Blog

Cara Menambah Darah Secara Alami: Jus Buah Bit Hingga Jamu. Simak artikel tentang cara menambah darah

Cara Menambah Darah Secara Alami: Jus Buah Bit Hingga Jamu

Anemia atau kurang darah adalah penyakit yang bisa menimbulkan komplikasi jika tidak ditangani segera. Selain menggunakan pengobatan medis, anemia juga bisa dicegah dengan cara menambah darah secara alami.

Anemia disebabkan oleh kurangnya kadar hemoglobin dalam darah. Kondisi ini menyebabkan setiap organ tubuh tidak mendapatkan oksigen secara optimal, sehingga tubuh terasa lemah. Untuk mencegahnya, berikut beberapa cara menambah darah secara alami.

Agar pengobatan anemia semakin optimal, ada beberapa cara menambah darah secara alami yang perlu Anda ketahui berikut:

1. Jus buah bit

Jus buah bit adalah salah satu penambah darah alami yang efektif. Hal ini dikarenakan kandungan zat besi yang tinggi dalam buah bit. Selain mencegah anemia, jus buah bit juga tinggi antioksidan yang bermanfaat untuk membantu kulit terlihat lebih segar dan glowing. Untuk mengurangi rasa getirnya, tambahkan madu. Sajikan dingin agar lebih segar.

2. Jus delima putih

Salah satu gejala umum anemia adalah sakit kepala atau pusing yang dapat menggangu aktivitas, terutama saat melakukan aktivitas yang berat. Untuk mengatasinya, cobalah minum jus delima putih sebagai penambah darah alami. Caranya, pisahkan dan peras 150 gram daging buah delima putih dengan menggunakan kain kasa. Tambahkan 2 sendok makan air jeruk nipis, segelas air dingin, dan 1 sdm madu. Minumlah jus delima putih seminggu sekali.

3. Jus selada air dan lobak

Cara menambahkan darah secara alami lainnya adalah mengonsumsi jus selada dan lobak. Kedua sayuran tersebut diketahui tinggi zat besi dan vitamin D. Untuk mendapatkan manfaatnya, siapkan 5 ikat selada air dan 3 buah lobak, cuci hingga bersih, dan potong-potong. Masukkan semua bahan ke blender dengan satu gelas air. Agar lebih segar, tambahkan perasan lemon dan madu ke dalam campuran selada air dan lobak. Sajikan dingin. 

4. Teh jelatang

Teh jelatang atau Utica dioica kerap dikenal sebagai tanaman gulma di pekarangan. Namun, ternyata jelatang juga bisa digunakan sebagai salah satu cara menambah darah alami yang efektif. Daun jelatang bercabang dan terlihat seperti daun mint. Ketika disentuh, daun ini seringkali memberi sensasi gatal dan terbakar pada kulit.

Meski demikian, jelatang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Mulai dari membantu mengatasi tekanan darah tinggi, membantu mengatasi radang sendi, hingga membantu mengatasi anemia. Untuk mendapatkan manfaat jelatang, Anda bisa membelinya dalam bentuk teh herbal dan dapat diperoleh di beberapa apotek atau toko obat-obatan yang menjual ramuan obat Tiongkok.

5. Jamu bebas anemia

Jamu juga bisa digunakan sebagai penambah darah alami. Berikut resep ramuan jamu untuk mengatasi anemia:

Bahan:

  • 1 jari rimpang kunyit.
  • 1 jari rimpang kencur.
  • 1 kuning telur ayam kampung, ambil kuningnya saja.
  • 7 helai bayam merah.

Cara membuat:

  1. Kupas kunyit dan kencur. Cuci bersih kedua bahan tersebut bersama dengan bayam merah. Tumbuklah sampai halus, campurkan dengan segelas air matang hangat.
  2. Peras dengan kain halus dan bersih.
  3. Saat akan diminum, beri 1 kuning telur dan sedikit madu. Minumlah obat penambah darah alami ini dua hari sekali setiap sore.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout