Blog

anemia hemolitik

Daftar 6 Minuman yang Mengandung Zat Besi

Untuk mencegah kurang darah atau anemia, Anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi minuman yang mengandung zat besi. Ketahui beberapa minuman yang mengandung zat besi untuk dikonsumsi sehari-hari.

Anemia terjadi ketika tubuh kekurangan sel darah merah dan ditandai dengan tubuh lemas, wajah pucat, dan sakit kepala. Untuk mengurangi gejalanya, Anda bisa mengonsumsi beberapa minuman yang mengandung zat besi berikut:

1. Jus jeruk

Dikutip dari American Journal of Clinical Nutrition, jus jeruk dapat dikonsumsi sebagai minuman untuk membantu mengatasi anemia akibat kekurangan zat besi. Mengonsumsi 63 miligram vitamin C jus jeruk diketahui dapat meningkatkan penyerapan zat besi sebanyak 3 kali lipat. Zat besi berperan dalam pembentukan hemoglobin, yaitu komponen sel darah merah yang berfungsi untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Meski demikian, konsumsi jus jeruk juga perlu disertai dengan konsumsi makanan yang mengandung zat besi, seperti kacang-kacangan, sayuran hijau, dan sereal, sehingga kandungan vitamin C dalam jeruk bisa membantu tubuh menyerap zat besi lebih banyak.

2. Jus tomat

Minuman yang mengandung zat besi berikutnya adalah jus tomat. Selain kaya akan vitamin C, tomat juga mengandung zat besi. Dalam 250 gram tomat, terkandung hampir 1 miligram zat besi. Oleh karena itu, konsumsi jus tomat secara rutin untuk mencegah anemia. Namun, pastikan juga Anda mengonsumsi menu bergizi lainnya agar hasilnya lebih efektif. 

Lihat Juga: Suplemen Penambah Darah Berbentuk Tablet Larut

3. Jus wortel

Salah satu penyebab anemia defisiensi zat besi adalah kekurangan vitamin A. Hal ini dikarenakan vitamin A berperan dalam mengolah zat besi menjadi sel darah merah. Wortel adalah salah satu sayuran yang dikenal mengandung vitamin A tinggi, karena kandungan karotenoid di dalamnya. Oleh karena itu, Anda bisa mengonsumsi jus wortel untuk mengatasi anemia. Minum satu cangkir jus wortel setiap hari memberikan Anda 45,133 IU vitamin A, yang baik untuk kesehatan tubuh.

4. Jus prune (plum kering)

Jus prune atau kismis juga merupakan salah satu minuman yang mengandung zat besi. Mengonsumsi jus prune secara teratur dapat membantu mengatasi gejala anemia dengan meningkatkan kadar zat besi dalam tubuh. Dalam satu cangkir jus prune, mengandung lebih dari 3 miligram zat besi. Untuk pria dewasa, jumlah tersebut dapat memasok sekitar 38 persen asupan harian nutrisi tersebut. Sedangkan untuk perempuan, minum secangkir jus prune dapat memenuhi 17 persen asupan zat besi harian.

5. Jus bayam

Sayuran hijau adalah salah satu makanan yang dikenal kaya akan zat besi. Salah satu sayuran hijau yang direkomendasikan adalah bayam. Mengonsumsi jus bayam secara rutin dapat membantu mencegah anemia yang semakin buruk. Oleh karena itu, tambahkan jus bayam sebagai salah satu menu dalam diet sehat Anda.

6. Smoothie tofu

Selain dikenal sebagai bahan utama dari menu sapo atau tumisan, tahu ternyata juga bisa dikonsumsi sebagai minuman yang mengandung zat besi. Dalam sepertiga gelas tofu, mengandung 2 miligram zat besi. Olah tahu dengan cara dikukus terlebih dahulu sebelum dihaluskan. Selain itu, tofu juga bisa dicampur menjadi smoothies. Agar lebih segar, campur tofu atau tahu sutra dengan buah beku, seperti stroberi dan blueberry, lalu tambahkan pemanis seperti madu agar semakin lezat.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout