Blog

sayuran hijau yang kaya akan zat besi

Daftar Sayuran Hijau yang Kaya akan Zat Besi

Zat besi merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh agar dapat berfungsi dengan baik. Zat besi bisa didapatkan melalui berbagai jenis makanan, salah satunya sayuran hijau. Apa saja jenis sayuran hijau yang kaya akan zat besi?

Zat besi berperan dalam memproduksi hemoglobin dalam darah. Hemoglobin berfungsi untuk mengangkut oksigen dan nutrisi dalam darah. Oleh karena itu, untuk mencegah tubuh kekurangan zat besi, konsumsi beberapa jenis sayuran hijau yang kaya akan zat besi berikut.

Sayuran Hijau yang Kaya akan Zat Besi

Sayuran hijau merupakan sumber alami zat besi. Berikut beberapa sayuran hijau yang kaya akan zat besi:

  1. Bayam

Bayam merupakan salah satu sayuran hijau yang tinggi zat besi. Bayam setidaknya mengandung 2 miligram zat besi untuk setiap 100 gramnya, bahkan kandungan zat besi pada bayam tiga kali lebih banyak dibandingkan telur dan ayam. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi bayam secara rutin untuk memenuhi asupan zat besi harian Anda. Selain itu, bayam juga mengandung nutrisi penting untuk kesehatan lainnya, seperti vitamin A dan E.

Lihat Juga: Suplemen Penambah Darah Berbentuk Tablet Larut

2. Brokoli

Sayuran hijau yang mengandung zat besi lainnya adalah brokoli. Dalam satu cangkir brokoli, mengandung 1-1,8 miligram zat besi. Mengonsumsi brokoli secara rutin dapat memenuhi 6-10 persen dari angka kecukupan zat besi harian. Pastikan Anda mengonsumsi brokoli secara rutin untuk mencegah kurang darah.

3. Kubis

Kubis juga termasuk salah satu jenis sayuran hijau yang mengandung zat besi. Seperti halnya brokoli, kubis mengandung sekitar 1-1,8 miligram zat besi dalam satu cangkir. Jumlah tersebut sudah memenuhi 6-10 persen dari total kebutuhan harian zat besi. Oleh karena itu, pastikan Anda mengonsumsi kubis secara rutin agar terhindar dari kurang darah atau anemia.

Manfaat Zat Besi Lainnya

Selain memproduksi hemoglobin dalam darah, zat besi juga memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan berikut:

  1. Meningkatkan energi tubuh

Salah satu fungsi zat besi adalah membawa oksigen ke otot dan otak. Jika seseorang tidak mengonsumsi cukup zat besi dalam makanan, maka efisiensi penggunaan energi tubuh akan terpengaruh, sehingga  membuat tubuh tidak berenergi.

2. Meningkatkan kinerja tubuh

Bagi Anda yang menjalani gaya hidup aktif, memenuhi asupan zat besi sangat penting, karena bisa meningkatkan kinerja atletik. Zat besi menghasilkan sel darah merah yang mengandung hemoglobin untuk membawa oksigen ke jaringan. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan kinerja tubuh tidak berfungsi secara optimal. 

3. Menjaga kehamilan tetap sehat

Saat hamil, kebutuhan ibu akan sel darah merah meningkat untuk memastikan janin mendapatkan semua nutrisi yang diperlukan. Oleh karena itu, ibu hamil membutuhkan lebih banyak nutrisi, salah satunya zat besi. Ibu hamil yang memenuhi asupan zat besi harian dapat menurunkan risiko kelahiran prematur, berat badan lahir bayi rendah, serta defisit kognitif dan perilaku pada bayi. Selain itu, ibu hamil yang memenuhi asupan zat besi harian juga bisa menurunkan risiko terkena virus dan infeksi.

2. Mencegah risiko kelahiran prematur

Zat besi termasuk salah satu mineral yang penting bagi ibu hamil. Kekurangan zat besi pada ibu hamil diketahui bisa meningkatkan risiko terjadinya bayi lahir prematur atau lahir dengan berat badan rendah. Oleh karena itu, ibu hamil dianjurkan untuk memenuhi asupan zat besi harian.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout