Blog

cara diet yang benar

Kenali Cara Diet yang Benar untuk Berat Badan Ideal

Untuk mendapatkan berat badan ideal, diet merupakan salah satu cara yang banyak dilakukan orang. Namun, masih banyak yang tidak melakukan cara diet yang benar. Meski bertujuan untuk menurunkan berat badan, bukan berarti diet harus melewatkan waktu makan.

Cara diet yang sehat adalah menyeimbangkan jumlah kalori yang dikonsumsi dengan jumlah kalori yang dikeluarkan. Selain itu, diet yang sehat juga perlu memenuhi asupan nutrisi yang penting untuk tubuh, seperti protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral. Bagaimana cara melakukan diet sehat? Berikut penjelasannya.

Cara Diet yang Benar

Tujuan diet tidak hanya untuk memenuhi asupan energi dan nutrisi pada tubuh, namun juga untuk menjaga berat badan tetap ideal dan menurunkan risiko terjadinya berbagai penyakit, seperti diabetes tipe 2, jantung, dan stroke.

Sebelum melakukan diet yang sehat, pastikan Anda mengetahui panduan mengenai asupan kalori harian dan pilihan makanan apa saja yang baik untuk dikonsumsi. Pilihan makanan dan minuman yang Anda konsumsi perlu disesuaikan dengan asupan kalori harian yang dibutuhkan tubuh. Misalnya, jika Anda membutuhkan 2.200-2.500 kalori setiap harinya, maka Anda bisa memenuhi asupan kalori sebesar 170 gram protein yang berasal dari ikan, daging, telur, tahu, dan tempe.

Pada umumnya, ada banyak pilihan makanan yang perlu Anda konsumsi saat melakukan cara diet yang benar. Berikut beberapa di antaranya: 

  1. Sayuran, misalnya sawi, wortel, bayam, kentang, jamur, dan ubi
  2. Biji-bijian, misalnya gandum, roti gandum, nasi merah, dan oatmeal
  3. Buah-buahan, misalnya apel, mangga, pisang, dan alpukat
  4. Sumber protein, misalnya makanan laut, telur, daging, unggas, dan keju
  5. Susu rendah lemak dan berbagai produk olahannya, seperti keju dan yoghurt
  6. Minyak sehat, misalnya minyak zaitun dan minyak kelapa

Beberapa Makanan yang Perlu Dihindari Saat Diet 

Saat melakukan diet yang benar, ada beberapa jenis makanan yang perlu Anda hindari. Antara lain, makanan yang banyak mengandung lemak jenuh atau kolesterol, garam, serta gula tambahan. Hal ini dikarenakan mengonsumsi makanan tersebut secara berlebihan dapat menyebabkan obesitas, serta meningkatkan risiko berbagai penyakit, seperti jantung dan diabetes tipe 2. Sedangkan, garam yang terdapat pada makanan kemasan mengandung sodium. Kadar sodium yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah 2,3 gram per hari. 

Selain itu, untuk konsumsi gula tambahan dan lemak jenuh atau kolesterol, dianjurkan untuk mengonsumsi tidak lebih dari 10 persen jumlah kalori yang diperlukan tubuh. Beberapa makanan yang tinggi kandungan lemak jenuh, antara lain keju, kulit ayam, iga sapi, sosis, serta daging olahan.

Mengurangi Kebiasaan Ngemil

Melakukan diet yang benar juga perlu disertai dengan mengurangi kebiasaan ngemil. Salah satu caranya adalah dengan rutin mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi, sehingga dapat memenuhi asupan kalori harian yang diperlukan tubuh. Namun, jika Anda ingin tetap ngemil, konsumsilah dalam porsi yang lebih sedikit. Agar tujuan diet sehat bisa tercapai, hindari camilan yang terlalu manis atau mengandung tinggi garam, seperti permen, gorengan, hingga keripik kemasan.

Tujuan dari diet yang benar adalah untuk menjaga kesehatan dan mencegah berbagai penyakit. Jika Anda mengidap penyakit tertentu, seperti diabetes dan hipertensi, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter gizi terlebih dahulu untuk menentukan pola makan yang sehat dan tepat sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout