Blog

ciri ciri ibu hamil kekurangan asam folat

Ciri-Ciri Ibu Hamil Kekurangan Asam Folat, Waspada!

Saat hamil, ibu perlu memenuhi asupan gizi yang seimbang untuk menjaga kesehatan dan perkembangan janin. Salah satu nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil adalah asam folat. Kekurangan asam folat saat hamil bisa membahayakan ibu dan janin. Apa ciri-ciri ibu hamil kekurangan asam folat?

Asam folat berperan penting dalam proses kehamilan, tumbuh kembang janin, dan mencegah anemia. Penelitian dari Harvard University menemukan bahwa kekurangan asam folat saat hamil dapat menurunkan daya tahan tubuh. Berikut ciri-ciri ibu hamil kekurangan asam folat yang perlu diwaspadai.

Ciri-Ciri Ibu Hamil Kekurangan Asam Folat

Ibu hamil membutuhkan asam folat sebesar minimal 400 mcg setiap harinya. Jika kekurangan asam folat saat hamil, maka tubuh akan kesulitan memproduksi sel darah merah, sehingga dapat membahayakan kesehatan ibu hamil dan janin. Salah satu akibat kekurangan asam folat pada janin adalah kelainan pada tabung saraf. Berikut ciri-ciri ibu hamil kekurangan asam folat:

1. Kelelahan

Saat tubuh kekurangan asam folat saat hamil, maka akan menghambat produksi sel darah merah. Kondisi ini dapat meningkatkan risiko terjadinya anemia. Selain itu, kurangnya sel darah merah dapat mengakibatkan hemoglobin sebagai pengangkut oksigen dalam aliran darah ikut berkurang dan ditandai dengan mudah lelah, lemah, dan tubuh tidak bersemangat untuk beraktivitas.

2. Anemia Megaloblastik

Kadar asam folat yang rendah dalam tubuh juga bisa menyebabkan anemia megaloblastik. Penderita penyakit ini memiliki sel darah merah yang lebih besar dari biasanya, jumlahnya lebih sedikit, berbentuk oval, dan tidak bulat, serta masa hidup sel darah merah ini tidak selama sel darah merah normal.

3. Sistem pencernaan terganggu

Tanda ibu hamil kekurangan asam folat lainnya adalah saluran pencernaan yang terganggu. Kondisi ini memengaruhi kemampuan usus dalam menyerap sari dan cairan menjadi tidak optimal, sehingga bisa mengakibatkan diare. Selain itu, kondisi ini bisa mengganggu fungsi lambung, sehingga menyebabkan ibu hamil mengalami masalah lambung seperti maag.

4. Dering di telinga

Ibu hamil yang kekurangan asam folat juga bisa mengalami tinnitus, yaitu kondisi ketika sering mendengar suara bising di telinga bagian dalam. Hal ini dikarenakan ketika ibu hamil mengalami anemia, terjadi peningkatan aliran darah di vena jugularis, karena jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah antara jantung dan otak. Untuk melakukan ini, darah harus melewati telinga tengah Anda dan menghasilkan dering atau suara lain.

5. Palpitasi

Palpitasi juga bisa terjadi ketika ibu hamil kekurangan asam folat. Palpitasi terjadi ketika jantung harus mengganti kekurangan oksigen dalam darah dan harus bekerja dua kali lebih keras untuk mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh, sehingga detak jantung tidak teratur. Selain itu, palpitasi juga disertai dengan perasaan sesak, karena sel darah merah langka dan tidak bisa membawa cukup oksigen dari paru-paru ke jantung.

6. Kulit pucat

Ketika tubuh ibu hamil kekurangan asam folat, maka tubuh tidak memiliki cukup sel darah merah dan hemoglobin yang menyediakan jumlah oksigen yang diperlukan bagi organ-organ internal. Hal ini menyebabkan ibu hamil mengalami anemia yang ditandai oleh beberapa gejala, seperti kulit pucat dan mati rasa di tangan dan kaki.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout