahap MPASI atau mengonsumsi makanan keluarga, ibu dapat memberikan beragam jenis makanan yang kaya akan zat besi. Berikut beberapa makanan yang mengandung zat besi untuk bayi:

1. Sayuran hijau

Sayuran hijau juga merupakan sumber alami zat besi lainnya. Beberapa sayuran hijau, seperti brokoli dan bayam, bisa memenuhi asupan zat besi harian bayi. Namun, pastikan sayuran hijau yang dikonsumsi masih dalam kondisi segar dan telah dibersihkan.

2. Makanan laut

Makanan laut, seperti tiram, juga kaya akan kandungan zat besi. Selain itu, makanan ini juga mengandung vitamin B12 yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan sel darah merah dan kesehatan saraf. Namun, jika bayi alergi makanan laut, sebaiknya hindari jenis makanan ini dan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

3. Daging merah

Daging merah adalah salah satu sumber alami zat besi yang baik. Hal ini dikarenakan dalam 100 gram daging merah tanpa lemak, terkandung sekitar 2 mg zat besi, sehingga bisa memenuhi asupan zat besi harian bayi. Namun, hindari mengonsumsi daging merah secara berlebihan, karena dapat meningkatkan risiko gangguan kesehatan.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout