Blog

manfaat teh hijau

Dijuluki Minuman Paling Sehat di Dunia, Ini 5 Manfaat Teh Hijau

Manfaat teh hijau untuk kesehatan telah dikenal sejak lama. Teh hijau bahkan dipercaya sebagai minuman paling sehat di dunia. Berkat khasiatnya tersebut, teh hijau telah digunakan sebagai pengobatan tradisional Jepang dan Cina selama berabad-abad lamanya. 

Teh hijau berasal dari daun tumbuhan Camellia Sinensis dan pengolahannya termasuk relatif lebih singkat dibandingkan jenis teh lainnya. Hal ini menjadikan kandungan nutrisi dan antioksidan teh hijau tetap terjaga. Anda ingin tahu nutrisi apa saja yang terkandung di dalamnya? Berikut penjelasannya.

Kandungan Nutrisi Teh Hijau

Teh hijau mengandung beragam nutrisi yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Berikut nutrisi yang terdapat dalam setiap 100 gram teh hijau:

  1. 0,2 gram protein
  2. 1 kkal energi
  3. 8 miligram kalium
  4. 1 miligram magnesium
  5. 12 miligram kafein

Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan

Selain antioksidan, teh hijau juga berperan sebagai antiradang dan antikanker yang berkhasiat untuk mencegah berbagai penyakit. Salah satu manfaat teh hijau adalah melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh sehingga memicu penuaan dini dan berbagai penyakit. Mengonsumsi teh hijau secara rutin memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, antara lain:

1. Mencegah Risiko Penyakit Jantung dan Stroke

Tahukah Anda, penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung dan stroke, adalah penyebab kematian tertinggi di dunia. Suatu penelitian menemukan bahwa konsumsi teh hijau secara rutin efektif menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol jahat (LDL). Teh hijau juga mengandung asam fenolik, yang bermanfaat untuk mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung koroner.

2. Menghentikan Pertumbuhan Sel Kanker

Teh hijau kaya akan antioksidan yang salah satunya adalah polifenol. Senyawa ini berperan besar dalam menghambat pertumbuhan berbagai jenis sel kanker, seperti kanker kulit, kanker lambung, kanker paru-paru, serta kanker payudara. Meski demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitas teh hijau dalam mencegah penyakit tersebut.

3. Mencegah Diabetes

Bagi pengidap diabetes, mengonsumsi teh hijau secara rutin bermanfaat untuk mengurangi risiko diabetes. Hal ini dibuktikan melalui penelitian yang menemukan bahwa konsumsi teh hijau mampu meningkatkan kinerja insulin dan menurunkan kadar gula darah pada pengidap diabetes.

4. Menurunkan Berat Badan

Anda sedang menjalankan program diet atau ingin mulai menurunkan berat badan? Ada kabar gembira. Suatu penelitian menemukan bahwa teh hijau berperan besar dalam meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar lemak, terutama lemak di bagian perut. Namun, manfaat ini tidak berlaku jika seseorang mengalami obesitas.

5. Menstabilkan Tekanan Darah

Teh hijau yang tinggi antioksidan memiliki beragam manfaat. Salah satu kandungan antioksidan dalam teh hijau, yaitu polifenol, ternyata bermanfaat untuk menstabilkan tekanan darah. Polifenol bekerja dengan cara melemaskan otot-otot di pembuluh darah, sehingga mampu menurunkan tekanan darah.

Selain 5 manfaat di atas, teh hijau juga dipercaya dapat menjaga kesehatan otak, mengurangi kecemasan, mengatasi kerusakan kulit, serta menurunkan gejala rheumatoid arthritis. Meski demikian, efektivitas teh hijau untuk kesehatan masih diperlukan penelitian lebih lanjut. 

Untuk mendapatkan manfaat teh hijau secara optimal, Anda tentunya perlu mengonsumsinya secara teratur. Selain itu, lengkapi juga dengan menerapkan gaya hidup sehat, sepert berolahraga secara teratur, mengonsumsi makanan bernutrisi, serta istirahat yang cukup.

Jika Anda sedang menjalani pengobatan atau suplemen tertentu, sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum minum teh hijau. Hal ini untuk menghindari efek interaksi obat yang membahayakan.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout